Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan. Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dari eksplorasi migas, pemboran migas dan produksi migas sampai dengan pengolahan migas dan petrokimia.

Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan. Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dari eksplorasi migas, pemboran migas dan produksi migas sampai dengan pengolahan migas dan petrokimia.


Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan

    A. Rasional Dasar-Dasar Teknik Perminyakan

    Dasar-Dasar Teknik Perminyakan adalah mata pelajaran yang berisi materi yang mendasari penguasaan keahlian teknik perminyakan yang diperlukan dalam pengelolaan perminyakan secara kompeten.

    Pengelolaan sumber daya alam khususnya minyak dan gas bumi memerlukan sumber daya manusia yang kompeten. 

    Sumber daya manusia yang kompeten tersebut harus dipersiapkan dan dirancang
    secara sistematis melalui pendidikan dan latihan yang komprehensif, sehingga diperoleh sumber daya manusia yang kreatif, mandiri, dan mampu bekerja sama dalam team yang solid dan bertanggung jawab.

    Industri perminyakan merupakan industri yang padat modal, padat teknologi dan beresiko tinggi sehingga membutuhkan para pekerja yang berkompeten di bidang tersebut serta sangat memperhatikan penerapan prosedur Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3) untuk menghasilkan produk berupa minyak dan gas bumi yang dijadikan sebagai sumber energi utama dan juga produk-produk sekunder minyak bumi seperti bahan-bahan petrokimia, peralatan kantor dan perabot rumah tangga, karet sintetis dan lain sebagainya. 

    Para pekerja di industri perminyakan harus mempunyai pengetahuan yang
    baik tentang perminyakan dan K3.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan diharapkan dapat menumbuhkan motivasi yang kuat terhadap peserta didik untuk mengembangkan minatnya dan mengenal lingkungan kerja di bidang perminyakan. 

    Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk saat ini merupakan salah satu sumber energi utama yang pemakaiannya masih sangat dibutuhkan, akan tetapi minyak dan gas bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan keberadaannya kian sulit dijangkau sehingga memerlukan teknologi yang lebih maju, untuk itu tantangan di masa depan pada industri ini adalah mengembangkan energi yang lebih bersih yaitu dengan mengembangkan produksi gas. 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan berfungsi untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dari eksplorasi migas, pemboran migas dan produksi migas sampai dengan pengolahan migas dan
    petrokimia.

    Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain :
    • project-based learning, 
    • teaching factory, 
    • discovery learning, 
    • problem-based learning,
    • inquiry learning, atau 
    • model lainnya serta metode yang relevan.
    Selengkapnya tahapan dan proses model pembelajaran bisa sobat telaah pada 5 Sintaks Model Pembelajaran.

    Peserta didik diharapkan memahami hakikat kemajuan teknologi melalui mata pelajaran ini sehingga dapat menjadi warga negara Indonesia yang mandiri dalam berteknologi, kreatif, inovatif dan sekaligus menjadi warga dunia (global citizen) yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong dan peduli terhadap lingkungan.

    Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan

    B. Tujuan Dasar-Dasar Teknik Perminyakan

    Mata Pelajaran Dasar–dasar Teknik Perminyakan bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
    1. memahami proses bisnis di bidang teknik perminyakan;
    2. memahami perkembangan teknologi dan isu-isu global terkait industri perminyakan;
    3. memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship) serta peluang usaha di industri perminyakan;
    4. memahami tahapan kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi;
    5. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) di lingkungan kerjanya;
    6. memahami proses mobilisasi/demobilisasi, moving, rig-up/rig- down dan melakukan pasang dan cabut pipa pemboran;
    7. memahami proses pembuatan sumur produksi dan proses separasi fluida reservoir; dan
    8. melakukan pengukuran level dan perhitungan minyak dalam tangki timbun dari hasil olahan kilang.

    Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan

    C. Karakteristik Dasar-Dasar Teknik Perminyakan

    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Perminyakan berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh teknisi perminyakan, teknisi penyulingan minyak, dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

    Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, profile- entrepreneur, job-profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi. 

    Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Perminyakan meliputi elemen dan capaian pembelajaran yang bisa sobat GS cek di bagian bawah, tinggal di srolling dan unduh saja.

    D. Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan

    Pada akhir fase E (kelas X SMK/MAK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan renjana (passion) dan visi (vision) untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. 

    Selain itu pada akhir fase E pada aspek hard skills peserta didik mampu memahami elemen-elemen berikut ini.


    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-DasarTeknik Perminyakan yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat.
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Perminyakan"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.