Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CGP Rekognisi, Syarat dan Seleksi 2023

Syarat dan Tahapan Seleksi CGP Rekognisi tahun 2023Pendidikan Guru Penggerak (PGP)  adalah program yang fokus pada pengembangan kepemimpinan pembelajaran dan kemandirian guru dalam pengembangan profesional dirinya. 

Program PGP yang diluncurkan pada 3 Juli 2020 ini, digadang-gadang merupakan upaya Kemendikbudristek dalam mendorong Guru Penggerak menjadi pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan yang mewujudkan generasi unggul Indonesia.

Syarat dan Tahapan Seleksi CGP Rekognisi tahun 2023 . Pendidikan Guru Penggerak (PGP)  adalah program yang fokus pada pengembangan kepemimpinan pembelajaran dan kemandirian guru dalam pengembangan profesional dirinya.   Program PGP yang diluncurkan pada 3 Juli 2020 ini, digadang-gadang merupakan upaya Kemendikbudristek dalam mendorong Guru Penggerak menjadi pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan yang mewujudkan generasi unggul Indonesia.

    CGP Rekognisi Berdasarkan Permendikbudristek No 26 Tahun 2022

    Calon Guru Penggerak (CGP)  yang lulus dan mendapatkan sertifikat guru penggerak  sebagaimana  Pasal 12 dan 13 Permendikbud No 26 tahun 2022 ini dapat digunakan untuk pemenuhan salah satu persyaratan menjadi :
    • kepala sekolah;
    • pengawas sekolah; atau
    • penugasan lain di bidang pendidikan.
    Reward tersebut diatas hanya diperoleh oleh CGP sedangkan untuk para pelaksana program PGP lainnya seperti Instruktur, Fasilitator, pengajar praktik (PP), tidak mendapatkan sertifikat guru penggerak sebagaimana CGP.

    Padahal dalam program PGP para Instruktur, fasilitator dan pengajar praktik (PP) menjadi unsur penting dalam kesuksesan pelaksanaan dan pendampingan CGP,
    dimana para Intruktur, fasilitator dan PP membutuhkan waktu dengan durasi yang lebih berat dan lama dibandingkan para CGP, namun tidak mendapatkan sertifikat guru penggerak, hal ini menimbulkan gejolak tersendiri bagi para intruktur , fasilitator dan PP dari unsur guru, yang tentunya menghambat karir mereka untuk menjadi kepala sekolah atau pengawas pendidikan.

    Mensikapi kondisi tersebut unsur selain CGP seperti instruktur,fasilitator,pengajar Praktik berdasarkan pasal 10 Permendikbudristek No 26 tahun 2022 bisa mendapatkan sertifikat PGP dengan mengikuti progam Rekognisi Guru Penggerak

    Rekognisi Guru Penggerak atau CGP Rekognisi adalah Program pembelajaran lampau untuk menjadi Guru Penggerak dengan memberikan pengurangan beban belajar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 pada peraturan ini untuk para:
    • Guru sebagai pelatih ahli pada PSP;
    • Guru sebagai Fasilitator pada PSP;
    • Guru sebagai Pengajar Praktik pada pendidikan Guru Penggerak; atau
    • Guru yang memiliki surat keputusan penugasan sebagai kepala sekolah yang ditetapkan sebagai pelaksana PSP dan telah melaksanakan tugas pada PSP selama 3 (tiga) tahun berturut-turut.
      Rekognisi Guru Penggerak atau CGP Rekognisi adalah Program pembelajaran lampau untuk menjadi Guru Penggerak dengan memberikan pengurangan beban belajar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 pada peraturan ini untuk para: Guru sebagai pelatih ahli pada PSP; Guru sebagai Fasilitator pada PSP; Guru sebagai Pengajar Praktik pada pendidikan Guru Penggerak; atau Guru yang memiliki surat keputusan penugasan sebagai kepala sekolah yang ditetapkan sebagai pelaksana PSP dan telah melaksanakan tugas pada PSP selama 3 (tiga) tahun berturut-turut.

    Peserta CGP Rekognisi yang berasal dari PP 

    Untuk bisa mengikuti program CGP Rekognisi para calon peserta dari Pengajar Praktik (PP) harus menjadi Fasilitator terlebih dahulu, berikut ini syarat lengkapnya :

    Syarat untuk peserta CGP Rekognisi dari unsur Pengajar Praktik (PP) :
    1. Pengajar Praktik  (PP) yang telah bertugas dalam pendampingan pada Program Guru Penggerak minimal 1 angkatan.
    2. Lulus proses seleksi fasilitator pendidikan guru penggerak
    3. Berstatus sebagai guru ASN atau Non ASN dari SD-SMP-SMA-SMK-SLB
    4. Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 (sepuluh) tahun atau memiliki usia tidak lebih dari 50 tahun saat registrasi.
    5. menjalankan tugas sebagai fasilitator guru penggeark, menjalankan dan mengerjakan penugasan sebagai peserta CGP Rekognisi.

    Peserta CGP Rekognisi yang berasal dari Kepala Sekolah

    Syarat peserta CGP Rekognisi dari unsur kepala sekolah adalah :
    1. Berstatus sebagai kepala sekolah ASN atau Non ASN dengan status definitif dan belum memiliki NRKS (Nomor Registrasi Kepala Sekolah)
    2. Guru yang memiliki surat keputusan penugasan sebagai kepala sekolah yang ditetapkan sebagai pelaksana Progam Sekolah Penggerak (PSP) dan telah melaksanakan tugas pada PSP selama 3 (tiga) tahun berturut-turut

    Beban Belajar CGP Rekognisi :

    Berdasarkan pasal 9 Permendikbud No 26 tahun 2022 disebutkan bahwa beban belajar pendidikan guru penggerak paling sedikit 310 (tiga ratus sepuluh) jam pelajaran dan paling banyak 400 (empat ratus) jam pelajaran.

    Namun pada pasal 10 menyebutkan bahwa peserta CGP Rekognisi mendapatkan penguruangan beban belajar sebanyak :
    • 76% (tujuh puluh enam persen) terhadap Guru pelatih, fasilitator, pengajar praktik.
    • 100 % (seratus persen) terhadap Guru yang memiliki surat keputusan penugasan sebagai kepala sekolah 

    Deskripsi Pelaksanaan Progam CGP Rekognisi

    1. CGP Rekognisi menjalankan dua peran yaitu :
      1. sebagai fasilitator PGP berperan sebagai fasilitator yang bertanggung jawab menjalankan alur MERDEKA.
      2. sebagai CGP Rekognisi : melaksanakan beberapa tugas yang menjadi prasyarat ketuntasan belajar sebagai CGP Rekognisi.
    2. Selama pelaksanaan tugas sebagai CGP Rekognisi, CGP Rekognisi didampingi oleh fasilitator pemandu yang memberikan mentoring, umpan balik dan penilaian.
    3. Setelah selesai menjalankan peran dan tugasnya, sebagai fasilitator juga CGP Rekognisi dan memenuhi syarat kelulusan maka akan mendapatkan sertifikat guru penggerak.
    Pembagian Peran sebagai Fasilitator dan CGP Rekognisi 
     No Fasilitator  CGP Rekognisi
    1 Memfasilitasi diskusi refleksi dan
    memberikan penguatan kepada CGP 
    Mengikuti tes awal dan tes akhir untuk setiap paket modul 
    2 Memeriksa tugas-tugas CGP,
    memberikan umpan balik, dan memberikan penilaian sesuai rubrik yang disediakan
    pada platform belajar
    Menghadiri elaborasi pemahaman pada
    setiap modul (10 modul)
    3 memotivasi dan membantu CGP dalam
    menjalankan perannya
    melakukan aksi nyata dilingkungan kelas
    maupun sekolah pada modul 1.4 , 2.3 dan 3.3
    4 Mencatat perkembangan kompetensi
    CGP yang dilakukan secara daring
    Aktif bertugas sebagai guru atau
    kepala sekolah di satuan pendidikan formal hingga  pendidikan berakhir
    5 melakukan komunikasi dengan 
    Instruktur terkait perkembangan CGP

    Pendaftaran Fasilitator Angkatan 13

    Sebagaimana surat edaran Dirjen GTK Kemdikbudristek No 0036/B3/GT.00.08/2023 tertanggal 4 Januari 2023, bahwa bagi mereka para pendamping /Pengajar Praktik (PP) PGP angkatan 1, 2, 3, atau 4, bisa mengikuti seleksi fasilitator kemudian diteruskan dengan mengikuti program CGP Rekognisi

    Surat undangan untuk mengikuti proses rekrutmen fasilitator angkatan 13, akan dikirim melalui e-mail, jadi silahkan pantau terus SIMPKB nya masing-masing. 

    Penutup.

    Demikian Sobat Pengajar Praktik untuk CGP Rekognisi, Syarat dan Seleksi 2023 yang bersumber dari Permendikbudristek No 26 tahun 2022 dan Sosialisasi Rekrutmen Fasilitator Angkatan 13 dari Jalur Pengajar Praktik  yang dilaksanakan oleh Pokja PGP melalui Zoom pada hari Minggu /15  Januari 2022, terimakasih.

    Semoga Bermanfaat

    Terkait dengan CGP Rekognisi , Syarat dan Seleksi 2023 :

    • Apa itu guru penggerak rekognisi?
    • Apakah bisa mengundurkan diri dari guru penggerak?
    • perbedaan pgp reguler dan rekognisi
    • pgp rekognisi angkatan 7
    • cgp rekognisi adalah
    • syarat cgp rekognisi
    • aturan guru penggerak
    • alur respon masyarakat yang dihadapi penggerak perubahan
    • apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi cgp
    • apakah guru penggerak sama dengan ppg
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "CGP Rekognisi, Syarat dan Seleksi 2023"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.