Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Teknik Kimia Industri

Capaian Pembelajaran Teknik Kimia Industri | Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri adalah mata pelajaran yang memuat ilmu dasar teknik kimia, ilmu dasar kimia, dan beberapa ilmu dasar pendukung lain pada Program Keahlian Teknik Kimia Industri yang berperan dalam membekali peserta didik  dengan penguasaan keilmuan Dasar Teknik Kimia Industri.

Teknik kimia adalah cabang ilmu teknologi atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi atau barang setengah jadi.   Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti industri.   Teknik kimia industri merupakan kombinasi dari beberapa disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu teknik kimia, ilmu kimia, dan beberapa ilmu pendukung lain yang menjadi prinsip pemrosesan bahan di suatu industri.

Capaian Pembelajaran Teknik Kimia Industri

    A. Rasional Dasar-Dasar Teknik Kimia 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri adalah mata pelajaran yang memuat kompetensi-kompetensi yang menjadi dasar penguasaan Program Keahlian Teknik Kimia Industri. 

    Teknik kimia adalah cabang ilmu teknologi atau rekayasa yang mempelajari
    pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat
    berupa barang jadi atau barang setengah jadi. 

    Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti industri. 

    Teknik kimia industri merupakan kombinasi dari beberapa disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu teknik kimia, ilmu kimia, dan beberapa ilmu pendukung lain yang menjadi prinsip pemrosesan bahan di suatu industri.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri adalah mata pelajaran yang memuat ilmu dasar teknik kimia, ilmu dasar kimia, dan beberapa ilmu dasar pendukung lain pada Program Keahlian Teknik Kimia Industri yang berperan dalam membekali peserta didik dengan penguasaan keilmuan Dasar Teknik Kimia Industri. 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri diberikan sebagai
    prasyarat sebelum peserta didik mempelajari mata pelajaran kejuruan
    yang lebih lanjut.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri dapat disampaikan dengan beberapa metode antara lain pembelajaran di kelas, pembelajaran di laboratorium, pembelajaran dengan projek sederhana, interaksi dengan alumnus atau praktisi industri, berkunjung pada industri yang relevan, maupun pembelajaran mandiri melalui literatur-literatur yang relevan. 

    Pelaksanaan pembelajaran menggunakan berbagai cara dan pendekatan serta model pembelajaran seperti :
    • metode ceramah, 
    • tanya jawab, 
    • diskusi,
    • observasi, 
    • peragaan/demonstrasi, 
    • model pembelajaran berbasis projek (project-based learning), 
    • discovery learning, pembelajaran
    • berbasis masalah (problem-based learning), 
    • inquiry learning, dan 
    • modelpembelajaran lain yang sesuai dengan karakteristik materi.
    lebih dalam tentang langkah-langkah model pembelajaran diatas silahkan telaah lebih lanjut di 5 Sintaks Model Pembelajaran.

    Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri dapat dilaksanakan secara sistem blok atau disesuaikan dengan karakteristik elemen yang dipelajari. 

    Penguasaan peserta didik terhadap mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri sangat penting karena mata pelajaran ini menjadi dasar bagi semua mata pelajaran kejuruan pada Program Keahlian Teknik Kimia Industri. 

    Pada awal pembelajaran disampaikan pada peserta didik bahwa perkembangan teknologi kimia industri yang begitu pesat memegang peranan yang begitu penting di semua bidang industri. 

    Peserta didik dikenalkan dengan industri dan dunia kerja yang berkaitan dengan Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri dan isu-isu penting dalam bidang manufaktur dan rekayasa seperti optimasi otomasi dan pengendalian limbah. Peserta didik dikenalkan dengan jenis-jenis industri dan dunia kerja sebagai peluang untuk bekerja setelah lulus. 

    Untuk menumbuhkan passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas dapat dilaksanakan melalui, kegiatan pembelajaran berbasis projek sederhana, interaksi dengan alumni, guru tamu dari industri/praktisi bidang kimia industri untuk menumbuhkan minat dan motivasi siswa, kunjungan industri untuk mengenalkan dunia kerja yang sesungguhnya, dan pencarian informasi melalui media digital. 

    Tahap internalisasi wawasan serta soft skills ini membutuhkan porsi dominan (sekitar 75%) dari waktu yang tersedia pada kelas X, sebelum mempelajari aspek hard skills yang lebih spesifik.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri berkontribusi dalam membentuk peserta didik menjadi insan yang tidak hanya ahli pada bidang Teknik Kimia Industri, namun juga bernalar kritis, mandiri, kreatif, dan adaptif. Peserta didik juga diharapkan dapat menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong
    royong dan peduli terhadap lingkungan.

    Capaian Pembelajaran Teknik Kimia Industri

    B. Tujuan Dasar-Dasar Teknik Kimia 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) yang meliputi:
    1. memahami proses bisnis secara menyeluruh bidang kimia industri;
    2. memahami perkembangan teknologi di dunia kerja dan isu-isu global terkait dunia kimia industri;
    3. memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang kimia industri;
    4. memahami teknik dasar proses produksi pada bidang kimia industri;
    5. memahami penerapan teknik kimia;
    6. memahami penerapan dasar kimia;
    7. memahami penerapan dasar mikrobiologi;
    8. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) di lingkungan kerjanya; dan
    9. memahami teknik dasar pekerjaan laboratorium;

    Capaian Pembelajaran Teknik Kimia Industri

    C. Karakteristik Dasar-Dasar Teknik Kimia 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri memuat materi dasar yang dibutuhkan pada program keahlian Teknik Kimia Industri.

    Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, 
    perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, entrepreneur profile, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi. 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri terdiri atas elemen- elemen dan capaian pembelajarannya di bawah ini : 

    D. Capaian Pembelajaran Teknik Kimia Industri

    Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian sehingga mampu menumbuhkan vision dan passion untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

    Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian sehingga mampu menumbuhkan vision dan passion untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. :

    Berikut ini Elemen, Deskipsi dan Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri ;

     

    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Kimia Industri yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat.
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Teknik Kimia Industri"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.