Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Pengembangan perangkat Lunak dan Gim

CP Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim | Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Untuk mata pelajaran Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM, capaian yang ditargetkan di Fase E.

CP Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim

CP menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler. Sementara itu, kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak perlu merujuk pada CP Pengembangan perangkat Lunak dan Gim, karena lebih diutamakan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang utamanya untuk mengembangkan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang diatur dalam Keputusan Kepala BSKAP tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, CP Pengembangan perangkat Lunak dan Gim digunakan untuk intrakurikuler, sementara dimensi profil pelajar Pancasila untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila.  Sebagai acuan untuk pembelajaran intrakurikuler, CP Pengembangan perangkat Lunak dan Gim dirancang dan ditetapkan dengan berpijak pada Standar Nasional Pendidikan terutama Standar Isi. Oleh karena itu, pendidik yang merancang pembelajaran dan asesmen mata pelajaran Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM tidak perlu lagi merujuk pada dokumen Standar Isi, cukup mengacu pada CP. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran. Bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual menggunakan CP reguler ini dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum dan pembelajaran.  Pemerintah menetapkan CP Pengembangan perangkat Lunak dan Gim sebagai kompetensi yang ditargetkan. Namun demikian, sebagai kebijakan tentang target pembelajaran yang perlu dicapai setiap peserta didik, CP tidak cukup konkret untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari. Oleh karena itu pengembang kurikulum operasional ataupun pendidik perlu menyusun dokumen yang lebih operasional yang dapat memandu proses pembelajaran intrakurikuler, yang dikenal dengan istilah alur tujuan pembelajaran. Pengembangan alur tujuan pembelajaran dijelaskan lebih terperinci dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen

CP menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler. Sementara itu, kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak perlu merujuk pada CP Pengembangan perangkat Lunak dan Gim, karena lebih diutamakan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang utamanya untuk mengembangkan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang diatur dalam Keputusan Kepala BSKAP tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, CP Pengembangan perangkat Lunak dan Gim digunakan untuk intrakurikuler, sementara dimensi profil pelajar Pancasila untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Sebagai acuan untuk pembelajaran intrakurikuler, CP Pengembangan perangkat Lunak dan Gim dirancang dan ditetapkan dengan berpijak pada Standar Nasional Pendidikan terutama Standar Isi. Oleh karena itu, pendidik yang merancang pembelajaran dan asesmen mata pelajaran Dasar – Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM tidak perlu lagi merujuk pada dokumen Standar Isi, cukup mengacu pada CP. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran. Bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual menggunakan CP reguler ini dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum dan pembelajaran.

Pemerintah menetapkan CP Pengembangan perangkat Lunak dan Gim sebagai kompetensi yang ditargetkan. Namun demikian, sebagai kebijakan tentang target pembelajaran yang perlu dicapai setiap peserta didik, CP tidak cukup konkret untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari. Oleh karena itu pengembang kurikulum operasional ataupun pendidik perlu menyusun dokumen yang lebih operasional yang dapat memandu proses pembelajaran intrakurikuler, yang dikenal dengan istilah alur tujuan pembelajaran. Pengembangan alur tujuan pembelajaran dijelaskan lebih terperinci dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen

Sebelumnya kita sudah paparkan Capaian Pembelajaran (CP) dari Bidang keahlian Teknologi Informasi Program keahlian Teknik jaringan komputer dan jaringan, dan berikut ini capaian pembelajaran (CP)  program keahlian Pengembangan perangkat lunak dan Gim.

CP Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim

 No  CP Program keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim   Download 
1 CP Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim Download
2 CP Rekayasa Perangkat Lunak Download
3 CP Pengembangan GIM Download
4 CP Sistem Infomrasi, Jaringan dan Aplikasi  Download
5 CP PKL Download

Untuk CP SMK Kurkulum Merdeka Revisi 2022 semua mapel dapat anda unduh pada link : CP SMK kurikulum Merdeka Revisi 2022 

Demikian CP Pengembangan perangkat lunak dan Gim revisi 2022 yang berdasarkan SK BSKAP No 033/H/KR/2022 
Semoga bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Pengembangan perangkat Lunak dan Gim"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.