Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diam adalah Sepoi Angin yang Membuai

Ai Deti Heryanti,
Lahir di kota Dodol dan saat ini berlabuh di Kota Tahu.
Berangkat dari  SMAN 1 Garut kemudian melanjutkan ke IKIP Bandung  /UPI Bandung dan Mengabdi di Sumedang.

Silahkan hubungi saya di
email       : aidetiheryanti@guruinovatif.com
facebook : aidetiheryanti
Twiter     : @deti_h
Youtube : ADH (#majubersama buguru ADH)

Aktifitas sebagai Guru IPA Aktif sejak tahun 2008 di SMPN 4 Sumedang, diawali dari TMT mengajar tahun 2000 di SMPN 2 Jatigede, disinilah awal ditempa pengabdian, disebuah sekolah yang terletak cukup jauh dan berada di tengah hutan serta pegunungan Jati gede, yang penuh udara bersih  pengabdian jauh dari  udara kotor  hedonisme  yang sekarang menjadi salah satu wilayah yang terkenal di Indonesia dengan bendungan Jatigede.
Sudah 3 Periode sejak  tahun   2009 sampai Saat ini (2020) sebagai Ketua MGMP IPA Sub Rayon 2 Kab. Sumedang,Ingsyaalloh sudah waktunya untuk regenerasi kepemimpinan di MGMP untuk tahun ini 2020. 
Pernah sebagai Pengurus di Forum MGMP IPA Kab Sumedang sejak tahun 2013-2017,  
Menjadi Pendamping/ Instruktur Kurikulum tingkat SMP di kab Sumedang sejak tahun 2011,  
Aktif di Program  Lesson Study Sejak Tahun 2010.dan menjadi fasilitator Lesson Study Prov Jawa Barat sejak tahun 2011 -2013.Saat ini terus aktif di Forum Lesson Study Kab. Sumedang, dibawah bimbingan Prof Sumar Hendayana,P.h.D /Presiden Asosiasi Lesson Study Indonesia (ALSI) dari Departement of Science Education UPI Bandung.
Tahun 2015 pernah sebagai Guru Berprestasi II tingkat Jawa Barat.

Saya ingin menjadi seorang pembelajar, sebagaimana hadits Baginda Nabi Muhammad Saw, "Tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat"   hadits inilah salah satu yang melandasi pembuatan Blog Ini agar kita senantiasa terus belajar dan mencari Nilai/Hikmah yang hanya bisa di ambil oleh mereka yang senantiasa berpikir mendalam dan menyeluruh ( Ulul Albab).
Menulis memang salah satu hal yang menjadi kendala bagi keumuman kita, yang tidak dibiasakan secak kecil untuk senantiasa mengungkapkan berbagai hal dengan menulis termasuk saya, untuk itu menyediakan media untuk menulis  adalah salah satu metode terbaik,dalam melecutkan kemampuan tersebut. Gerakan Literasi menjadi urgen di tengah-tengah insan di Indonesia, membaca, dan menulis menjadi suatu hal yang harus di miliki oleh setiap orang. pepatah   ulama "Alilmu sayyidun   wamaktubuhu qoiduhu"ilmu itu bagaikan Kancil (cepat larinya untuk lepas) dan yang mengikatnya adalah tulisan/buku" inilah budaya yang di tanam dalam Islam untuk para guru dan Murid yang harus terus hidup dan dimiliki.


Makalah yang disertakan dalam Seminar /Konferensi  Internasional  sebagai Presenter :

  • The 2nd ICLS (“Lesson Study :Learning Reform for Quality Improvement In Education”,2009)
  • Investigated the properties of light  and It Relationship to varios forms of mirrors and lenses through the media Power Point and Practical Tool to Enhance Student (Undertanding of class 7A SMPN 4 Sumedang 2010-2011 School years) disampaikan pada  ICLS (in the 4th International conference on Lesson study,2011)
  • Lesson Activity Through Study,Study Visit of Bermutu Program in Sub rayon 2 MGMP IPA Sumedang Can be Performing Well. disampaikan pada ICLS (in the 5th Lesson Study Conference,2012)
  • Chapter Design As Early in The Planning Stage Of a more Comprehensive Teaching. Disampaikan pada  Seminar ICLS (The 6th Lesson Study Conference,2013)
  • Reflection Learning Quality Improvement in MGMP IPA Cimahi District. disampaikan pada world Association of Lesson Studies (wals) 2014, International conference,2014).
  • "LFH during the Covid-19 Pandemic based on PjBl Integrated basic IPA competencies to foster creativity and independence of students in Class VIII D SMPN 4 Sumedang" Disampaikan pada : 1st International Conference On Learning Inprovement ICLIm 2020 /11th International Conference Lesson Study (ICLS) 2020.


 Makalah yang disampaikan pada Seminar/Simposium Nasional :


  • Optimalisasi Pembinaan Profesionalime Guru melalui Forum Lesson Study Kab Sumedang (makalah disampaikan pada Seminar Nasional karya Inovasi Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Berbasis Standar Nasional (SB-SNP),LPMP Bengkulu 2016.
  • Optimalisasi Peningkatan Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi pembelajaran IPA berbasis Inkuiri (pada unt Gerak Lurus di SMPN 2 Tanjungsari dan SMPN 2 Cikoneng) makalah pada Simposium Nasional Guru IPA ,P4TK IPA,2017.
  • Optimalisasi pembelajaran berbasis STEM dalam meningkatkan hasil Belajar serta keterampilan berpikir Kreatif dan Kolaboratif pada Konsep Energi melalui media PLTMH (penelitian di kelas VII D SMPN 4 Sumedang tahun 2018/2019) makalah Pada Simposium Nasional P4TK IPA 2018.
  • "BDR Masa Pandemi Covid-19 Berbasis PjBL melalui Proyek Menanam Untuk menumbuhkan Kreatifitas dan Kemandirian Peserta Didik Kelas 8D SMPN 4 Sumedang" disampaikan pada Webinar Nasional yang diselenggarakan P4TK IPA  24 Agustus 2020 Tema "Sains Tekno Entrepreneurship"

Modul :
  • Hukum Newton ( untuk SMP)  diproduksi oleh P4TK IPA,2017 sebagai Tem Penulis bersama (  Noeraida,S.Si,M.Pd/Dr. Elli Herlaini,M.Phil/Helsy,S.Pd)
  • Gerak Lurus Beraturan (untuk SMP) diproduksi oleh P4TK IPA,2017 sebagai tim Penulis bersama (Noeraida,S.Si,M.Pd)


Beberapa artikel yang pernah ditulis dan di publikasikan di Media Koran /Buletin dan Majalah Daerah  :
  • UN dan UNTUS, Mengapa Tidak ? (Koran Pikiran Rakyat /Senin.19 November 2007)
Janganlah Bosan “Cerewet” Dalam Pendidikan (Koran Pikiran rakyat/kamis,27 Desember 2007)
Belajar Mandiri Berbasis Teknologi Multimedia (Koran Pikiran rakyat /Senin,12 Oktober 2009)
Asyiknya Belajar IPA (Tabloid EDU Global PGRI Jabar/no.01. November 2010)
Duduk Sama Rendah Berdiri sama tinggi (Buletin Forum MGMP,Desember 2010)
Sejatinya Study Tour (Tribun Jabar,/selasa, 4 Januari 2011)
Berbagi Keberhasilan dengan Penelitian Tindakan Kelas (Sumex/Jumat,15 April 2011)
Menjadi Guru Yang efektif dan efisien (Forum MGM/Januari 2012)
9Resahkah Guru Setelah Mengajar ? (Forum MGMP/Maret 2013


Perjalanan masih berlanjut ....
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

1 komentar untuk "Diam adalah Sepoi Angin yang Membuai "

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.