Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKPD Pengamatan Struktur Bagian-Bagian Bunga

LKPD Pengamatan Struktur Bagian-Bagian Bunga | Bunga adalah alat perkembangbiakan pada tumbuhan, berdasarkan keberadaan alat reproduksinya, bunga dibedakan menjadi bunga sempurna merupakan bunga yang memiliki dua alat reproduksi jantan dan betina  yaitu benangsari dan putik  dan bunga tidak sempurna yaitu bunga yang hanya mempunyai salah satu alat reproduksinnya yaitu  putik saja atau benagsari saja.

Apa saja struktur dan bagian-bagian bunga serta fungsinya dalam perkembangbiakan tumbuhan bisa sobat GS cek pada tulisan sebelumnya tentang perkembangbiakan tumbuhan diantaranya :

Berikut ini adalah lembar kerja peserta didik /LKPD Struktur Bagian-bagian Bunga dalam memahami alat reproduksi pada bunga yang merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan.

LKPD Pengamatan Struktur Bagian-Bagian Bunga | Bunga adalah alat perkembangbiakan pada tumbuhan, berdasarkan keberadaan alat reproduksinya, bunga dibedakan menjadi bunga sempurna merupakan bunga yang memiliki dua alat reproduksi jantan dan betina  yaitu benangsari dan putik  dan bunga tidak sempurna yaitu bunga yang hanya mempunyai salah satu alat reproduksinnya yaitu  putik saja atau benagsari saja.



LKPD PENGAMATAN 
STRUKTUR BAGIAN-BAGIAN BUNGA


Kelompok        : .......................... 
Nama Anggota         : 
  1. ......................
  2. ......................
  3. ......................
  4. ......................

A.  Tujuan Percobaan

  1. Melalui  diskusi  dan  pengamatan,  peserta  didik  dapat  mengamati  struktur  bunga dengan cermat dan teliti.
  2. Melalui hasil pengamatan, peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil pengamatan struktur bunga dengan tepat.

B.  Materi

Bunga adalah alat perkembangbiakan generatif, yang terdiri dari kelopak bunga, mahkota bunga, benangsari dan putik. 

Ketika sel sperma pada benang sari dan sel telur pada putik bertemu, akan mengalami fertilisasi, sehingga terbentuk embrio yang tersimpan dalam biji. 

Biji dapat tumbuh dan berkembang  menjadi  tumbuhan  baru.  Sifat  dari  keturunan  (tumbuhan  baru)  dapat diperoleh dari gabungan sifat kedua induk. Hal ini yang menyebabkan sifat keturunan dari perkembangbiakan generatif bervariasi.

C.  Alat dan Bahan

Biji dapat tumbuh dan berkembang  menjadi  tumbuhan  baru.  Sifat  dari  keturunan  (tumbuhan  baru)  dapat diperoleh dari gabungan sifat kedua induk. Hal ini yang menyebabkan sifat keturunan dari perkembangbiakan generatif bervariasi.
  • Bunga sepatu/Kembang merak/bunga bakung (bunga lily)/bunga labu kuning, 
  • Alat tulis
  • lup (kaca pembesar), 
  • kertas manila atau buku gambar, 
  • pensil warna, 
  • kamera (boleh ada boleh tidak).

D.  Prosedur Percobaan

  1. Amatilah bagian-bagian bunga!
  2. Gambarlah bunga yang kamu amati beserta bagian-bagiannya!
  3. Berilah keterangan pada gambar tersebut!
  4. Bandingkan bunga yang kamu amati dengan gambar.
  5. Apakah bunga yang kamu amati mempunyai bagian-bagian yang sama dengan gambar tersebut?
  6. Jika telah selesai kegiatan, presentasikanlah hasil pengamatanmu di depan kelas!
  7. Berilah keterangan gambar dibawah ini pada tempat yang telah disediakan dengan istilah yang tepat!
Prosedur Percobaan Amatilah bagian-bagian bunga! Gambarlah bunga yang kamu amati beserta bagian-bagiannya! Berilah keterangan pada gambar tersebut! Bandingkan bunga yang kamu amati dengan gambar. Apakah bunga yang kamu amati mempunyai bagian-bagian yang sama dengan gambar tersebut? Jika telah selesai kegiatan, presentasikanlah hasil pengamatanmu di depan kelas! Berilah keterangan gambar dibawah ini pada tempat yang telah disediakan dengan istilah yang tepat!



  • Bagian jantan pada bunga disebut____________  (1) ; terdiri atas ___________(2) dan ____________ (3).   
  • Bagian bunga betina disebut __________________(4), yang terdiri atas _____________(5), _____________(6) dan _______________(7)
  • Bagian yang berwarna dan sangat menarik disebut ________________(8)
  • Bagian bunga no 9 adalah ____________________ dan no (10) adalah __________________ yang disebut dengan ______________________(11)

E.  Diskusi

  1. Bagian penting yang terdapat pada struktur bunga. Tuliskan fungsi bagian bunga yang telah kamu amati pada tabel dibawah ini!
  2.  No  Bagian Bunga Fungsi
    1 ................................................................... .................................................................
    2 ................................................................... .................................................................
    3................................................................... .................................................................
    4 ................................................................... .................................................................
    5 ................................................................... .................................................................
  3. Bagian bunga manakah yang dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan?
  4. Kesimpulan apa yang dapat disusun dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah kamu lakukan

Selengkapnya LKPD Pengamatan strukut bagian-bagian bunga dalam bentuk word dapat sobat guru downnload pada tombol berikut ini :

LKPD lainnya untuk Perkembangbiakan tumbuhan dapat anda kunjungi :

Demikian LKPD pengamtan struktur bagian-bagian bunga, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "LKPD Pengamatan Struktur Bagian-Bagian Bunga"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.