Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Teknik Geospasial

Capaian Pembelajaran Teknik Geospasial | Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Geospasial membekali siswa penguasan kompetensi  aspek keruangan suatu objek atau kejadian yang mencakup lokasi, letak dan posisinya serta pengetahuan lanjutan tentang  Kartografi, Survei Terestris, Survei Kadastral, Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografis dan Hidrografi. 

Dasar-Dasar Teknik Geospasial adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian aspek keruangan suatu objek atau kejadian yang mencakup lokasi, letak dan posisinya.

Capaian Pembelajaran Teknik Geospasial

    A. Rasional Dasar-Dasar Teknik Geospasial

    Dasar-Dasar Teknik Geospasial adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian aspek keruangan suatu objek atau kejadian yang mencakup lokasi, letak dan posisinya. 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Geospasial berfungsi untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap yang akan mendasari penguasaan pengetahuan dan keterampilan pada mata pelajaran kejuruan lanjutan. 

    Mata pelajaran kejuruan lanjutan yang akan dipelajari pada kelas XI dan XII,
    meliputi: Kartografi, Survei Terestris, Survei Kadastral, Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografis dan Hidrografi.

    Pemilihan materi mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Geospasial mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) meliputi semua materi dasar kejuruan yang berkaitan dengan sikap kerja, pengetahuan tentang keruangan dan penentuan posisi serta keterampilan penggunaan alat sederhana. 

    Materi-materi tersebut adalah ruang lingkup geospasial, aturan dan kode etik surveyor dan pemahaman tentang industri-industri di bidang geospasial serta pengembangan minat dalam program keahlian Teknik Geospasial, prinsip-prinsip keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan kerja, dasar gambar teknik, jenis dan fungsi alat pengukuran pada teknik geospasial, penerapan alat-alat sederhana dalam pengukuran geospasial dasar, dasar-dasar perhitungan geospasial.

    Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project-based
    learning, teaching factory, discovery learning, problem-based learning, inquiry learning, atau model lainnya serta metode yang relevan.

    Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang teknik geospasial, meningkatkan lebih lanjut kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun
    langkah-langkah solusi mengatasi masalah. 

    Penguasaan kemampuan dasar-dasar teknik geospasial akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri,
    serta kreatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan.

    Capaian Pembelajaran Teknik Geospasial

    B. Tujuan Dasar-Dasar Teknik Geospasial

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Geospasial bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
    1. memahami proses bisnis di bidang teknik geospasial;
    2. memahami perkembangan teknologi dan isu-isu global bidang teknik geospasial;
    3. memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang teknik geospasial, termasuk kode etik surveyor;
    4. memahami teknik dasar geospasial secara menyeluruh;
    5. memahami jenis dan bagian-bagian peta;
    6. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH); dan
    7. menggambar teknik dasar untuk pekerjaan geospasial.

    Capaian Pembelajaran Teknik Geospasial

    C. Karakteristik Dasar-Dasar Teknik Geospasial

    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Geospasial berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh teknisi pemetaan, operator penginderaan jauh, operator kartografi, surveyor dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

    Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, 
    perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, profile- entrepreneur, job-profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Geospasial terdiri atas elemen- elemen dan deskripsinya bisa sobat cek di bagian capaian pembelajaran di bawah ini :

    D. Capaian Pembelajaran Teknik Geospasial

    Pada akhir fase E (kelas X SMK/MAK) peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan renjana (passion), visi (vision) untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. 

    Capaian Pembelajaran pada elemen-elemen mata pelajaran Dasar-Dasar
    Teknik Geospasial dapat diuraikan sebagai berikut;


    Demikian Capaian Pembelajaran Teknik Geospasial yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat.
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Teknik Geospasial"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.