Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Biologi SMA Fase E-F

Modul Ajar Biologi SMA Fase E-F. Biologi adalah kajian tentang kehidupan dan makhluk hidup yang mencakup morfologi, fisiologi, anatomi, perilaku, asal muasal dan distribusinya. 

Dalam perkembangannya, Biologi tidak hanya mengkaji tentang makhluk hidup dan proses kehidupan, tetapi juga mengkaji makhluk hidup dan kehidupan makhluk hidup yang telah punah.


Modul Ajar Biologi SMA Fase E-F ini disusun dengan memperhatikan dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik di Fase E agar siap belajar pada fase F dan dikembangkan terintegrasi dengan mata pelajaran fisika dan kimia untuk menelaah isu-isu lokal dan global.

Modul Ajar Biologi SMA Fase E-F

Modul Ajar Biologi SMA Fase E-F ini disusun dengan memperhatikan dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik di Fase E agar siap belajar pada fase F dan dikembangkan terintegrasi dengan mata pelajaran fisika dan kimia untuk menelaah isu-isu lokal dan global. 

Pada Fase F, cakupan materi biologi adalah strutur sel, bioproses dalam sel, genetika, evolusi, sistem organ pada manusia, dan pertumbuhan dan perkembangan.

Selain itu modul ajar Biologi SMA Fase E-F ini dirancang agar peserta didik terhantarkan untuk memahami, mengatasi, dan mengelola tantangan lingkungan, kesehatan, dan keberlanjutan yang dihadapi masyarakat pada abad ke-21. 

Selain itu, ilmu Biologi digunakan dalam mempertahankan keanekaragaman hayati, ketahanan ekosistem, kesehatan, kesejahteraan manusia dan organisme lain beserta populasinya, serta keberlanjutan sumber daya hayati yang dimiliki Indonesia.

Modul Ajar Biologi Fase E-F dibuat oleh guru dengan memperhatikan Proses pembelajaran sains  melalui pendekatan kontekstual dan inkuiri yang seluruh kegiatan berpusat pada peserta didik. 

Melalui pendekatan ini, peserta didik diberikan pengalaman belajar secara otentik sehingga peserta didik terlatih dalam memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui kerja ilmiah diantaranya :

  1. dimulai dari menemukan masalah, 
  2. menyusun hipotesis, 
  3. merancang percobaan, 
  4. melalakukan percobaan, 
  5. menganalisis data, 
  6. menarik kesimpulan dan 
  7. mengkomunikasikan hasil percobaan. 

Secara tidak langsung selama melakukan keterampilan proses, sikap ilmiah peserta didik dan Profil Pelajar Pancasila dapat terbentuk. 

Melalui modul ajar Biologi SMA Fase E-F ini memandu guru agar proses pembelajarannya senantiasa mengandung kegiatan investigasi, mengasah nalar pserta didik, merangasang dan memunculkan kreatifitas, mendorong kemandirian dan kemampuan kolaborasi peserta didik dengan peserta didik lainnya. 

Dengan demikian Biologi dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan proses dan sikap ilmiah.

Modul Ajar Biologi SMA Fase E-F

Berikut ini contoh modul ajar Biologi SMA Fase E -F yang admin ambil dari aksi nyata guru -guru program sekolah penggerak kemdikbudristek.

Semoga sesuai dengan harapan sobat sekalian untuk dapat di amati, di tiru dan di modifikasi sesuai konteks dan karakteristik satuan pendidikan dan peserat didik yang dihadapi. 

Buku Teks Guru dan Siswa 

NoBuku TeksDownload
1Buku Guru IPA SMA Download
2Buku Siswa IPA SMA Download

Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan pembelajaran

NoCP & ATPDownload
1Capaian Pembelajaran BiologiDownload
2Alur Tujuan Pembelajaran BiologiDownload

Modul Ajar Biologi SMA Fase E-F

No Topik /ModulPenyusunDownload
1Mengapa keanekaragaman Hayati di Indonesia ketiga terbesar di dunia (X)AnisaDownload
2Virus #1 (X)Muh.Firman C Permana,S.Pd.GrDownload
3Virus #2 (X)Muh.Firman C Permana,S.Pd.GrDownload
4Apa sajakah dan apa yang terjadi dengan ekosistem kita ? (X)Luh Emy Kertiasih,S.Pd.,M.PdDownload
5Mengapa Lingkunga Berubah ? Bagaimana Menjaganya ? (X)Luh Emy Kertiasih,S.Pd.,M.PdDownload
6Ayo Ciptakan solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan (X)Luh Emy Kertiasih,S.Pd.,M.PdDownload
8Seperti apa sih sel hewan dan tumbuhan ? (XI)Luh Emy Kertiasih,S.Pd.,M.PdDownload
9Pernah terkejut saat tangan kalian tiba-tiba menyentuh benda dingin ? Kenapa ? (XII)Luh Emy Kertiasih,S.Pd.,M.PdDownload

Demikian sobat gurusumedang, modul ajar Biologi SMA Fase E-F yang dapat dijadikan contoh dan rujukan dalam menyusun modul ajar kimia sesuai konteks dan karakteristik peserta didik yang dihadapi. semoga bermanfaat
Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Biologi SMA Fase E-F"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.