Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KIP Kuliah, Pendaftaran dan Info Terbaru

KIP Kuliah Pendaftaran dan Info Terbaru. KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. 

Jalur KIP kuliah 2023 kapan dibuka?, KIP kuliah 2022 2023 kapan dibuka?, Berapa uang KIP kuliah 2023?, Kapan pendaftaran KIP kuliah 2023 2024 dibuka?, kip kuliah 2023/2024, kip kuliah 2023/2024 kapan dibuka, universitas yang menerima kip kuliah, http //kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. pendaftaran, login kip kuliah, kip kuliah 2023 kapan cair, syarat kip kuliah, cek kip kuliah, apakah tahun 2023 ada KIP Kuliah

Sedikit berbeda dengan beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.



Jalur KIP kuliah 2023 kapan dibuka?, KIP kuliah 2022 2023 kapan dibuka?, Berapa uang KIP kuliah 2023?, Kapan pendaftaran KIP kuliah 2023 2024 dibuka?, kip kuliah 2023/2024, kip kuliah 2023/2024 kapan dibuka, universitas yang menerima kip kuliah, http //kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. pendaftaran, login kip kuliah, kip kuliah 2023 kapan cair, syarat kip kuliah, cek kip kuliah, apakah tahun 2023 ada KIP Kuliah

Untuk itu ayooo kuliah dan manfaatkan fasilitas ini untuk menjadi pemimpin masa depan Indonesia, berikut cara pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah jenjang S1/D4,D3,D2. 

Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap anak, apapun latar belakang ekonominya, harus mendapatkan hak dan kesempatan yang sama dalam menempuh pendidikan sehingga upaya pembangunan SDM Indonesia harus berkeadilan, berkualitas, inklusif, dan berkesetaraan.

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2023 belum muncul namun dibawah ini masih syarat tahuun 2022 sebagai berikut:
  • Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah *)
  •  Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera;
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
*) yang dimaksud dengan Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan  dengan :
  • kepemilikan program bantuan pendidikan nasional  dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  • berasal dari keluarga peserta Program Keluarga  Harapan (PKH); atau
  • pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  • mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau
  • mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil  kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 
  • Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria  di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP  Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara  ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak  Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau  pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah  anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus  lima puluh ribu rupiah).

Belum punya kartu KIP Apakah bisa Daftar KIP Kuliah ?

Bagi siswa yang belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mengikuti program KIP-Kuliah asalkan memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  • tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau 
  • pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).
Puslapdik Kemendikbud menetapkan penerima KIP Kuliah berdasarkan usulan PT setelah siswa melakukan registrasi ulang.

Jadwal Pendaftaran 

Jadwal pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah untuk tahun 2023 masih bellum dibuka namun jika melihat tahapannya bisa kita cek tahun 2022
No Kegiatan Dibuka Ditutup
1 Pendaftaran Akun  Siswa KIP Kuliah 02 Februari 2022 01 Desember 2022
2 SNMPN 07 Februari 2022 17 Maret 2022
3 SNMPTN 13 Februari 2022 27 Februari 2022
4 UTBK-SBMPTN 22 Maret 2021 14 April 2022
5 SBMPN 05 April  2022 29 Juni 2022
6 Seleksi Mandiri PTN 01 Juni 2022 07 Oktober 2022
7 Seleksi Mandiri PTS 08 Juni 2022 31 Oktober 2022

Data dan jadwal diatas belum terupdate untuk tahun 2023, silahkan pantau di : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Jangka Waktu Pemberia KIP Kuliah

Program Regular:
  • Sarjana maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Empat maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Tiga maksimal 6 (enam) semester
  • Diploma Dua maksimal 4 (empat) semester
Program Profesi:
  • Dokter maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
  • Ners maksimal 2 (dua) semester
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester
  • Guru maksimal 2 (dua) semester.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps**)
  2. Siswa membuat akun KIP Kuliah dilink berikut : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru
  3. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  4. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah***)
  5. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  6. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  7. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
  8. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

  • **) Tersedia di Google Play Store
  • ***) NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

Keunggulan KIP Kuliah

  1. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa).
  2. Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi.
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
  4. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.
  5. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.
  6. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer(UTBK) serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu 
  7. Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos); Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan  langsung ke perguruan tinggi;
  8. Bantuan biaya hidup, mulai tahun akademik 2021/2022  biaya hidup ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masing-masing wilayah Perguruan Tinggi.

Bantuan Pendidikan UKT/SPP

Pemerintah Indonesia memberikan Bantuan Pendidikan UKT/SPP untuk mahasiswa Semester 3, 5 dan 7 pada TA. 2022/2023 sebagai implementasi dari arah kebijakan pendidikan tinggi untuk mengantisipasi dampak Covid-19 serta perluasan cakupan mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah . Informasi detil terkait program ini dapat diperoleh di perguruan tinggi masing-masing mulai Senin, 6 Juli 2020. 

Perguruan Tinggi/Program Studi Penerima KIP Kuliah

Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah

  • daftar Beasiswa KIP Kuliah silahkan Klik link berikut :https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login
  • atau silahkan anda isi lamaran Beasiswanya di tombol berikut :

Penerima KIP Kuliah

Selengkapnya silahkan unduh Panduan mengenai Informasi Beasiswa KIP kuliah

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "KIP Kuliah, Pendaftaran dan Info Terbaru"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.