Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Variasi Gaya Mengajar dalam Proses KBM

Variasi gaya mengajar yang menarik menawarkan strategi yang akan membantu guru menciptakan

lingkungan kelas yang dinamis , dimana siswa bisa menikmati pembelajaran dan guru menikmati pengajaran, guru satu sisi bisa layaknya seorang koki ia harus memberikan makanan yang enak di makan dan bisa dinikmati, perlu sentuhan-sentuhan yang bisa menggairahkan untuk mencicipinya.jangan sampai seperti sebuah perjalanan dalam  kendaraan dengan perjalanan panjang yang  lurus tidak terdapat belokan, tanjakan dan turunan dan pemandangan kiri dan kanan yang serupa membuat semua penumpangnya mengantuk. sehingga agar proses pembelajarannya tidak membosankan, dan dapat menggairahkan siswa  maka variasi dan bumbu-bumbu dalam proses pembelajaran perlu adanya.
Ai Deti Heryanti didalam kelas

Variasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) adalah keanekaan yang membuat sesuatu tidak monoton dan variasi dalam sebuah proses KBM adalah upaya yang dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan rasa ingin tahu serta keaktifan siswa. 

Siswa sendiri memiliki gaya belajar yang beragam apakah itu gaya belajar visual, auditori maupun kinestetik sehingga sebuah variasi gaya sebenarnya sesuatu yang keharusan ada dan tercipta, perubahan gaya selama proses KBM akan meminimalisir kebosanan siswa, apalagi dalam durasi KBM yang cukup panjang.

Sebelum saya membahas Variasi dalam mengajar didalam kelas, ada tiga hal menurut LouAnne Johnson (2009) yang akan mendukung kesuksesan seorang guru dalam  proses pembelajaran didalam kelas yaitu ; persiapan, persiapan dan persiapan. Apa yang harus dipersiapkan, tentunya kesiapan penguasaan materi,  prediksi akan hal-hal yang bisa menjadikan kendala siswa, terhadap materi yang akan diajarkan, dan bagaimana solusi jawaban yang akan diberikan, juga persiapan mental yang matang dan stabil, karena jika anda dalam keadaan mood yang jelek , serta kondisi emosi yang tidak stabil bisa membuat banyak hal menjadi tidak baik,apalagi menghadapi siswa  dengan berbagai tingkahnya, serta persiapan berbagai hal yang mendukung kelancaran proses pembelajaran menjadi menyenangkan baik untuk siswa maupun gurunya.

Berikut beberapa variasi dalam proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas :

  1. Teacher Voice ; suara guru maksudnya adalah guru memberikan penekanan pada kata-kata tertentu, suara keras , lembuat, tinggi dan rendah suara, cepat dan lambar suara termasuk ke dalam perubahan pada suara guru.
  2. Focusing ; pemusatan perhatian siswa, menggiring perhatian siswa pada hal-hal yang dianggap penting seperti : "perhatikan ini baik-baik", "Ini Penting sekali" , " perhatikan dengan baik baik."
  3. Teacher Silence; kebisuan / kesenyapan atau selingan diam yang dilakukan secara tiba-tiba oleh guru dan disengaja selagi guru menjelaskan materi ajar, adalah variasi yang baik untuk menarik perhatian siswa karena perubahan stimulus dari adanya suara kepada keadaa hening akan menarik perhatian siswa karena siswa ingin tahu dengan apa yang terjadi.
  4. Eye contact and Movement ; Kontak pandang dengan pergerakan, ketika guru mendadakan interaksi dengan siswa  maka mata harusnya memandang seluruh kelas dan kepada mata siswa untuk menunjukkan keintiman dengan siswa, dengan kontak pandang kita jadi mengetahui bagaimana perhatian siswa terhadap apa yang kita bawakan.
  5. Gerakan badan dan mimik;variasi ekpresi wajah guru , gerakan badan, kepala merupakan aspek lain yang sangat penting dalam berkomunikasi dengan siswa. karena perubahan ini akan menarik perhatian dan menyampaikan pesan atas materi yang diterangkan.
  6. Teacher movement ; pergantian posisi dan gerak pengajar di dalam kelas, ini sangat penting dengan bergerak seluruh ruangan dan seluruh siswa terpantau dan tersentuh, gerakan guru dalam kelas berguna dalam mempertahankan perhatian siswa dan mengontrol tingkah laku siswa, upayakan gerakan natural mengikuti materi yang kita bawakan dan pergerakan atas dasar interaksi dengan siswa siswa tidak terasa kikuk dan kaku.
Happy sharing untuk semua, selamat dan sukses untuk para guru sekalian.

 

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Variasi Gaya Mengajar dalam Proses KBM"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :