Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konjungsi Saturnus dan Jupiter terdekat setelah 800 tahun berlalu

Konjungsi Saturnus dan Jupiter terdekat setelah 800 tahun berlalu

Jupiter dan Saturnus akan muncul bersama dan akan sangat  dekat sekali di langit karena berada dalam garis yang sejajar/segaris yang disebut Konjungsi,  peristiwa konjungsi sendiri bisa terjadi setiap 20 tahun sekali. dan dipertengahan Desember ini kita  bisa melihat  fenomena alam tersebut, sekaligus Tadabur dengan menyaksikan keagungan dan kebesaran akan penciptaan-Nya,   karena sudah lebih dari 800 tahun yang lalu peristiwa ini terjadi. 

Segarisnya dua  planet ini begitu dekat sehingga disebut 'planet ganda' dan beberapa pekan kedepan tepatnya tanggl 21 Desember 2020 hal ini dengan ijin-Nya akan terjadi lagi diatas kepala kita semua.

Apa yang dimaksud Konjungsi ?

Konjungsi adalah sebuah Peristiwa astronomi dimana  benda langit berada dalam garis yang sejajar (satu garis). Hal ini terjadi karena aktivitas rotasi bumi, dimana planet dan benda langit lainnya mengelilingi matahari di orbitnya masing-masing dan pada saat tertentu ketika rotasi  mengelilingi matahari akan ada saat dimana planet planet itu berada pada posisi satu garis lurus seperti yang akan terjadi antara dua planet besar ini (Jupiter-saturnus), dan  konjungsi terjadi melibatkan dua planet atau lebih

Jupiter dan Saturnus akan sejajar dalam satugaris di langit malam, sehingga tampak saling bersentuhan, terakhir kali hal ini terjadi 800 tahun yang lalu yaitu pada tanggal 4 Maret 1226.



Peristiwa alam  ini tentunya untuk insan Astronomi apalagi kita yang awam adalah peristiwa yang sangat luar biasa karena planet berada begitu dekat (Patrick Hartigen /Profesor fisika dan Astronomi Rice University)

Dengan  mata langsung akan terlihat seperti satu titik cahaya, walau sesungguhnya antara kedua planet jaraknya terpisah 4 kali jarak bumi dan matahari. 

Berikut cara melihat konjungsi langka ini menurut Hartigan


Bagi kita yang ada di garis khatulistiwa dimanapun posisinya;

  • Durasi 1 jam sebelum tertutup kabut asap
  • Dengan  teleskop kecil, Jupiter dan Saturnus Sudah cukup untuk melihat kedua planet berada pada bidang pandang yang sama, bersama dengan beberapa bulan mereka.
  • satu jam setelah matahari terbenam – kemudian bidikan teleskop kita ke langit barat daya,dengan syarat tidak ada awan gelap /awan rendah akan terlihat peristiwa konjungsi tersebut (Situs web seperti Stellarium dapat membantu Anda mengarahkan teleskop Anda ke arah titik pertemuan planet.)
  • Konjungsi ini akan terjadi selama satu minggu dari tanggal 17 – 25 Desember, dan pada tanggal 21 Desember adalah kondisi kedua planet sangat dekat dilangit.

Beberapa konjungsi yang pernah terjadi 

  1. Tanggal 7 April 1994 antara Merkurius, Mars, Saturnus, Jupiter, dan Bulan.
  2. Tanggal 5 Mei 2000,5 planet dan Bulan dekat Matahari.
  3. Tanggal 6 – 7 November 2015 antara Mars, Jupiter, Venus, dan Bulan.
  4. Tanggal 5 – 6 November 2016 antara Venus, Mars, Saturnus, dan Bulan.

Konjungsi  antara yupiter dan saturnus ini  pernah terjadi pada tahun 1623, namun tidak terlihat karena silaunya matahari, dan akan datang 60 tahun lagi kedepan yaitu tahun  15 Maret 2080, 

Dalam 2000 tahun kedepan kemungkinan akan terjadi selama 2 kali, untuk itu jangan dilewatkan begitu saja dari pandangan kita, pasca Desember 2020 Tanggal  15 Maret 2080 adalah tanggal dan   tahun terdekat dimana peristiwa ini terulang lagi.

sebagai salam penutup saya sarankan, walau tidak mempunyai Teleskop kita bisa mencoba mengamati peristiwa konjungsi dengan Aplikasi Stellarium Astronomy sofware (link ada di bawah), dengan aplikasi ini  seolah-olah kita berada di planetarium dengan  tampilan 3D  yang bisa disetting langsung dari rumah kita  sendiri, Selamat Mencoba. 

Sumber : 


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Konjungsi Saturnus dan Jupiter terdekat setelah 800 tahun berlalu"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.