Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Bahasa Prancis Revisi 2023

CP Bahasa Prancis Revisi 2023 | Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah merevisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA, tertanggal 4 September 2023.

CP Bahasa Prancis Revisi 2023

CP Bahasa Prancis Revisi 2023 | Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah merevisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA, tertanggal 4 September 2023.


Bahasa Prancis merupakan bahasa internasional yang resmi dipakai di PBB dan organisasi internasional lainnya serta memiliki penutur lebih dari 300 juta di dunia. Posisi negara Prancis di bidang penelitian telah diakui oleh dunia karena keberhasilannya dalam meraih 69 hadiah Nobel dan 14 medali Fields bidang matematika. 

Bahasa Prancis memiliki peran penting di beberapa bidang, misalnya industri dan teknologi untuk bidang aeronautika, satelit, agroteknologi, kimia dan obat-obatan, serta industri berbasis generasi 4.0 menjadi unggulan pada pendidikan tinggi dan bidang penelitian. Selain itu, banyak karya sastra besar yang ditulis oleh sastrawan Prancis dan bahasa, sehingga CP Bahasa Prancis Revisi 2023 menjadi penting adanya.

Prancis juga merupakan bahasa utama yang digunakan dalam bidang kuliner dan mode. Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahasa Prancis memiliki peranan yang penting di dunia. Dengan demikian, bahasa Prancis penting untuk diajarkan di Indonesia untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/MA/Program Paket C). 

CP Bahasa Prancis Revisi 2023

Melalui CP Bahasa Prancis Revisi 2023. Pembelajar bahasa Prancis di SMA/MA/Program Paket C diharapkan mampu menguasai bahasa Prancis sebagai bahasa asing sesuai standar level A2.2 CECRL (Cadre Européen Commun de Références pour Les Langues) yaitu : 

  • Penutur dapat memahami dan menggunakan istilah dan kosakata dasar yang sederhana dan biasa digunakan sehari-hari. 
  • Penutur dapat mengerti ungkapan-ungkapan dan kosakata yang berhubungan dengan keluarga, jualbeli, lingkungan, dan pekerjaan. Pemahaman teks berupa iklan, jadwal, dan pesan singkat. 
  • Penutur dapat memperkenalkan diri dan orang lain, bisa bertanya dan menjawab pertanyaan mengenai data diri seperti tempat tinggal, orang sekitar, dan barang miliknya. Ia bisa berinteraksi secara sederhana dan jelas mengenai keluarga, kondisi dan kehidupan orang-orang sekitarnya, dan kehidupan profesionalnya. 
  • Penutur dapat juga membuat surat sederhana. Dengan demikian mempelajari bahasa Prancis dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik bukan hanya berlatih meningkatkan kecerdasan intelektual tetapi juga menjadi sarana untuk memperkaya budaya para peserta didik karena keterampilan berbahasa Prancis akan sangat berguna untuk menunjang karier masa depan mereka. 

CP Bahasa Prancis Revisi mendorong dan menunjang karier masa depan mereka tidak hanya dibekali oleh keterampilan berbahasa tetapi juga pemahaman dan pengenalan budaya Prancis, seperti dunia mode, interviu pekerjaan, sistem pendidikan, dan kuliner yang khas ala Prancis sebagai pengenalan budaya Prancis pada peserta didik. 

Standar CECRL menetapkan estimasi jumlah jam pelajaran untuk mencapai kemampuan berbahasa Prancis pada tingkat tertentu. Dalam Kurikulum Merdeka, pembelajaran bahasa Prancis termasuk dalam kelompok mata pelajaran pilihan. 

Dengan Revisi Bahasa Prancis Revisi 2023 diakhir fase F, berdasarkan data dan fakta tentang peluang, tujuan, kebermaknaan penguasaan bahasa Prancis, dan total alokasi waktu belajar yang tersedia, peserta didik diharapkan dapat mencapai standar CECRL setara A2.2. 

Selaras dengan CP Bahasa Prancis Revisi 2023 ,mata pelajaran bahasa Prancis diajarkan dengan menggunakan pendekatan komunikatif berbasis teks, dan atau pendekatan pembelajaran bahasa lainnya yang relevan melalui pemanfaatan beragam teks (lisan, tulis, visual, audiovisual), serta mencakup teks multimodal (teks yang mengandung aspek verbal, visual dan audio). 

Dalam CP Bahasa Prancis Revisi 2023, Profil Pelajar Pancasila merupakan karakter dan kompetensi yang ingin dituju sebagai luaran jangka panjang. Keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila harus diterapkan dan diaplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Prancis. 

CP Bahasa Prancis Revisi 2023, menekankah bahwa selama proses pembelajaran peserta didik diharapkan untuk mandiri seperti mencari sumber rujukan yang ditugaskan oleh guru di internet. Ketika guru menerangkan suatu wacana peserta didik diharapkan dapat menganalisis berdasarkan sumber yang mereka baca. 

Dengan banyaknya jumlah peserta didik di kelas (antara 30 s.d 48 peserta didik) proses pembelajaran seharusnya dilakukan secara berkelompok. Guru memberikan tugas dengan pendekatan komunikatif berbasis teks, dan atau pendekatan pembelajaran bahasa lainnya yang relevan. 

Tujuan pendekatan ini agar peserta didik bisa bekerja sama (gotong royong), menghargai satu sama lain (berkebinekaan global) dan membuat mereka kreatif. 

CP Bahasa Prancis Revisi 2023

Mata pelajaran bahasa Prancis bertujuan untuk memastikan peserta didik: 

  1. menguasai dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Prancis tulis dan lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar peserta didik; 
  2. menguasai keterampilan berbahasa Prancis minimal setara dengan level A2.2 standar CECRL (Cadre Européen Commun de Références pour Les Langues); 
  3. mengembangkan pemahaman lintas budaya untuk memahami dan menghargai budaya yang berbeda dan meningkatkan pemahaman terhadap budaya sendiri; 
  4. mengembangkan kepercayaan diri untuk berekspresi sebagai individu yang religius, mandiri, berkepribadian, dan bertanggungjawab dalam rangka mempersiapkan diri menjadi warga global (global citizenship); 
  5. mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif; dan 6. mengembangkan kemampuan literasi melalui pengembangan strategi membaca berbagai jenis teks sederhana berbahasa Prancis. 

CP Bahasa Prancis Revisi 2023

Mata pelajaran bahasa Prancis diberikan melalui materi yang memuat: 

  1. peningkatan kecakapan hidup peserta didik melalui ungkapan sehari-hari yang sederhana untuk memperkenalkan diri atau orang lain, mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang tempat tinggal, hubungan keluarga, hobi atau kegemaran serta kepemilikan benda; dan 
  2. peningkatan kesadaran dan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan fisik dan lingkungan sosial budayanya. 

Mata pelajaran bahasa Prancis terdiri atas keterampilan reseptif yang mencakup menyimak dan membaca, dan keterampilan produktif yaitu berbicara dan menulis sesuai standar level A2.2 CECRL. 

Download CP Bahasa Francis Revisi 2023

Selengkpanya anda bisa menscrolling dan mendownload Capaian Pembelajaran /CP Bahasa Francis Revisi 2023 dibawah ini :

Atau silahkan klik tombol Biru untuk mendownload CP Bahasa Francis Revisi 2023 :

untuk Capaian Pembelajaran /CP Revisi Terbaru 2023 perjenjang dan seluruh mata pelajaran cek di link : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian Cp Bahasa Francis Revisi 2023 yang dapat saya sodorkan semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Bahasa Prancis Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.