Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Bahasa Korea Revisi 2023

CP Bahasa Korea Revisi 2023| Capaian pembelajaran Bahasa Korea hasil Revisi  Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pertanggal 4 Septembr 2023.

CP Bahasa Korea Revisi 2023

CP Bahasa Korea Revisi 2023| Capaian pembelajaran Bahasa Korea hasil Revisi  Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pertanggal 4 Septembr 2023.

Bahasa Korea (한국어) adalah bahasa yang digunakan di Semenanjung Korea. Saat ini terdapat sekitar 78 juta penutur bahasa Korea di seluruh dunia termasuk kelompok-kelompok besar di Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang. 

Dengan CP Bahasa Korea Revisi. Peserta Didik dapat mengembangkan diri dan bersaing di dalam maupun luar negeri. Peserta didik dapat memahami K-Pop, drama Korea, dan atau film Korea yang besar pengaruhnya di Indonesia. 

Selain itu, dengan kemampuan bahasa Korea, peserta didik memperoleh kemampuan bahasa Korea setara TOPIK 1 yang dapat membantu peserta didik jika ingin mengikuti tes TOPIK yang menjadi syarat untuk mendaftar kuliah atau bekerja di Korea. 

Dengan adanya Kerjasama bilateral IndonesiaKorea, peserta didik juga dapat terbuka peluang untuk dapat bekerja di perusahaan-perusahaan Korea yang ada di Indonesia. sehingga CP Bahasa Korea Revisi 2023 dipandang perlu dilakukan.

Bahasa Korea dalam Kurikulum Merdeka merupakan mata pelajaran pilihan. Pembelajaran bahasa Korea di SMA/MA/Program Paket C mencakup penguasaan huruf Korea hingga tata bahasa dasar. 

Dalam pembelajarannya, CP Bahasa Korea Revisi 2023, Bahasa Korea menggunakan pendekatan komunikatif, berbasis teks, dan/atau pendekatan pembelajaran bahasa lainnya yang relevan. 

Pembelajaran bahasa Korea di tingkat SMA/MA diharapkan dapat berkontribusi dalam membentuk profil pelajar Pancasila. 

CP Bahasa Korea Revisi 2023

Mata pelajaran bahasa Korea bertujuan untuk memastikan peserta didik: 

  1. mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa korea topik 1 yang setara dengan A1 CEFR dengan berbagai teks multimodal (teks yang mengandung aspek verbal, visual, dan audiovisual); 
  2. mengembangkan kompetensi interkultural untuk memahami dan menghargai perspektif, praktik, dan produk budaya indonesia dan budaya asing; 
  3. mengembangkan keterampilan bernalar kritis dan kreatif dalam hal melihat perbandingan bahasa dan budaya antara indonesia dan korea; dan 
  4. mengembangkan kepercayaan diri untuk berekspresi sebagai individu yang mandiri dan bertanggung jawab. 

CP Bahasa Korea Revisi 2023

Bahasa Korea memiliki karakteristik yang unik dan universal. Unik karena bahasa Korea memiliki huruf khas bernama hangeul yang menggunakan sistem silabik dan fonetik. 

Selain itu, bahasa Korea adalah verb-final language, bahasa yang verbanya selalu berada di akhir kalimat. Bahasa Korea juga merupakan bahasa aglutinatif yang melekatkan bentuk-bentuk gramatikal untuk menandai fungsi kata dalam kalimat. 

Ruang lingkup materi pembelajaran bahasa Korea disesuaikan dengan kesiapan peserta didik SMA/MA. Capaian pembelajaran bahasa Korea dikategorikan pada fase F, umumnya pada kelas 11 dan 12. 

Capaian pembelajaran Bahasa Korea mengacu pada kemahiran tingkat dasar TOPIK 1 yang setara dengan A1 pada CEFR. Pembelajaran Bahasa Korea dilakukan secara terpadu yang mencakup keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis pada satu pertemuan. 

Materi bahasa Korea disusun dengan memperhatikan dua keterampilan dasar, reseptif dan produktif. Reseptif terdiri dari menyimak dan membaca. Adapun produktif mencakup berbicara dan menulis. Semua elemen ini disusun sesuai dengan standar TOPIK 1. 

Download CP Bahasa Korea Revisi 2023

Selengkapnya CP Bahasa Korea Revisi 2023 mulai dari rasionalitas, tujuan bahasa korea, karakteristik bahasa korea, dan capaian pembelajaran bahasa Korea. berikut ini :

Atau bisa anda klik tombol biru untuk mendownload CP Bahasa Korea Revisi 2023 :

Sedangkan untuk CP perjenjang dan seluruh mata pelajaran bisa anda telusuri link : CP revisi Terbaru 2023.

Melalui CP Bahasa Korea Revisi 2023. Pembelajaran bahasa Korea bertujuan agar peserta didik memiliki kebinekaan global dengan diberikan kesempatan untuk membuka wawasan tentang diri, bangsa, dan dunia. 

Dengan begitu, pembelajaran bahasa Korea dapat membantu peserta didik untuk siap menjadi SDM yang memahami nilai-nilai Pancasila sekaligus berwawasan global.  

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Bahasa Korea Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.