Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKPD Pengamatan Cara Penyerbukan Pada Bunga

LKPD Pengamatan Cara Penyerbukan Pada Bunga | Penyerbukan adalah menempelnya serbuk sari (sel jantan) kekepala putik (sel betina)  sehingga terjadi pembuahan (Fertilisasi). proses penyerbukan tidak terjadi begitu saja namun terjadi dengan bantuan faktor eksternal.

Proses penyerbukan merupakan proses awal dalam pembentukan biji dan buah pada tanaman berbunga, yang akhirnya terbentuk tanaman baru. 

Pengetahuan dan pemahaman cara-cara penyerbukan ini penting dalam pertanian dan pelestarian keanekaragaman hayati. Terdapat beberapa jenis penyerbukan yang berbeda, tergantung pada anatomi, fisiologi dan morfolgi tanaman,  agen penyerbuk (pollinator) yang terlibat dan cara transfer serbuk sari. 


LKPD Pengamatan Cara Penyerbukan Pada Bunga | Penyerbukan adalah menempelnya serbuk sari (sel jantan) kekepala putik (sel betina)  sehingga terjadi pembuahan (Fertilisasi). proses penyerbukan tidak terjadi begitu saja namun terjadi dengan bantuan faktor eksternal.  Proses penyerbukan merupakan proses awal dalam pembentukan biji dan buah pada tanaman berbunga, yang akhirnya terbentuk tanaman baru.    Pengetahuan dan pemahaman cara-cara penyerbukan ini penting dalam pertanian dan pelestarian keanekaragaman hayati. Terdapat beberapa jenis penyerbukan yang berbeda, tergantung pada anatomi, fisiologi dan morfolgi tanaman,  agen penyerbuk (pollinator) yang terlibat dan cara transfer serbuk sari.

Sobat GS yang anda baca ini LKPD Pengamatan dan investigasi penyerbukan pada Bunga, sebagai lanjutan seri LKPD perkembangbiakan tumbuhan.

LKPD Pengamatan Cara Penyerbukan Pada Bunga

Kelompok          : .......................... 
Nama Anggota         : 
1. ......................
2. ......................
3. ......................
4. ......................


A.  Tujuan Percobaan

  1. Melalui   diskusi   dan   pengamatan,   peserta   didik   dapat   menginvestigasi   cara penyerbukan bunga dengan cermat dan teliti.
  2. Melalui hasil pengamatan, peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil investigasi penyerbukan bunga dengan tepat.

B.  Materi

Pada tumbuhan, proses fertilisasi atau pembuahan diawali dengan peristiwa polinasi atau penyerbukan. Serangga seperti lebah membantu bunga dalam peristiwa penyerbukan. Serbuk sari melekat pada kaki serangga. Saat serangga berpindah, serbuk sari yang melekat pada kaki lebah dapat melekat pada kepala putik. Proses menempelnya serbuk sari ke kepala putik disebut penyerbukan (polinasi).

Cara-cara penyerbukan tumbuhan berbeda-beda pada tumbuhan, hal ini dipengaruhi oleh anatomi, fisiologi dan orfologi tumbuhan itu sendiri, agen penyerbuk (pollinator) sebagai faktor eksternal tumbuhan.

Macam dan jenis penyerbukan bisa kalian pelajari pada tulisan seebelumnya tentang : macam-macam penyerbukan dan jenisnya yang dilengkapi dengan gambar, sangat cocok dan membantu kalian dalam memahami cara penyerbukan.

Pollination /penyerbukan sangat penting dalam proses perkembangbiakan, dsebagai upaya tumbuhan mempertahankan hidupnya dan  pelestarian keanekaragaman hayati, termasuk dalam bidang pertanian . 

C.  Alat dan Bahan

  • Alat tulis, 
  • kertas manila, dan 
  • Lup
  • kamera (jika ada).

D.  Prosedur Percobaan

  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4 orang.
  2. Berkelilinglah di lingkungan sekolah atau di lingkungan rumahmu, tulislah beberapa bunga yang kamu temui dan catatlah hasil pengamatanmu pada tabel dibawah ini.
 No   Nama Tumbuhan  Bagian yang Diamati   Agen Penyerbukan
1 Bunga Matahari Warna mahkota :
Berwarna kuning cerah dan menarik
Ukuran mahkota :
Besar
Nektar/keberadaan madu :
memiliki Madu
Bentuk Serbuk sari :
Serbuk sari mudah menempel

lebah
2 ..... Warna mahkota :
.....
Ukuran mahkota :
.....
Nektar/keberadaan madu :
.....
Bentuk Serbuk sari :
.....
.....
3, dst  ..... Warna mahkota :
.....
Ukuran mahkota :
......
Nektar/keberadaan madu :
.....
Bentuk Serbuk sari :
.....
.....

E.  Diskusi

  1. Carilah informasi pada buku, majalah, artikel, atau bertanyalah pada orang yang kamu anggap tahu, berdasarkan karakteristik bunga yang kamu amati, apa sajakah perantara yang membantu penyerbukan bunga?
  2. Apakah  kamu  menemukan  tumbuhan  yang  dapat  melakukan  penyerbukan  tanpa bantuan apapun?
  3. Kesimpulan apa yang dapat disusun berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan !

-------####---------

Penutup

Selengkapnya LKPD Pengamatan Cara Penyerbukan Pada Bunga dalam bentuk word dapat sobat guru download pada tombol berikut ini :

LKPD lainnya untuk Perkembangbiakan tumbuhan dapat anda kunjungi :

Demikian Lembar kerja Peserta didik /LKPD pengamatan cara peneyerbukan pada bunga, yang bisa sobat GS gunakan untuk bisa di modifikasi dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah dan peserta didik masing-masing. semoga bermanfaat.
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "LKPD Pengamatan Cara Penyerbukan Pada Bunga"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.