Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suhu dan Konversi Suhu

Suhu dan Konversi Suhu | Suhu adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda. Untuk mengukur besarnya suhu suatu benda digunakan Termometer. (thermo = panas meter = ukuran). 

Umunya kita kenal pengukuran suhu dengan menggunakan termometer skala Celcius (⁰C) , Reamur (⁰R) Fahrenheit (⁰F) dan Kelvin(K).

Suhu dan Konversi Suhu | Suhu adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda. Untuk mengukur besarnya suhu suatu benda digunakan Termometer. (thermo = panas meter = ukuran).  Umunya kita kenal pengukuran suhu dengan menggunakan termometer skala Celcius (⁰C) , Reamur (⁰R) Fahrenheit (⁰F) dan Kelvin(K).

Suhu dan Konversi Suhu 

Jenis - Jenis Termometer

  • Termometer zat Cair : zat cair yang digunakan umumnya raksa dan alkohol jenis tertentu. alkohol untuk pengisi termometerdiberi warna biru atau merah. (silahkan cek kelebihan dan kelemahan raksa dan alkohol)
    Termometer zat Cair : zat cair yang digunakan umumnya raksa dan alkohol jenis tertentu. alkohol untuk pengisi termometerdiberi warna biru atau merah. (silahkan cek kelebihan dan kelemahan raksa dan alkohol) Termometer laboratorium Termometer suhu badan
      1. Termometer laboratorium
      2. Termometer suhu badan
  • Termometer Bimetal ; menggunakan dua logam yang jenisnya berbeda, jika suhu berubah bimetal akan melengkung, karena logam yang satu memuai lebih panang dibanding logam lainnya.
    Termometer Bimetal ; menggunakan dua logam yang jenisnya berbeda, jika suhu berubah bimetal akan melengkung, karena logam yang satu memuai lebih panang dibanding logam lainnya.

  • Termometer Kristal Cair ; yaitu termometer kristal cair yang warnanya dapat berubah jika suhu berubah,kristal ini dikemas dalam plastik tipis, biasanya digunakan untuk mengukur suhu tubuh, suhu akuarium dan lain sebagainya.
    Termometer Kristal Cair ; yaitu termometer kristal cair yang warnanya dapat berubah jika suhu berubah,kristal ini dikemas dalam plastik tipis, biasanya digunakan untuk mengukur suhu tubuh, suhu akuarium dan lain sebagainya.
Zat cair yang digunakan untuk mengisi pipa termometer adalah air raksa atau alkohol. 

Kelebihan dan kelemahan Raksa

No  Kelebihan Raksa Kelemahan raksa
1 warnanya mengkilap (perak) sehingga mudah dilihat harganya mahal dan sulit didapat 
2 tidak membasahi dinding kaca Beracun (berbahaya jika pecah)
3 penghantar panas yang baik tidak dapat mengukur suhu yang sangat rendah karena titik bekunya -39 ⁰C
4 kalor jenis raksa rendah sehingga dengan perubahan panas yang kecil cukup dapat mengubah suhunya pada suhu tinggi, pemuaiannya tidak teratur
5dapat mengukur suhu yang tinggi karena titik didihnya sampai 357 ⁰C

Kelebihan dan kelemahan Alkohol

No Kelebihan Alkohol Kekurangan Alkohol
1 Dapat mengukur suhu yang sangat rendah karena titik bekunya -114 ⁰C Tidak dapat mengukur suhu yang sagat tinggi karena titik didihnya 78⁰C
2Harganya murah Tidak berwarna sehingga harus diberi warna (umumnya biru dan merah)
3 Mudah didapat membasahi dinding (pipa)

Suhu dan Konversi Suhu 

Perbandingan Skala Termometer 

Suhu dan Konversi Suhu | Suhu adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda. Untuk mengukur besarnya suhu suatu benda digunakan Termometer. (thermo = panas meter = ukuran). Umunya kita kenal pengukuran suhu dengan menggunakan termometer skala Celcius (⁰C) , Reamur (⁰R) Fahrenheit (⁰F) dan Kelvin (K).

Konversi Suhu dari penurunan rumus perbandingan diatas :
Suhu dan Konversi Suhu | Suhu adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda. Untuk mengukur besarnya suhu suatu benda digunakan Termometer. (thermo = panas meter = ukuran). Umunya kita kenal pengukuran suhu dengan menggunakan termometer skala Celcius (⁰C) , Reamur (⁰R) Fahrenheit (⁰F) dan Kelvin (K).

Contoh Soal dan Pembahasan

1. Termometer X digunakan untuk mengukur Es yang sedang mencair dan air yang sedang mendidih,pada tekanan 1 Atm. Hasil pengukuran adalah 15 ⁰X dan 210 ⁰X . Jika termometer Celcius dimasukkan ke dalam air menunjukkan suhu 50 ⁰C, suhu air tersebut pada termometer X adalah ...

a. 50 ⁰X
b. 100 ⁰X
c. 110 ⁰X
d. 120 ⁰X

Pembahasan :
silahkan gunakan rumus perbandingan skala termometer diatas :
jawab : C

2. Toto sedang melakukan percobaan, kemudian ia mengukur suhu zat cair dengan menggunakan termometer Celcius, seperti pada gambar.

Berapakah suhu zat cair tersebut jika diukur ke dalam Fahrenheit , Reamur dan Kelvin ?
Jawab :
     ⁰F = 9/5 x 40⁰C+32
     ⁰F = 72+32
     ⁰F = 105 ⁰F

    ⁰R = 4/5.C
    ⁰R = 4/5 x 40⁰C
    ⁰R = 32⁰R  

     K = ⁰C + 273
     K = 40⁰ + 273
     K = 313 K

jadi  40 ⁰C = 104 ⁰F = 32 ⁰R = 313 K

Silahkan lanjutkan ke :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Suhu dan Konversi Suhu "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.