Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi

CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka | Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dalam bidang otomotif dari pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor, dari sepeda motor, kendaraan ringan, hingga alat berat.

CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka | Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dalam bidang otomotif dari pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor, dari sepeda motor, kendaraan ringan, hingga alat berat.

CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka

     A. Rasional Dasar-Dasar Teknik Otomotif

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka
    Dasar-Dasar Teknik Otomotif adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian teknik otomotif atau kendaraan bermotor mulai dari sepeda motor, kendaraan ringan hingga alat berat. 

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka
    Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran dasar kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam mempelajari mata pelajaran yang lain dalam program keahlian Teknik Otomotif, agar peserta didik memiliki dasar kompetensi yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran-mata pelajaran pada konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII.

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka
    Teknik Otomotif berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor, dan menjadi salah satu industri terbesar di dunia. Dalam perkembangannya teknik otomotif menjadi semakin canggih seiring dengan 
    perkembangan teknologi lainnya yang berkaitan dengan otomotif seperti teknik mesin, teknik otomasi, dan teknik elektronika, bahkan teknologi informasi dan komunikasi.

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dalam bidang otomotif dari pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor, dari sepeda motor, kendaraan ringan, hingga alat berat, dan pembelajarannya dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari. 

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka
    Proses pembelajaran diharapkan dapat dilaksanakan secara interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis
    peserta didik. 

    Pembelajaran dapat dilakukan dengan pendekatan contextual teaching learning, cooperative learning, maupun individual learning. Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project-based learning, problem-based learning, inquiry-based learning, discovery-based learning, teaching factory, atau model pembelajaran lainnya yang relevan.

    Ada beberapa konsentrasi yang dimungkinkan untuk dibentuk pada program keahlian Teknik Otomotif antara lain Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknik Alat Berat, Teknik Bodi Otomotif, Teknik Ototronik, Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif dan sejenisnya. 

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif juga berkontribusi dalam membentuk kompetensi (hard skills), softskills dan karakter peserta didik pada bidang pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor sehingga menjadi warga yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

    B. Tujuan Dasar-Dasar Teknik Otomotif

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
    1. memahami manajemen atau proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merk kendaraan;
    2. memahami perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global terkait dunia otomotif;
    3. memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), dan peluang usaha di bidang otomotif;
    4. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) di tempat kerja;
    5. menerapkan teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif;
    6. menggambar teknik dasar sesuai standar yang digunakan;
    7. menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja;
    8. memelihara komponen dengan alat sesuai Prosedur Operasional Standar (POS);
    9. membuat rangkaian elektronika dasar otomotif sesuai Prosedur Operasional Standar (POS);
    10. memahami dasar-dasar sistem hidrolik dan pneumatik.

    C. Karakteristik Dasar-Dasar Teknik Otomotif

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka
    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif berfokus pada kompetensi yang bersifat mendasar yang harus dimiliki oleh seorang teknisi otomotif atau kendaraan bermotor sesuai dengan perkembangan dunia kerja, melalui pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja, isu-isu global, profesi dan kewirausahaan (job profile dan technopreneurship), Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH), budaya kerja industri, teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor, gambar teknik, peralatan dan perlengkapan tempat kerja, pemeliharaan komponen otomotif, dasar elektronika otomotif, serta dasar sistem hidrolik dan pneumatic. 

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka
    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif terdiri atas elemen-elemen dan deskripsi yang bisa sobat cermati bersama capaian pembelajaran dibawah ini.

    D. Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka
    Pada akhir fase E (kelas X SMK/MAK) peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai program keahlian Otomotif, dalam rangka menumbuhkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas untuk merencanakan dan
    melaksanakan aktivitas belajar. 

    CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka  pada elemen- elemen mata pelajaran Dasar-dasar Otomotif dapat sobat cek pada uraian sebagai berikut:


    Atau Silahkan CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi Kurikulum Merdeka di link berikut ini :


    Untuk capaian pembelajaran, buku teks dan modul ajar  kompetensi lainnya seilahkan kunjungi :

    Sumber rujukan : Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 033/H/KR/2022 yang merevisi Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022 sebelumnya.
    Semoga Bermanfaat
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    1 komentar untuk "CP Dasar-Dasar Teknik Otomotif Revisi"

    1. terimakasih kanda guru.... jangan lupa jalan2 ke blog aku www.andreaswatman.blogspot.com

      BalasHapus

    Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.