Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Mencatat Efektif Ala Cornell

Strategi Mencatat Efektif Ala CornellMencatat ala Cornell adalah metode efektif untuk mengorganisir dan merangkum informasi saat belajar atau mengikuti kuliah. Metode ini diciptakan oleh Walter Pauk di Cornell University pada tahun 1940-an

Strategi Mencatat Efektif Ala Cornell | Mencatat ala Cornell adalah metode efektif untuk mengorganisir dan merangkum informasi saat belajar atau mengikuti kuliah. Metode ini diciptakan oleh Walter Pauk di Cornell University pada tahun 1940-an

    Manfaat Mencatat & Menulis

    Ketika seseorang mencatat/menulis, berbagai rangsangan mental dan emosional terjadi dalam otak dan tubuh, beberapa rangsangan yang terjadi ketika seseorang mencatat/ menulis diantaranya :

    • Aktivitas Otak: Mencatat /menulis memerlukan aktivitas otak yang kompleks. Otak harus memproses bahasa, mengorganisir ide, memilih kata-kata yang sesuai, dan mengatur alur pemikiran. Ini melibatkan berbagai bagian otak, termasuk korteks prefrontal yang bertanggung jawab atas pemikiran kritis dan perencanaan.
    • Konsentrasi: Mencatat/menulis memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi. Ketika seseorang menulis, otak mereka fokus pada tugas menulis tersebut, mengarahkan perhatian mereka pada kata-kata dan ide-ide yang sedang mereka ekspresikan.
    • Memori: mencatat/menulis tentang pengalaman atau informasi tertentu memerlukan akses ke memori. Ketika seseorang menulis, mereka dapat mengingat dan merekam detail-detail yang mereka butuhkan untuk mengekspresikan ide-ide mereka.
    • Pemrosesan Informasi: Ketika seseorang mencata/menulis, mereka memproses informasi yang ada dalam pikiran mereka. Ini melibatkan pemikiran kritis, analisis, dan sintesis informasi yang akan dicatat.
    • Keterampilan Bahasa: mencatat/menulis dapat membantu meningkatkan keterampilan bahasa, termasuk tata bahasa, kosakata, dan pemahaman membaca. Ini merangsang kemampuan berbahasa dalam otak.
    • Peningkatan Kemampuan Komunikasi: Menulis secara teratur dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi seseorang, baik dalam menulis maupun berbicara. Ini karena mereka belajar untuk menyampaikan ide-ide mereka dengan lebih jelas dan efektif.

    Aktifitas mencatat dan menulis adalah aktifitas yang tidak bisa dihindari sebagai seorang pembelajar, namun sejauhmana efektifitas mencatat dapat menunjang dan membantu proses pembelajaran tergantung dari metode, cara dan gaya sipembelajar itu sendiri, untuk itu perlu menguasai strategi mencatat efektif, salah satunya metode yang umum digunakan adalah Strategi mencatat efektif ala Cornell.

    Catatan Bagus Seperti Apa ?

    Pada modul How Should You Take Notes? di websitenya Cornell University menyebutkan bahwa catatan yang bagus dan baik memiliki kesamaan ciri diantaranya :

    1. Menyertakan singkatan dan simbol yang bermakna
    2. Tangkap ide utama  dan  detail penting
    3. Dapat mencakup definisi, garis besar, poin-poin, diagram, dll.

    Tentunya tidak ada  satu  cara yang baik untuk membuat catatan, yang utama adalah mengetahui apa yang terbaik bagi Anda dalam berbagai situasi akan membuat pembelajaran Anda lebih efektif. 

    Apa Yang Anda Tulis ?

    Pada umumnya ketika anda /peserta didik mencatat apa yang di sampaikan guru/ presenter, seringnya mereka mencatat semua hal yang disampaikan. Jika demikian, berhati-hatilah! mengapa ? karena jika anda fokus mencatat setiap detail,  maka yang terjadi anda mungkin kehilangan benang merahnya, karena disibukan mencatat, sehingga pemahamannya tidak holistik.

    Atau sebaliknya jika anda hanya mendengarkan saja selama kelas berlangsung dan tidak ada aktifitas menulis sedikitpun, Cornell mengatakan pula :"anda perlu berhati-hati". karena tiba waktunya untuk mengingat kembali apa yang disampaikan maka anda mungkin mendapati bahwa Anda tidak punya banyak hal untuk diingat dan dikerjakan.

    Maka penting untuk diajarkan kepada peserta didik menguasai metode dan strategi mencatat efektif ala Cornel, sebelum anda menyuruhnya merangkum atau mencatat.

    Langkah Mencatat Efektif Ala Cornell

    Langkah-langkah untuk strategi mencatat efektif ala Cornell :

    1. Siapkan kertas dan pensil 
    Siapkan kertas dan pensil atau alat tulis lainnya, jangan lupa awali dengan basmallah

    2. Bagi kertas menjadi tiga bagian 

    Bagi kertas menjadi tiga bagian seperti gambar garis vertikal dengan garis-garis, sehingga Anda memiliki dua kolom, kolom  1 lebih kecil dibanding kolom 2 dan kolom 3 yang lebih kecil di sebelah bawah. Anda juga dapat menggunakan kertas khusus Cornell yang sudah memiliki garis-garis ini.

    Bagi kertas menjadi tiga bagian seperti gambar diatas, terdiri dari kolom (1) lebih kecil dibanding kolom (2) dan kolom (3) yang lebih kecil di sebelah bawah. Anda juga dapat menggunakan kertas khusus Cornell yang sudah memiliki garis-garis.

    3. Beri Judul di bagian atas kertas
    Beri judul di bagian atas kertas (kolom 2) lihat gambar, Ini akan menjadi tempat untuk menulis judul topik atau materi yang akan Anda catat. Judul ini harus mencerminkan pokok bahasan yang sedang dipelajari.

    4. Selama kuliah atau saat membaca
    Selama pembelajaran, anda aktif mencatat poin-poin penting dan informasi yang relevan pada kolom 2.  Cobalah untuk menangkap inti dari apa yang disampaikan atau dibaca, bukan hanya menyalin teks secara mentah.

    5. Gunakan kolom utama (kolom 2) 
    isi pada kolom 2 dengan mencatat poin-poin penting atau inti dari materi. Anda dapat menggunakan singkatan atau kalimat singkat untuk merangkum informasi dengan efisien.

    6. Gunakan kolom kecil (Kolom 1) untuk mencatat kata-kata penting (key word), seperti istilah asing, tokoh, tahun peristiwa.

    7. Setelah kuliah atau sesi belajar selesai
    Setalah kuliah atau KBM selesai segera setelahnya (atau sesegera mungkin), buatlah catatan ulasan atau ringkasan (review) di bagian kolom 3 di sebelah bawah. Ini adalah tempat untuk menulis poin-poin penting, konsep-konsep utama, dan ringkasan dari apa yang Anda pelajari. Gunakan kata-kata Anda sendiri untuk merangkum informasi.

    8. Setelah menulis catatan utama dan ringkasan
    Setelah tahapan diatas selesai, lakukan revisi dan perbaikan jika diperlukan. Ini akan membantu Anda memahami materi dengan lebih baik dan serta merapihkan memori dalam otak anda serta mendorong masuk ke dalam ingatan jangka panjang. 

    9. Setelah revisi, 
    Setelah di revisi, cobalah mengidentifikasi pertanyaan atau poin-poin penting yang dapat Anda ambil dari catatan Anda. Tulislah pertanyaan-pertanyaan ini di bagian bawah halaman atau di halaman berikutnya. Ini akan membantu Anda dalam memahami materi dan mempersiapkan diri untuk menguji diri.

    Penutup

    Gunakan strategi mencatat ala Cornell ini sebagai alat belajar yang efektif. Anda dapat melihat catatan utama untuk melihat poin-poin utama, melihat ringkasan untuk pemahaman yang lebih cepat, dan menggunakan pertanyaan sebagai dasar untuk merenungkan materi.

    Metode dan Strategi mencatat efektif ala Cornell ini dirancang untuk membantu Anda aktif terlibat dalam proses belajar dan merangkum informasi dengan efisien. Dengan berlatih secara teratur, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam mengingat dan memahami materi pelajaran.

    Demikian sekilas tentang Strategi Mencatat Efektif Ala Cornell, secara umum, catatan yang bagus adalah catatan yang bisa Anda gunakan!, semoga bermanfaat.
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Strategi Mencatat Efektif Ala Cornell"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.