Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Desain dan Produksi Kriya Revisi 2022

Capaian Pembelajaran Desain dan Produksi Kriya Revisi 2022 Kurikulum Merdeka | Mata pelajaran Dasar-Dasar Desain dan Produksi Kriya membekali  peserta didik menguasai kompetensi sebagai seniman, dan/atau pekerja seni dalam bidang desain dan produksi kriya.

Mata pelajaran Dasar-Dasar Desain dan Produksi Kriya merupakan mata pelajaran kejuruan berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian pekerjaan desain dan produksi kriya. Di dalamnya berisi berbagai ilmu dasar sebagai bekal mempelajari mata pelajaran lain.

Capaian Pembelajaran Desain dan Produksi Kriya Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    A. Rasional Desain dan Produksi Kriya

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Desain dan Produksi Kriya merupakan mata pelajaran kejuruan berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian pekerjaan desain dan produksi kriya. Di dalamnya berisi berbagai ilmu dasar sebagai bekal mempelajari mata pelajaran lain. 

    Keberadaannya berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan passion (renjana) supaya memiliki dasar yang kuat untuk mempelajari mata pelajaran selanjutnya di kelas XI dan XII.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Desain dan Produksi Kriya berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan peserta didik terhadap desain dan produksi kriya melalui pemahaman secara utuh dan menyeluruh tentang profesi dan industri seni kriya yang sedang berkembang, serta peran industri kreatif kriya dalam meningkatkan ekonomi bangsa.

    Kemudian memahami prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan lingkungan hidup (K3LH), memahami korelasi antara desain (prototipe), produksi, dan pasar, serta dapat mendesain baik secara manual maupun digital. 

    Selain itu, sebagai landasan pengetahuan dan ketrampilan untuk pembelajaran di kelas XI dan XII pada konsentrasi keahlian yang bersangkutan. Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dilakukan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. 

    Pembelajarannya menggunakan berbagai variasi model pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat, renjana, serta perkembangan fisik dan psikilogis peserta didik. 

    Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain: 
    Sobat GS akanlebih jauh mengetahui langkah-langkah dan tahapan 5 model pembelajaran diatas pada artikel sintaks 5 model pembelajaran.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Desain dan Produksi Kriya berkontribusi menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai seniman, dan/atau pekerja seni dalam bidang desain dan produksi kriya yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegoisasi dan berinteraksi antar budaya, mampu bekerja dalam tim, bertanggungjawab, memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap situasi dan lingkungan kerja, serta kritis dan kreatif.

    Capaian Pembelajaran Desain dan Produksi Kriya Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    B. Tujuan Desain dan Produksi Kriya

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Desain dan Produksi Kriya bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hardskill, softskill, dan karakter) meliputi:
    1. memahami proses bisnis di industri kreatif bidang desain dan produksi kriya;
    2. memahami perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu global terkait dunia industri di bidang desain dan produksi kriya;
    3. memahami teknik dasar proses produksi pada industri Desain dan Produksi Kriya;
    4. memahami profil teknopreneur, peluang usaha dan dunia pekerjaan/profesi dalam bidang desain dan produksi kriya;
    5. memahami wawasan Seni, Desain, dan Kriya;
    6. memahami Teknik Menggambar Desain dan Produksi Kriya;
    7. memahami dasar-dasar Desain dan Produksi Kriya; dan
    8. memahami portofolio Desain dan Produksi Kriya.

    Capaian Pembelajaran Desain dan Produksi Kriya Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    C. Karakteristik Desain dan Produksi Kriya

    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Desain dan Produksi Kriya berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh seniman, dan/atau pekerja seni dalam bidang desain dan produksi kriya sesuai dengan perkembangan dunia kerja. 

    Selain itu, peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, profil enterpreneur, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    D. Capaian Pembelajaran Desain dan Produksi Kriya Revisi 2022 Kurikulum Merdeka

    Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian desain dan produksi kriya yang dipilihnya, sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

    Pada aspek soft skill peserta didik akan mampu menerapkan budaya kerja sesuai tuntutan pekerjaan, memahami konsep diri yang positif sesuai standar K3 dan 5R dalam desain dan produksi kriya, mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan memecahkan masalah dan mencari solusi, konsisten menerapkan budaya kerja dalam berkesenian. 

    Pada aspek hard skill peserta didik mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain dan Produk Kriya

     

    Atau silahkan di unduh saja Capaian Pembelajaran Desain dan Produksi Kriya Revisi 2022 Kurikulum Merdeka  di link berikut :


    Untuk Buku Teks dan CP Kompetensi lainnya bisa anda kunjungi :
    Sumber rujukan : Capaian Pembelajaran Desain dan Produksi Kriya Revisi 2022 Kurikulum Merdeka  ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 033/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat 
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Desain dan Produksi Kriya Revisi 2022"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.