Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyerahan Penghargaan Lomba Hari Anti Korupsi 2022 Kabupaten Sumedang

Penyerahan penghargaan lomba hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) tahun 2022 Kabupaten Sumedang, dengan melibatkan generasi milenial dan gen Z mulai dari pelajar SD, SMP,SMA,SMK dan Mahasiswa serta SKPD di pemerintahan kabupaten Sumedang dalam  melawan korupsi dan sosialisasi gerakan budaya anti korupsi .

Kapan peringatan hari korupsi?, Hakordia 2022 tanggal berapa?, Hakordia kapan?
Apa itu Pak pendidikan anti korupsi?, materi korupsi, korupsi di indonesia, kasus korupsi, artikel korupsi, contoh korupsi, macam macam korupsi, penyebab korupsi, makalah korupsi

Penyerahan Penghargaan Lomba Hari Anti Korupsi 2022 Kabupaten Sumedang


Kapan peringatan hari korupsi?, Hakordia 2022 tanggal berapa?, Hakordia kapan? Apa itu Pak pendidikan anti korupsi?, materi korupsi, korupsi di indonesia, kasus korupsi, artikel korupsi, contoh korupsi, macam macam korupsi, penyebab korupsi, makalah korupsi
Para pemenang lomba penulisan makalah Anti Korupsi
bersama Wakil Bupati Kab Sumedang

Penyerahan penghargaan pada para pemenang lomba penulisan makalah,  lomba video dan Cipta lagu anti korupsi dunia 2022 di kabupaten Sumedang dilaksanakan di Aula Tampomas Gedung Pusat Pemerintahan kabupaten Sumedang, Senin 26 desember 2022.

Nasam,SE.Ak Kepala Inpektorat Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan Lomba ini sebagai upaya dalam membangun Zona Integritas pada semua perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, dan dalam upaya mengawal pencapaian sasaran integritas anti KKN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, implementasi tranformasi Inovasi Elektronik Serambi Inspektorat Sumedang (eKSIS). serta upaya Sosialisasi dalam menanamkan budaya anti korupsi kepada generasi muda serta penerus bangsa melalui lomba.

Peserta Lomba se Kabupaten Sumedang dengan kategori 1. pegawai Pemda Kabupaten Sumedang (SKPD), Kategori 2 perguruan tinggi dan SMA/SMK /MA, kategori 3 : SMP/Mts dan SD/Mi

Upaya pencegahan korupsi merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Melalui pendidikan  sebagaimana disampaikannya dalam surat edaran lomba.  “Kami mengajak generasi milenial dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan memberikan pemahaman dan mengenalkan serta mengimplementasikan pendidikan anti korupsi sejak dini di kabupaten Sumedang” 

Penyerahan Penghargaan Lomba Hari Anti Korupsi 2022 Kabupaten Sumedang

Wakil Bupati Kabupaten Sumedang  H. Erwan Setiawan,SE dalam sambutannya dihadapan komisi 1 DPRD kab Sumedang, Forkofinda, BPKP, nara sumber KPK, 29 OPD, 26 kepala camat, 4 BUMD , kepala Puskesmas, 277 Desa dan Lurah Kepala Sekolah, pengawas, Sekolah guru, siswa-siswi, baik offline maupun virtual,plus para juara Lomba.  Menyambut baik penyelenggaraan lomba-lomba tersebut serta mengapresiasi pada para juara dalam memperingati Hari Anti Korupsi sedunia tahun 2022 di Kabupaten Sumedang. "Kita harus malu,yang telah diingatkan oleh anak-anak kita (peserta lomba red) akan bahaya korupsi", kata wakil bupati.

Wakil Bupati Kabupaten Sumedang  H. Erwan Setiawan,SE dalam sambutannya dihadapan ketua komisi 1 DPRD kab Sumedang, Forkopinda, BPKP, nara sumber KPK, 29 OPD, 26 kepala camat, 4 BUMD , kepala Puskesmas, 277 Desa dan Lurah Kepala Sekolah, pengawas, Sekolah guru, siswa-siswi, baik offline maupun virtual,plus para juara Lomba.

Menyambut baik penyelenggaraan lomba-lomba tersebut serta mengapresiasi pada para juara dalam memperingati Hari Anti Korupsi sedunia tahun 2022 di Kabupaten Sumedang. 

Kita harus malu,yang telah diingatkan oleh anak-anak kita akan bahaya korupsi", kata wakil bupati.

Dan meminta pimpinan OPD untuk terus berkomitmen yang kuat dan memiliki integritas yang tinggi dalam mewujudkan good goverment dan merubah mindset serta bekerjasama dengan inspektorat daerah dari paradigma pengawasan anjing penjaga (watchdog) menjadi pendamping dan partner kerja yang terpercaya (trusted advisor) menuju Sumedang Simpati 2023.

Sedangkan Sekda Kab Sumedang, Drs. H.Herman Suryatman,M.Si dalam pemaparannya berjudul Peran APIP menuju birokrasi kelas dunia mengingatkan untuk bisa maju harus memiliki rasa takut dan siap menghadapi tantangan.

Semua bangsa yang hebat  didunia ini menjadi hebat karena  rasa takut dan tantangan yang dihadapi, dengan rasa takut memaksa kita bergerak, bangsa Singapura maju karena takut atas kesolidan bangsa- bangsa melayu, korea selatan maju dan besar karena rasa takut dengan korea utara demikian juga Israel menjadi negara yang maju karena takut akan dunia Arab, bangsa-bangsa eropa menjadi negara yang maju karena tantangan ektrim lingkungannya demikian juga dengan Jepang yang takut gempa dan tsunami sehingga menjadi negara-negara besar dan maju.

Tantangan dan rasa takut tersebut memaksa semua bergerak untuk bisa terus berprestasi dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada dan tidak puas dengan hasil yang sudah diraih di tahun 2022 dan di tahun 2023 mampu mencapai Sumedang Simpati melesat.

Penyerahan Penghargaan Lomba Hari Anti Korupsi 2022 Kabupaten Sumedang


Wakil Bupati Kabupaten Sumedang  dalam sambutannya dihadapan komisi 1 DPRD kab Sumedang, Forkofinda, BPKP, nara sumber KPK, 29 OPD, 26 kepala camat, 4 BUMD , kepala Puskesmas 277 Desa dan Lurah secara virtual Kepala Sekolah, pengawas Sekolah guru, siswa-siswi, baik offline maupun virtual,serta para juara Lomba, menyambut baik penyelenggaraan lomba-lomba tersebut serta mengapresiasi pada para juara dalam memperingati Hari Anti Korupsi sedunia tahun 2022 di Kabupaten Sumedang.   Dan meminta pimpinan OPD untuk terus berkomitmen yang kuat dan memiliki integritas yang tinggi dalam mewujudkan good government dan merubah mindset serta bekerjasama dengan inspektorat daerah dari Paradigma pengawasan dari anjing penjaga (watchdog) menjadi pendamping terpercaya dan menjadi partner kerja yang terpercaya (trusted advisor) menuju Sumedang Simpati 2023.

Disela-sela kegiatan gelar pengawasan semester II dan Penyerahan penghargaan, hadirin disajikan video pemenang lomba Video anti Korupsi dan dihibur oleh band sekolah pemenang lomba cipta lagu diantaranya :

  • Video berjudul ; Neng ? dari Disbudparpora kab.Sumedang
  • Band SMPN 1 Wado sebagai juara 1 Lomba Cipta Lagu dengan judul : "Ayo Cegah Korupsi"
  • SPENSA BAND dengan vokalis Mario Nayaka Bagas Utama dari SMPN 1 Sumedang yang membawakan lagu berjudul "Doa Siswa untuk penguasa"
  • Nayra Salsabila dari SDN Margaluyu yang tampil menggemaskan hadirin dengan menyanyikan lagu berjudul "Cegah Korupsi"

Salah satu peserta lomba dan pemenang ke-2 penulisan makalah kategori Perguruan tinggi,SMA/SMK/MA Sayyid Alfatih Kholilulah siswa kelas XI IPS dari SMAN 2 Sumedang, mengatakan pada GS bahwa ia baru pertama kali mengikuti kegiatan lomba anti korupsi. 

Sayyid menilai, lomba ini sangat berkesan dan  positif sebagai salah satu pendidikan anti korupsi dengan cara yang mengena langsung pada siswa dan generasi milenial sehingga mampu menanamkan jiwa anti korupsi sejak dini. 

Selengkapnya para Juri dan pemenang penghargaan lomba hari anti korupsi dunia tahun 2022 kab Sumedang berupa penulisan makalah, lomba video dan cipta lagu anti korupsi diantaranya :

Dewan Juri Lomba

 No  Nama  Juri Jenis Lomba
1 Dr. Diah Gusrayani,M.Pd  Dewan Juri Lomba Penulisan makalah Anti Korupsi
2 Yadi Cahyadi,S.Sn Dewan Juri Lomba Cipta Lagu Anti Korupsi
3 Anggun Gunara Dewan  Juri Lomba Pembuatan Video Anti Korupsi

Pemenang Lomba

  No Jenis Lomba kategori Juara 1 Juara 2
 1 Lomba penulisan
makalah Anti Korupsi
Kategori 1
SKPD
Fauzi Rahmat K,SP
SKPD Dinas Pertanian dan Ketahananpangan kab Sumedang
Judul makalah : membangun Budaya Anti Korupsi yang Holistik
Kunkun Kobul Kurniawan,S.Sos.,M.Si
SKPD : Bappeda kabupaten Sumedang
Judul Makalah : Strategi membudayakan perilaku Anti Korupsi berbasis sosiologi korupsi di kabupaten Sumedang


Kategori 2
Perguruan Tinggi,SMA/
SMK/MA
Anggy Wira Pambudi
PT : Universitas padjajaran
Judul makalah : mencegah keterlibatan Aparatur Sipil negara dalam tindak pidana korupsi melalui inovasi Platform ruang Advokasi
Sayyid Al Fatih Kholilullah
Sekolah ; SMAN 2 Sumedang
Judul makalah : Semai Anti Korupsi dengan Petuah Sunda


Kategori 3
SMP/MTs/
SD/MI
Rizky Mauana Fauzi
Sekolah : SMPN 1 Sumedang
Judul Makalah : Judi TJ Mandul, sebuah solusi menyiapkan generasi anti korupsi
Febi Febriyanti
Sekolah : SMPN 2 Tanjungsari
Judul Makalah : selamatkan masa depan bangsa dngan membangun generasi muda berkualitas tanpa korupsi


Favorit
(SKPD)
Isur Suryati,S.S
SKPD : Dinas Pendidikan (SMPN 1 Sumedang)
Judul makalah : persepsi peserta didik mengenai kantin kejujuran yang ideal (studi kasus SMPN 1 Sumedang)

2 Lomba Cipta lagu
Anti Korupsi
kategori 1
SMA/SMK/
MA
Nihil Nihil


Kategori 2
SMP/MTs
SMPN 1 Wado
Sekolah SMPN 1 Wado
judul lagu : Ayo Cegah korupsi
SPENSA BAND
sekolah : SMPN 1 Sumedang
Judul lagu : Doa Siswa untuk penguasa


kategori 3
SD/MI
Nihil Nihil


Favorit
SMP/MTS/
D/MI
SMPN 1 Tanjungsari
SMPN 1 Tanjungsari
Judul lagu : Realisasi Ikrar Diri
SDN Margaluyu
Sekolah : SDN Margaluyu
Judul lagu : Cegah Korupsi
3 Lomba Video Anti Korupsi Kategori 1
SKPD
Disbudparpora kab.Sumedang
Judul Video : neng ?
kecamatan Cimalaka
Judul video : lancar


Kategori 2
SMA/SMK/MA
Nihil Nihil


Kategori 3
SMP/MTs/
SD/MI
SMPN 1 Sumedang
Judul Video : Rafi VS kahfi ( anti korupsi VS bibit korupsi)
SMPN 2 Sumedang
Judul Video : Misteri sebuah kejujuran


Favorit
SKPD/SMA/
SMK/MA
SMK DAIROBBY Sumedang
Judul Video : Koruptor Waktu
RSUD Sumedang
Judul video : SERVICE " Edukasi anti Korupsi"

Gelar Pengawasan Semester 2 tahun 2022 kabupaten Sumedang dan penyerahan penghargaan lomba hari anti korupsi 2022 kab Sumedang, ditutup dengan penyematan selempang Duta Generasi Aku Cinta Integritas (Duta GACI) kepada pelajar SMP dan SD, sebagai langkah dan wujud komitmen dalam penanamkan budaya anti korupsi sejak dini.

Gelar Pengawasan Semester 2 tahun 2022 kabupaten Sumedang, ditutup dengan penyematan Duta Generasi Aku Cinta Integritas (Duta GACI) kepada pelajar SMP,dan SD .

Demikian Penyerahan penghargaan lomba hari Anti Korupsi Dunia tahun 2022 Kabupaten Sumedang, semoga bermanfaat.
Sumedang Simpati

Berkaitan dengan penyerahan penghargaan lomba hari anti korupsi Sedunia (Hakordia) 2022 Kabupaten Sumedang :
  • Hakordia itu apa?
  • Hakordia 2022 tanggal berapa?
  • Bagaimana cara menerapkan pendidikan anti korupsi?
  • Kapan hari tanpa korupsi?
  • Kapan peringatan hari korupsi?
  • Hakordia 2022 tanggal berapa?
  • jenis-jenis korupsi adalah
  • peringatan hari anti korupsi bertujuan untuk mendidik masyarakat tentang masalah korupsi yang dapat
  • wakil ketua komisi pemberantasan korupsi periode 2019 - 2023 adalah
  • salah satu cara mencegah tindakan korupsi adalah
  • uu nomor 20 tahun 2001 merupakan undang – undang tentang….
  • jujur merupakan salah satu nilai antikorupsi, yang harus ditanamkan dan dibiasakan sejak…
  • penerimaan gratifikasi
  • jenis-jenis korupsi adalah...kecuali *
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Penyerahan Penghargaan Lomba Hari Anti Korupsi 2022 Kabupaten Sumedang"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.