Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menerapkan Gagasan Dalam Menjawab Soal Literasi Sains #3

Menurut (OECD,2016) Literasi sains adalah  pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, kesadaran bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual, dan budaya, serta kemauan untuk terlibat dan peduli terhadap isu-isu yang terkait sains.

Pola dari bentuk Literasi Sains adalah Penafsiran suatu bagian bacaan dan penafsiran suatu masalah yang disodorkan atau dihadapi. Bagian bacaan  yang merupakan bentuk pernyataan tersebut umumnya pendek dan singkat, tetapi menyeluruh dan mencakup banyak hal dari satu ide.

Diperlukan beberapa kecakapan tertentu dalam menyelesaikan soal literasi Sains ;
  1. Menemukan “main idea” (ide utama, gagasan pokok/kalimat utama)
  2. Menemukan “subordinate idea” (ide penunjang/gagasan penunjang/kalimat pendukung/kalimat penjelas)
  3. Menemukan kesimpulan yang diharapkan
  4. Menerapkan gagasan /ide (aplikasi dalam kehidupan)
Dan kita telah membahasa poin 1,2 dan 3 di Artikel sebelumnya

Selanjutnya kita akan membahasa bagaimana Menerapkan gagasan (Applying Ideas) dalam menjawab soal Literasi Sains ?

Arec Socha Pixabay.com


Menerapkan gagasan dalam menjawab soal literasi sains

Yang menjadi persoalan setelah kita menemukan ide/gagasan suatu paragraf adalah bagaimana menerapkan atau menggunakan gagasan/pengertian dari paragraf itu pada pertayaan yang diberikan.

Contoh 

"Gangang tumbuh sangat subur, kemudian mati dan terhampar sampai menutupi danau. Kemudian bakteri memakan tumbuhan yang mati ini dan bakteri semakin banyak dan bakteri menghabiskan oksigen danau, akibatnya ikan-ikan menjadi mati, maka bakteri semakin banyak dan oksigen semakin habis."
Pertanyaan :

Ikan -ikan mati karena kekurangan ?
  1. Makanan
  2. Kutu air
  3. Ganggang
  4. Oksigen
  5. Cahaya matahari
Jawaban yang benar adalah no 4, walaupun tidak disebutkan secara khusus dalam bacaan tersebut. Kita harus tahu bahwa ikan tidak akan bisa hidup tanpa oksigen yang cukup di air, bakteri menghabiskan oksigen, akibatnya ikan kekuranga oksigen dan akhirnya mati.

Jika kita menjawabnya dengan benar berarti kita telah mengambil keputusan dari hasil pertimbangan. Tidak disebutkan di pernyataan itu bahwa ikan membutuhkan kutu air atau ganggang untuk hidup juga cahaya matahari, jadi hanya ada dua pilihan jawaban yaitu makanan dan oksigen. 
Juga biasanya informasi yang diminta tidak disajikan dlam paragraf tersebut.

Berikut contoh kedua yang lebih simple tentang bagaimana menerapkan gagasan dari bacaan.

“ Psikologi ialah ilmu tentang sikap dan tingkah laku manusia serta berurusan dengan akal dan proses-proses mental,perasaan dan keinginan.”

Menurut pernyataan diatas manakah hal-hal berikut ini yang merupakan aspek psikologis ?
  1. Kapitalisme
  2. Lapar
  3. Menangkap ikan
  4. Berburu
  5. Depresi
Jawabannya adalah no 5. Benar walaupun Depresi tidak ada dalam pernyataan namun depresi adalah sesuatu yang berhubungan dengan mental, maka ada hubungannya dengan psikologi.

Berarti kita telah dapat menggunakan pengertian dari yang kita baca dalam paragraph tersebut dalam pertanyaan  sehingga sampai pada jawaban yang benar.

Terakhir untuk siswa-siswi sekalian ada Tiga tahap Pendekatan untuk menjawab pertanyaan Literasi Sains :
  1. Kenali fakta-fakta khusus atau umum paragraf
  2. Buat keputusan berdasarkan fakta dalam bacaan
  3. Dapatkan dalam bacaan itu keterkaitan dan penunjang untuk membedakan antara pilihan yang benar dan pilihan yang salah.
Langkah berikutnya kita akan masuk kedalam latihan-latihan soal literasi fiksi dan Literasi Informasi/Sains.

Salam Sukses.


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH Guru IPA SMPN 4 Sumedang, Blog ini sebagai Tempat mendokumentasikan semua aktifitas dan kegiatan agar mudah diakses,berbagi dan silaturahmi

Post a Comment for "Menerapkan Gagasan Dalam Menjawab Soal Literasi Sains #3"

Menginformasikan seputar Pendidikan, Forum Ilmiah,Lesson Study, Jurnal dan Publikasi ilmiah,sebagai wahana terus belajar sepanjang hayat. Anda mau berkontribusi dengan mengirimkan artikel hub : gurusumedang@gmail.com
Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.

Dapatkan artikel otomatis via Email