Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Partikel Penyusun Benda | Phet-colorado

"Dialah (Alloh SWT) yang menciptakan segala apa yang ada di muka bumi untukmu...(Qs 2:29)"

Partikel Penyusun Benda | Phet Colorado. Maha Besar Alloh SWT yang telah menciptakan alam ini lengkap dan sempurna dengan berbagai zat yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup. 

Atom dan Partikel Penyusunnya | Phet Colorado. Maha Besar Alloh SWT yang telah menciptakan alam ini lengkap dan sempurna dengan berbagai zat yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup.

Sang Maha pencipta juga telah menciptakan berbagai proses dan daur yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk menjalankan kehidupannya, misalnya Manusia dan hewan ketika bernafas mengeluarkan Karbondioksida (CO2) yang dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, hasil dari fotosintesis tumbuhan berupa oksigen (O2) dan bahan makanan (buah) bagi makhluk hidup lain, seperti hewan dan manusia. 

Daun yang sudah tua kemudian jatuh  ke tanah dan menjadi sampah akan mengalami proses pembusukan atau penguraian. 

Pada proses penguraian, zat-zat penyusun daun akan diubah menjadi zat-zat yang lebih sederhana dan dapat digunakan sebagai pupuk kompos. 

Zat-zat yang ada di alam ini tersusun atas partikel yang sangat kecil yang disebut atom. atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur tersebut. 

Dua atom atau lebih yang bergabung melalui proses kimia akan membentuk molekul. Molekul merupakan gabungan antara dua atau lebih atom-atom melalui ikatan kimia tertentu baik antara atom yang sama maupun berbeda. Ikatan antara dua atom dalam molekul disebut ikatan kimia 

Molekul terdiri dari :

  1. molekul unsur yaitu sekumpulan atom yang saling berikatan dari unsur yang sama contohnya ; O2(oksigen), H2 (hidrogen), N2 (nitrogen), O3 (ozon). Cl2 (clorida), I2 (iodida), P4 (phosfor), S8 (sulfur)
  2. molekul senyawa yaitu sekumpulan atom yang saling berikatan dari unsur yang berbeda contohnya CO2 (carbondioksida), H2O (air) C6H12O6 (glukosa). KH2PO4 (Kalium dihidrofosfat), NH3 (gas amoniak) 

Bagaimana atom-atom dapat membentuk ikatan kimia dalam suatu molekul? Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut kita fahami dulu tentang atom dan partikel-partikel penyusunnya.

Teori Perkembangan Atom

Penemu Teori
Atom
Model Penjelasan
John Dalton
Atom sebagai bola pejal dan
merupakan bagian terkecil yang
tidak dapat dibagi lagi. 
Setiap unsur terdiri atas atom-atom
yang identik satu sama lain
Atom-atom dari unsur berbeda adalah
berbeda. Atom-atom dapat bergabung
membentuk molekul

Joseph John
Thomson
Atom merupakan bola bermuatan
positif dan ditempat-tempat 
tertentu terdapat elektron-elektron
yang bermuatan negatif. seperti kismis
dalam roti
Ernest
Rutherford
Atom berbentuk bola yang di tengah
tengahnya tedapat inti atom yang 
merupakan pusat muatan positif dan
pusat massa, sedangkan elektron-elektron
bergerak berputar mengelilingi inti
atom.
Niels Bohr
Atom terdiri atas inti atom yang menjadi
pusat massa atom dan pusat muatan positif.
sedangkan elektron bergerak mengelilingi
inti atom pada lintasan tertentu (obit)
yang disebut kulit atom. selama
elektron bergerak mengelilingi
inti pada orbitnya, elektron tidak
memancarkan atau kehilangan energi
Modern
(mekanika 
Gelombang)
Atom tersusun atas partikel subatom 
yaitu Neutron (n), proton (p) dan elektron (e)
Neutron dan Proton membentuk inti 
yang padat. disebut Nukleus atau 
inti atom. Elektron bergeak disekeliling
inti dengan kecepatan hampir seperti
kecepatan cahaya dan membentuk
awan elektron yang disebut Orbital
Pada awan elektron tersebut posisi
elektron tidak dapat ditentukan.
Sumber : Dok. kemdikbud

Nomor atom dan masa Atom

Bagaimana atom-atom dapat membentuk ikatan kimia dalam suatu molekul? Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut kita fahami dulu tentang atom dan partikel-partikel penyusunnya.

Konfigurasi Elektron

Sebagaimana model atom Neils Bohr elektron - elektron bergerak dan mengelilingi inti atom menurut tingkat energi tertentu yang disebut sebagai kulit-kulit atom.
Sebagaimana model atom Neils Bohr elektron - elektron bergerak dan mengelilingi inti atom menurut tingkat energi tertentu yang disebut sebagai kulit-kulit atom.
Atom (proton dan Neutron dan elektron yang mengelilinginya)
Tingkat energi dalam atom berturut-turut dilambangkan sebagai berikut :
  • K untuk kulit atom pertama (n=1), 
  • L untuk kulit atom kedua (n=2), dan
  • M untuk kulit atom ke tiga (n=3), dan seterusnya.
    Sebagaimana model atom Neils Bohr elektron - elektron bergerak dan mengelilingi inti atom menurut tingkat energi tertentu yang disebut sebagai kulit-kulit atom.  Tingkat energi dalam atom berturut-turut dilambangkan sebagai berikut : K untuk kulit atom pertama (n=1),  L untuk kulit atom kedua (n=2), dan M untuk kulit atom ke tiga (n=3), dan seterusnya

    Masing-masing kulit atom ditempati oleh sejumlah elektron. Setiap kulit mempunyai jumlah maksimum elektron yang dapat menempatinya.  Kulit K, maksimum hanya dapat ditempati oleh 2 elektron. Apabila atom tersebut mempunyai elektron lebih dari 2 maka elektron berikutnya akan menempati kulit yang berikutnya. Posisi elektron pada kulit-kulit atom dimulai dari kulit terdalam atau yang mempunyai energi paling rendah.
Masing-masing kulit atom ditempati oleh sejumlah elektron. Setiap kulit mempunyai jumlah maksimum elektron yang dapat menempatinya. 

Contoh
Kulit K, maksimum hanya dapat ditempati oleh 2 elektron. Apabila atom tersebut mempunyai elektron lebih dari 2 maka elektron berikutnya akan menempati kulit yang berikutnya. Posisi elektron pada kulit-kulit atom dimulai dari kulit terdalam atau yang mempunyai energi paling rendah.

Elektron di kulit terluar mudah sekali lepas karena jauh dari inti atom sehingga memiliki daya tarik yang lemah akibatnya mudah lepas keluar dari kulit atom. sehingga terjadi proses ionisasi yaitu pembentukan Ion.

Ion adalah atom yang bermuatan listrik karena yang disebabkan oleh jumlah proton dan elektron pada suatu atom tidak sama.

Berikut simulasi Interaktif Phet colorado tentang ATOM Silahkan di coba untuk mengkonfigurasinya dan temukan nama unsurnya.




Setelah melakukan simulasi kita kembali ke bagaimana dua ion atau lebih saling berikatan membentuk molekul.

Di dalam tubuh kita terdapat banyak sekali ion, antara lain ion
kalium (K+), ion kalsium (Ca2+), ion magnesium (Mg2+), ion klorida (Cl-), ion karbonat (CO3 2–), dan ion hidrogen karbonat (HCO3–). 

Ketika kita berolahraga atau beraktivitas berat, ion-ion yang ada dalam tubuh akan dikeluarkan bersama keringat melalui proses ekskresi. 

Hal ini mengakibatkan ion-ion dalam tubuh menjadi berkurang sehingga tubuh kita terasa lelah. Ion-ion dalam tubuh yang keluar bersama keringat tadi dapat kita digantikan dengan asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi. 

Dengan mendapat asupan ion-ion dari makanan dan minuman, tubuh kita akan menjadi segar kembali. Agar atom-atom dapat berada dalam keadaan stabil, atom-atom juga dapat menggunakan sejumlah elektron secara bersama

Pembentukan ikatan kimia melalui penggunaan bersama elektron oleh dua atom disebut ikatan kovalen.

Contoh paling sederhana adalah atom hidrogen (H) yang
mempunyai satu elektron. Hidrogen di alam bukan sebagai atom H, tetapi merupakan molekul H2
Molekul H2 mempunyai dua elektron yang digunakan bersama sehingga setiap atom H dalam molekul H2 akan mampunyai dua elektron.

Molekul H2 mempunyai dua elektron yang digunakan bersama sehingga setiap atom H dalam molekul H2 akan mampunyai dua elektron. 
Unsur oksigen (O) di alam terdapat sebagai gas O2, supaya lebih stabil atom O membutuhkan 2 elektron agar kulit terluarnya terisi menjadi 8 elektron. Sehingga atom O harus menggunakan bersama dua pasang elektron. lihat gambar diatas.

Unsur oksigen (O) di alam terdapat sebagai gas O2, supaya lebih stabil atom O membutuhkan 2 elektron agar kulit terluarnya terisi menjadi 8 elektron. Sehingga atom O harus menggunakan bersama dua pasang elektron. lihat gambar diatas. 
Molekul air (H2O) merupakan gabungan dari 2 ion H dan 1 ion O.  Ion H kekurangan 1 elektron dan ion O kekurangn 2 elektron agar terjadi kestabilan antara ion H dan O maka mereka berikatan dengan jumlah  2 ion H dan 1 ion O sehingga menjadi molekul air (H2O), lihat gambar diatas.
Molekul air (H2O) merupakan gabungan dari 2 ion H dan 1 ion O.  Ion H kekurangan 1 elektron dan ion O kekurangn 2 elektron agar terjadi kestabilan antara ion H dan O maka mereka berikatan dengan jumlah  2 ion H dan 1 ion O sehingga menjadi molekul air (H2O), lihat gambar diatas.

Silahkan gunakan kembali simulasi Phet-Colorado dibawah ini untuk memahami hal diatas.

Selamat Mencoba
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Partikel Penyusun Benda | Phet-colorado"

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.