Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Fisika SMA Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Fisika SMA Kurikulum Merdeka. Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang menelaah sifat-sifat materi dalam ruang dan waktu beserta konsep-konsep gaya dan energi terkait. 

Modul Ajar Fisika SMA Kurikulum Merdeka


Fisika mengkaji feomena alam mulai dari skala atomik hingga jagat raya dengan menggunakan nalar ilmiah secara objektif dan kuantitatif yang terwujud dalam proses pengamatan, pengukuran, perancangan model hubungan antar variabel yang terlibat yang mencerminkan keteraturan alam, serta penarikan kesimpulan yang terwujud dalam suatu teori yang valid dan dapat diaplikasikan.   Fisika mendasari perkembangan khasanah bidang ilmu pengetahuan alam lainnya serta perkembangan teknologi modern yang memudahkan kehidupan manusia diawali dari perkembangan mekanik dan permesinan, otomotiff, komputer dan otomasi, serta teknologi informasi dan komunikasi.  Sebagai ilmu yang mempelajari fenomena alam, fisika juga memberikan pelajaran yang baik kepada manusia untuk hidup selaras berdasarkan hukum alam serta mengelola sumber daya alam dan lingkungan dengan bijak.

Fisika mengkaji feomena alam mulai dari skala atomik hingga jagat raya dengan menggunakan nalar ilmiah secara objektif dan kuantitatif yang terwujud dalam proses pengamatan, pengukuran, perancangan model hubungan antar variabel yang terlibat yang mencerminkan keteraturan alam, serta penarikan kesimpulan yang terwujud dalam suatu teori yang valid dan dapat diaplikasikan. 

Fisika mendasari perkembangan khasanah bidang ilmu pengetahuan alam lainnya serta perkembangan teknologi modern yang memudahkan kehidupan manusia diawali dari perkembangan mekanik dan permesinan, otomotiff, komputer dan otomasi, serta teknologi informasi dan komunikasi.

Sebagai ilmu yang mempelajari fenomena alam, fisika juga memberikan pelajaran yang baik kepada manusia untuk hidup selaras berdasarkan hukum alam serta mengelola sumber daya alam dan lingkungan dengan bijak. 

Modul Ajar Fisika SMA Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Fisika SMA Kurikulum Merdeka ini menghantarkan peserta didik untuk memiliki pemahaman yang baik tentang fisika mendukung upaya mitigasi dan pengurangan dampak bencana alam secara optimal.

Modul ajar Fisika SMA ini dalam pada proses pembelajarannya peserta didik dilatih untuk melakukan penelitian sederhana mengenai fenomena alam. 

Peserta didik belajar menemukan permasalahan, membuat hipotesis, merancang percobaan sederhana, melakukan percobaan, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil percobaan baik secara tertulis maupun lisan. 

Dari proses pembelajaran fisika melalui modul ajar fisika SMA kurikulummerdeka ini peserta didik dillatih untuk memiliki penalaran ilmiah yang tajam, kemampuan berfikir kritis serta keterampilan memecahkan masalah yang semuanya sejalan dengan upaya pengembangan profil pelajar Pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

melalui modul ajar Fisika SMA ini pendidik dapat mendorong peserta didik pada tingkat pemahaman fisika yang kuat menjadi jembatan keberhasilan peserta didik dalam menempuh studi lanjut di perguruan tinggi baik pada ilmu-ilmu dasar/sains maupun ilmu-ilmu keteknikan/rekayasa dan teknologi.

Modul Ajar Fisika SMA Kurikulum Merdeka

Berikut ini contoh Modul Ajar Fisika SMA yang disusun oleh  :

  • Lia laela sarah dari SMA lab School UPI Bandung
  • Iman Nurzaman dari SMAN 19 Garut
  • Niken Reminingpuri Krisdianti,S.Pd dari SMA Santa Maria 1 Bandung

semoga bisa dijadikan contoh dan  rujukan sobat pendidik dalam membuat modul ajar yang sesuai dengan potensi lingkungan , konteks dan karakteristik peserta didik yang dihadapi.

Buku Guru dan Buku Siswa

No Buku Teks Download
1 Buku Guru Fisika  Just wait
2 Buku Siswa Fisika Just wait

Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran FISIKA SMA

No  CP & ATP Download
1 Capaian Pembelajaran Fisika  Download
2 Alur Tujuan Pembelajaran Fisika  Download

Modul Ajar Fisika SMA Kurikulum Merdeka

No  Topik /Modul Penyusun Download
1 Energi Alternatif  (X) Lia Laela Sarah  Download
2 Pengukuran (X) Niken Reminingpuri Krisdianti,S.Pd Download
3 Apa yang membuatmu sulit Berhenti ? Momentum dan Impuls (XI) Iman Nurzaman Download
4 Listrik Statis Lia Laela Sarah Download

Silahkan dilanjut ke Modul Ajar SMA lainnya semua mapel di : Modul ajar kurikulum Merdeka SMA kelas X-XI-XII Terlengkap semua mapel 

Demikian sobat gurusumedang, modul Ajar Fisika SMA Kurikulum Merdeka yang dapat dijadikan contoh dan rujukan dalam menyusun modul ajar Fisika sesuai konteks dan karakteristik peserta didik yang dihadapi. semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

Terkait dengan modul ajar Fisika SMA Kurikulum Merdeka

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Modul Ajar Fisika SMA Kurikulum Merdeka"

  1. terimaksih telah menyediakan modul ajar yg menjadikan acuan saya untuk melakukan kegiatan pbm di kelas, semoga bisa bermanfaat pada siswa dan kepada siswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. happy sharring, suport terus kami untuk bisa berkembang

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.