Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meriahnya Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab.Sumedang

Meriahnya Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab Sumedang, yang diselenggarakan pada Hari Rabu-Kamis /21-22 Desember 2022, bertempat di SMAN 1 Cimalaka kab Sumedang, yang beralamat di Jl. Raya Tanjungkerta, Licin kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

contoh lokakarya guru penggerak, tujuan lokakarya guru penggerak, lokakarya guru penggerak angkatan 5, berapa kali lokakarya guru penggerak, lokakarya guru penggerak angkatan 7, materi lokakarya sekolah penggerak, lokakarya orientasi guru penggerak, lokakarya 1 guru penggerak

Lokakarya ke 7 Panen Hasil Belajar ini merupakan rangkaian penutup progam PGP angkatan 5 kabupaten Sumendang, setelah 6 Bulan berjalan dari bulan Juni sampai dengan Desember 2022.

contoh lokakarya guru penggerak, tujuan lokakarya guru penggerak, lokakarya guru penggerak angkatan 5, berapa kali lokakarya guru penggerak, lokakarya guru penggerak angkatan 7, materi lokakarya sekolah penggerak, lokakarya orientasi guru penggerak, lokakarya 1 guru penggerak

Meriahnya Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab. Sumedang

Progam PGP diselenggarakan dalam rangka memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menjadi pemimpin dan leader penggerak yang menggerakan komunitas belajar, baik didalam satuan pendidikannya maupun di luar sekolah dalam menciptakan dan memastikan hak-hak belajar peserta didik dengan mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik di sekolahnya masing-masing.

Progam PGP didesain menggunakan pendekatan andragogi  dan Blended learning selama 6 bulan berselang dengan komposisi :

  • 70% dilakukan on-the-job training dimana CGP terus mengajar sebagaimana tugas utamanya sambil menggerakan komunitas belajar disekolahnya.
  • 20 % Belajar bersama rekan sejawat
  • 10 % pembelajaran bersama narasumber/instruktur, fasilitator dan pengajar praktik

Perubahan positif di lingkungan belajar sekolah merupakan tanda keberhasilan dari program guru penggerak yang dilaksanakan selama 6 bulan berselang.

Perubahan positif tersebut bisa kita rasakan dan saksikan secara langsung pada lokakarya ke-7 PGP angkatan ke-5 Kab Sumedang sebagai lokakarya panen hasil belajar yang diselenggarakan pada hari Rabu dan kamis, 21-22 Desember 2022 bertempat di SMAN 1 Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Teknis pelaksanaannya bisa sobat GS cek lebih jelasnya di lokakarya ke-7 panen hasil belajar.

Meriahnya Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab. Sumedang 

1. Penyamaan Persepsi Lokakarya 7

Sebelum pelaksanaan puncak, berupa lokakarya ke-7 Panen hasil Belajar, terlebih dahulu  dilaksanakan koordinasi antara elemen pendukung program PGP diantaranya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa barat, Dinas Pendidikan kab/Kota, Fasilitator, dan pengajar Praktik yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 Desember 2022 , bertempat di Grand Sunshine Resort dan Connvention yang berlokasi di kabupaten Bandung.

Sebelum pelaksanaan puncak, berupa lokakarya ke-7 Panen hasil Belajar, terlebih dahulu  dilaksanakan koordinasi antara elemen pendukung program PGP diantaranya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa barat, Dinas Pendidikan kab/Kota, Fasilitator, dan pengajar Praktik yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 Desember 2022 , bertempat di Grand Sunshine Resort dan Connvention yang berlokasi di kabupaten Bandung.
Penyamaan Persepsi Lokakarya 7 PGP Angkatan ke 5 Kab.Sumedang

Koordinasi dan Penyamaan persepsi Lokakarya ke 7 PGP angaktan ke 5 kab Sumedang ini bertujuan :

  • persepsi penyelenggaraan lokakarya ke 7 yang selaras antara pengajar praktik selaku pengajar dan Dinas Pendidikan selaku penyelenggara
  • membuat rancangan penyelenggaraan lokakarya ke 7
  • tunainya PP melaksanakan penilaian CGP di LMS untuk seluruh Pendampingan , pralokakarya s.d lokakarya 6
  • penuntasan penilaian CGP oleh PP di LMS sampai dengan 24 Desember 2022 , pukul 23.59 WIB.

2. Pelaksanaan Lokakarya 7 PGP Angkatan Ke-5 Kabupaten Sumedang.

Masuk ke Gerbang SMAN 1 Cimalaka Kab.Sumedang, terasa suasana dan aura meriahnya para CGP yang melaksanakan Lokakarya  7 PGP angkatan ke-5, dari area parkir yang luas kemudian kita masuk ke gerbang aula nampak banner dari aksi nyata para CGP berjejer, menyambut para tamu, mulai dari dinas pendidikan, para kepala sekolah dan unsur pemda Kab. Sumedang.

Masuk ke Gerbang SMAN 1 Cimalaka Kab.Sumedang, terasa suasana dan aura meriahnya para CGP yang melaksanakan Lokakarya  7, dari area parkir yang luas kemudian kita masuk ke gerbang aula nampak banner dari aksi nyata para CGP berjejer panjang menyambut para tamu, mulai dari dinas pendidikan, para kepala sekolah dan unsur pemda Kab. Sumedang.

Meriahnya Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab. Sumedang

Meriahnya Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab Sumedang ini karena diikuti seluruh CGP Kabupaten Sumedang Angkatan 5 yang berjumlah 155 dengan 27 Pengajar Praktik, yang saling berkolaborasi menampilkan  panen hasil Belajar selama 2 hari setelah melaksanakan Program PGP dari bulan Juni sampai dengan Desember 2022.

Kemeriahan Lokakarya 7 PGP Angkatan 5 di Kab Sumedang semakin heboh dan berkesan dengan hadirnya 180 orang tamu undangan dari berbagai elemen, yang terdiri dari : Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Koordinator Pengawas TK, SD, SMP, SMA/SMK, SLB, Dewan Pendidikan, Ketua MKKS, KKKS, IGTK, KKG, Kepala Sekolah yang memiliki CGP, serta Ketua MGMP 5 Mata Pelajaran di kabupaten Sumedang.

Hari 1 Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab Sumedang

  1. Pembukaan
  2. Evaluasi PGP Angkatan ke-5 kab Sumedang
  3. Berbagi Aksi Nyata; para CGP menampilkan banner, foro dan poster aksi nyata dan mempresentasikannya , diantaranya :
    • Kelompok 1 : Yuyu, M.Pd  dari SMPN 1 Conggeang, memaparkan progam dengan judul :Tahibu Getas
    • Kelompok 2 : Sumarni, S.Pd. dari SMPN 3 Sumedang memaparkan progam dengan judul : Jasmerah jangan lupakan sejarah
    • Kelompok 3 : Agif Rubiyanto, dari SDN Cikamuning memarkan dan memamerkan program dengan judul : Program Literasi dan Kreatif TIK.
    • Kelompok 4 : Neng Yayas Ismayati, memaparkan program dengan judul : LAPRITA GRIDAS (layanan Prima Perputakaan SMKN 2 Sumedang)
    • Kelompok 5 : Nia Kurniati, dari SMPN 1 Tanjung Sari mempresentasikan progam dengan judul : STANZA BERKELAS 
    • Kelompok 6 : Lina Amalina, dari SMPN 2 Jatinangor mempresentasikan progam dengan judul : GLS dan Ekskul Jursas Neduja
    • Kelompok 7 : Yani Yuniati, mempresentasikan program dengan judul;  DEHOTEL Diferensiasi HOTS Laboratorium
    • Kelompok  8 : Siti Noer Fathonah, mempresentasikan progam dengan judul : Tilang Kekasih (tiket pulang jika kelas kamu telah bersih)
    • Kelompok 9 : Eva Vatimah, mempresentasikan program dengan judul SIMELEKETE ( Siswa Nelek Teknologi) 
  4. Berbagi Dampak Positif ; para CGP mengidentifikasi hal-hal baik atau perubahan positip yang terjadi selama 6 bulan berjalan. kemudian menuliskan hal baik yang sudah terjadi dan dituliskan di post-it berwarna orange,tiap kelompok bergantian untuk menuliskan hal baik. 
  5. Persiapan Pameran Hasil Program

Hari 2 Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab Sumedang

Dr. Lina Herlina, M.Pd., Kepala Kapokja Sekolah Penggerak selaku perwakilan dari BBGP Provinsi Jawa Barat dalam sambutannya menekankan bahwa Guru penggerak harus memiliki nilai lebih, yang merupakan calon pemimpin masa depan yang "tergerak, bergerak dan menggerakan" dan mudah-mudahan hal ini bisa terbukti.kemudian saya serahkan hasil CGP yang telah dilatih selama 6 bulan dalam PGP angkatan ke 5, ke Dinas Pendidikan Kab.Sumedang.

  1. Pembukaan
    • Dr. Lina Herlina, M.Pd., Kepala Kapokja Sekolah Penggerak selaku perwakilan dari BBGP Provinsi Jawa Barat dalam sambutannya menekankan bahwa Guru penggerak harus memiliki nilai lebih, yang merupakan calon pemimpin masa depan yang "tergerak, bergerak dan menggerakan" dan mudah-mudahan hal ini bisa terbukti.kemudian saya serahkan hasil CGP yang telah dilatih selama 6 bulan dalam PGP angkatan ke 5, ke Dinas Pendidikan Kab.Sumedang. 
      Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kab.Sumedang H.Agus Wahidin,S.Pd,M,Si menyampaikan bahwa iklim dari ekosistem sekolah diciptakan oleh para pemimpin di sekolah, kemudian berilah kesempatan semua guru untuk berubah dan beri kesempatan semuanya untuk berprestasi.
      Kepala Dinas Pendidikan kab.Sumedang H.Agus Wahidin,S.Pd.,M.Si
      ketika meninjau stand-stand Pameran Panen Hasil Belajar para CGP

    • Dalam sambutannya yang berapi-api dan sarat dengan harapan serta motivasi Kepala Dinas Pendidikan Kab.Sumedang H.Agus Wahidin,S.Pd,M,Si menyampaikan bahwa iklim dari ekosistem sekolah diciptakan oleh para pemimpin di sekolah, kemudian berilah kesempatan semua guru untuk berubah dan beri kesempatan semuanya untuk berprestasi.
  2. Kelas Berbagi CGP ; dilaksanakan secara Pleno diaula dengan para penyaji 
    • Sesi 1 : 
      1. Nenden Nataliawati, M.Pd (SMAN 3 Sumedang) Program SMART DAY (Sholat Dhuha, Senam, Aksi Nyata P5, Readatlhon) 
      2. Lina Apri Ani Gustina  (SMKN 2 Sumedang) Program : LaPrima TeFa GriDas (Layanan Priman Terhadap Nasabah dalam Teaching Factory) 
      3. Puspita   ( SLB Bakti Mulia) Program : MANDALIKA (Mandiri Berladang dan Melatih kemandirian) 
    • Sesi 2 : 
      1. Susi Ciantirani (TK PGRI Mutiara) Program : Litlle Farmer Microgreens 
      2. Laelani Latifah Hidayat (SD Negeri Cimanggung) Program : Plants Feat Zombie (Zona Menanam Benih Edukasi) 
      3. Cecep Odim (SMP Bina Harapan Jatigede) Program : Binaraja  Millenial Smart Farming (BMSF) 
  3. Tanya Jawab
  4. Produk yang dihasilkan
  5. Ketercapaian Hasil Belajar
  6. Refleksi

Meriahnya Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab. Sumedang

Pelaksanaan Lokakarya 7 PGP Angakatan ke-5 Kab Sumedang, bisa berjalan dengan penuh kemeriahan, tertib dan lancar, serta membawa beribu kesan dan harapan bagi kemajuan pendidikan.

Sesuai dengan arahan dan pesan dari Kepala Kapokja Sekolah Penggerak BBGP Jawa Barat dan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, guru penggerak harus bisa bergerak dan menggerakan dalam menciptakan iklim ekosistem yang mendukung dan mendorong perkembangan peserta didik secara holistik , terintegratif dan proaktif memberikan hak-hak peserta didik dengan menghadirkan pendidikan yang berkualitas.

Dengan Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab Sumedang ini diharapkan Guru Penggerak menularkan, menggerakan dan membawa warna perubahan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Sumedang.

Penutup

Diakhir program PGP angkatan ke-5 Kab Sumedang ini saya selaku Pengajar Praktik (PP) menghaturkan terimakasih kepada BBGP Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kab Sumedang,  rekan-rekan para pengajar praktik angkatan ke-5 PGP Kab Sumedang, atas kerjasama dan kolaborasi yang telah terjalin.

Terimakasih saya haturkan kepada para pengajar praktik angkatan ke-5 PGP Kab Sumedang, atas kerjasama dan kolaborasi yang telah terjalin.
Para Pengajar Praktek Angkatan ke-5 PGP Kab Sumedang bersama
Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kab.Sumedang
Terkhusus saya sampaikan juga terimakasih kepada para CGP, guru dan Kepala Sekolah atas kerjasama, kerja cerdas dan dedikasinya selama 6 bulan melaksanakan pendampingan individu dan lokakarya bisa berjalan dengan lancar, tanpa hambatan apapun dalam program PGP angkatan ke 5 Kab Sumedang :

Agif Rubiyanto,S.Pd dari SDN Cikamuning Kab Sumedang Ane Marlinde,S.Pd dari SDN Sukamanah Kab Sumedang Inggrit Gantina,M.Pd dari SDN Pakuwon 1 Kab Sumedang Popon Rohaeti,S.Pd dari SDN Sukaraja 1 Kab Sumedang Santy Nurmalasari,M.Pd dari SMPN 7 Sumedang Susi Susilawati,S.Ag,.M.Pdi dari SMPN 3 Sumedang
Bersama para CGP
Para CGP Dari kiri ke kanan :
  1. Agif Rubiyanto,S.Pd dari SDN Cikamuning Kab Sumedang
  2. Santy Nurmalasari,M.Pd dari SMPN 7 Sumedang
  3. Penulis Ai Deti Heryanti,M.Pd (PP) dari SMPN 4 Sumedang
  4. Popon Rohaeti,S.Pd dari SDN Sukaraja 1 Kab Sumedang
  5. Susi Susilawati,S.Ag,.M.Pdi dari SMPN 3 Sumedang
  6. Ane Marlinde,S.Pd dari SDN Sukamanah Kab Sumedang
  7. Inggrit Gantina,M.Pd dari SDN Pakuwon 1 Kab Sumedang
Akhirul kalam untuk ke-6 Guru Penggerak diatas dan seluruh Guru Pengerak lainnya semoga sukses membawa perubahan dan kemajuan di satuan pendidikannya masing-masing dalam memberikan hak-hak belajar peserta didik dan menghadirkan pendidikan yang berkualitas.

Demikian, sekilas Meriahnya Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab.Sumedang
Semoga Bermanfaat

Terkait dengan Meriahnya Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab.Sumedang
  • Apa yang dilakukan guru penggerak pada lokakarya?
  • Apa itu Panen Karya?
  • tugas lokakarya 7
  • laporan lokakarya 7 guru penggerak
  • lokakarya 7 guru penggerak angkatan 3
  • banner lokakarya 7 guru penggerak
  • panduan lokakarya 7 guru penggerak
  • contoh panen hasil belajar lokakarya 7
  • ide program lokakarya 7
  • tugas lokakarya 7 guru penggerak

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Meriahnya Lokakarya 7 PGP Angkatan ke-5 Kab.Sumedang"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.