Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah Jenjang S1/D4,D3,D2,D1

Beasiswa KIP Kuliah  merupakan pengganti Beasiswa Bidik Misi sebelumnya, namun tidak usah khawatir bagi yang menerima beasiswa bidik misi  karena tetap dibiayai oleh KIP Kuliah.

KIP Kuliah 2021

Untuk itu ayooo kuliah dan manfaatkan fasilitas ini untuk menjadi pemimpin masa depan Indonesia, berikut cara pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah jenjang S1/D4,D3,D2. 

KARTU INDONESIA PINTAR KULIAH

Sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap anak, apapun latar belakang ekonominya, harus mendapatkan hak dan kesempatan yang sama dalam menempuh pendidikan sehingga upaya pembangunan SDM Indonesia harus berkeadilan, berkualitas, inklusif, dan berkesetaraan.

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Segera... Daftar KIP-Kuliah 2021

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2021

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2021 adalah sebagai berikut:
  • Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah *)
  •  Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera;
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
*) yang dimaksud dengan Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan  dengan :
  • kepemilikan program bantuan pendidikan nasional  dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  • berasal dari keluarga peserta Program Keluarga  Harapan (PKH); atau
  • pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  • mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau
  • mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil  kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 
  • Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria  di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP  Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara  ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak  Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau  pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah  anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus  lima puluh ribu rupiah).

Jadwal Pendaftaran 

No Kegiatan Dibuka Ditutup
1 Pendaftaran Akun  Siswa KIP Kuliah 08 Februari 2021 31 Oktober 2021
2 SNMPN 12 Februari 2021 18 Maret 2021
3 SNMPTN 14 Februari 2021 23 Februari 2021
4 UTBK-SBMPTN 14 Maret 2021 31 Maret 2021
5 SBMPN 09 Mei 2021 09 Juni 2021
6 Seleksi Mandiri PTN 07 Juni 2021 03 Oktober 2021
7 Seleksi Mandiri PTS 21 Juni 2021 31 Oktober 2021

Jangka Waktu Pemberia KIP Kuliah

Program Regular:
  • Sarjana maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Empat maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Tiga maksimal 6 (enam) semester
  • Diploma Dua maksimal 4 (empat) semester
Program Profesi:
  • Dokter maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
  • Ners maksimal 2 (dua) semester
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester
  • Guru maksimal 2 (dua) semester.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps**)
  2. Siswa membuat akun KIP Kuliah dilink berikut : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru
  3. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  4. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah***)
  5. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  6. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  7. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
  8. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

  • **) Tersedia di Google Play Store
  • ***) NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

KIP Kuliah

Keunggulan KIP Kuliah

  1. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa).
  2. Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi.
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
  4. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.
  5. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.
  6. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer(UTBK) serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu 
  7. Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos); Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan  langsung ke perguruan tinggi;
  8. Bantuan biaya hidup, mulai tahun akademik 2021/2022  biaya hidup ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masing-masing wilayah Perguruan Tinggi.

Bantuan Pendidikan UKT/SPP

Pemerintah Indonesia memberikan Bantuan Pendidikan UKT/SPP untuk mahasiswa Semester 3, 5 dan 7 pada TA. 2020/2021 sebagai implementasi dari arah kebijakan pendidikan tinggi untuk mengantisipasi dampak Covid-19 serta perluasan cakupan mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah . Informasi detil terkait program ini dapat diperoleh di perguruan tinggi masing-masing mulai Senin, 6 Juli 2020. 

Perguruan Tinggi/Program Studi Penerima KIP Kuliah

Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah

Penerima KIP Kuliah


Klarifikasi berita tentang KIP-KULIAH dari Kemdikbud

Sehubungan dengan beredarnya informasi tentang program KIP Kuliah di media sosial (di samping), berikut kami sampaikan beberapa klarifikasi berikut:

  • Puslapdik bukan sebagai pihak yang menyebarkan berita tersebut. Semua informasi resmi kami sampaikan via web KIP Kuliah. 
  • Sesuai pedoman pendaftaran KIP Kuliah, peserta KIP Kuliah adalah siswa SMA/sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya, memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada Prodi dengan Akreditasi A atau B (dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C).
  • Keunggulan bagi penerima KIP Kuliah: pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk PT, pembebasan biaya kuliah dan memperoleh bantuan biaya hidup. 
  • Puslapdik akan membayarkan biaya kuliah sebesar Rp. 2.4 jt/semester langsung ke PT.
  • Siswa penerima program KIP Kuliah akan memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700rb/bulan yang dibayarkan setiap semester, sesuai masa studi normal (S1 maksimal 8 Semester, total selama studi maksimal Rp. 33.6 jt; D3 maksimal 6 Semester, total selama studi maksimal Rp. 25.2 jt; D2 maksimal 4 Semester, total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt; D1 maksimal 2 Semester, total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt). 
  • Untuk mahasiswa pada Prodi yang harus mengikuti Program Profesi juga akan menerima pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup (seperti poin 4 dan 5). Profesi Dokter, Dokter Gigi dan Dokter Hewan akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 4 semester (total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt). Sedangkan untuk Profesi Ners, Apoteker dan Guru akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 2 semester (total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt). 
Selengkapnya silahkan unduh Panduan mengenai Informasi Beasiswa KIP kuliah


Daftar Penerima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Tahun 2021 (ADIK 2021) silahkan Cek DISINI

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah Jenjang S1/D4,D3,D2,D1"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :