Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar PKN SD Fase A-B-C Kurikulum Merdeka

Modul Ajar PKN  SD Fase A-B-C Kurikulum Merdeka Rasional. Pancasila merupakan nilai luhur dan filsafat hidup bangsa Indonesia yang kemudian ditetapkan sebagai dasar dan ideologi negara. 

Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah-mufakat, dan keadilan adalah nilai-nilai yang harus ditumbuhkembangkan dan diinternalisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Nilai-nilai itu kemudian ditetapkan sebagai norma dasar atau grundnorm Indonesia dan diberi nama Pancasila, hingga menjadi landasan yuridis bagi pengembangan seluruh aturan negara Republik Indonesia.


Modul Ajar PKN  SD Fase A-B-C Kurikulum Merdeka Rasional. Pancasila merupakan nilai luhur dan filsafat hidup bangsa Indonesia yang kemudian ditetapkan sebagai dasar dan ideologi negara.   Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah-mufakat, dan keadilan adalah nilai-nilai yang harus ditumbuhkembangkan dan diinternalisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.   Nilai-nilai itu kemudian ditetapkan sebagai norma dasar atau grundnorm Indonesia dan diberi nama Pancasila, hingga menjadi landasan yuridis bagi pengembangan seluruh aturan negara Republik Indonesia.

Modul Ajar PKN SD Fase A-B-C Kurikulum Merdeka

Modul Ajar PKN  SD Fase A-B-C ini didesain untuk bisa menghadirkan pembelajaran dimana nilai-nilai Pancasila mewujud dalam setiap sikap dan perbuatan pelajar  Indonesia. 

yang nantinya Keterwujudan dalam sikap dan perbuatan tersebut akan dapat mengantarkan seluruh bangsa pada kehidupan yang adil makmur sebagaimana cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Setiap warga negara dalam konteks berbangsa dan bernegara perlu diarahkan menjadi warga negara yang baik dan terdidik (smart and good citizen), sehingga modul ajar PPKn SD Fase A-B-C ini menjadi perangkat ajar guru dalam menghantarkan peserta didik memiliki kepribadian Indonesia, memiliki rasa kebangsaan Indonesia, dan mencintai tanah air. 

sehingga modul ajar PKN  SD Fase A-B-C ini bisa mendorong peserta didik untuk turut aktif dan menjadi bentengi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia dari berbagai ancaman dan hambatan yang akan merusak ketahanan bangsa dalam kerangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pendidikan merupakan kunci untuk menumbuhkembangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasar Pancasila sesuai tujuan pendidikan nasional.

Modul Ajar PKN SD Fase A-B-C Kurikulum Merdeka

Modul ajar PKN  SD- Fase A_B-C  didesain dengan bertujuan merangsang tumbuh kembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sehingga Tujuan tersebut dalam modul ajar PKN  SD Fase A-B-C ini, diterjemahkan secara lebih operasional dalam ruang lingkup lembaga pendidikan menjadi Profil Pelajar Pancasila, dengan mengontekstualisasi tantangan abad ke-21 dan visi Indonesia 2045. 

Profil Pelajar Pancasila dirumuskan dalam satu pernyataan yang komprehensif, yaitu: “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” 

Modul ajar PKN  disusun oleh guru dengan menghadirkan proses pembelajaran PPKn yang integratif, menyenangkan, dan efektif. Abad ke-21 menuntut kecakapan dengan penguatan pendidikan karakter, literasi, dan pembelajaran berbasis keterampilan/kecakapan abad ke-21 

dengan  karakteristik pembelajarannya mengarah pada High Order Thinking Skill (HOTS), 4C (Creativity and Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Collaboration, Communication). Tujuannya agar peserta didik antusias untuk memupuk nilai-nilai luhur Pancasila yang ada di dalam dirinya sendiri.

Modul Ajar PKN  SD Fase A-B-C ini menerapkan dan merangsang peserta didik untuk berfikir kritis, analitis, reflektif dan keterampilan “high order thinking ” melalui interaksi yang kontekstual dan kolaboratif. 

Dengan demikian,PKN  akan mampu menghasilkan warga negara yang mampu berfikir global (think globally) dengan cara-cara bertindak lokal (act locally) berdasarkan Pancasila sebagai jati diri dan identitas bangsa.

Modul Ajar PKN SD Fase A-B-C Kurikulum Merdeka

Berikut ini Modul ajar PKN  SD Fase A-B-C yang dapat di jadikan contoh modul ajar PPKn oleh sobat gurusumedang untuk di modifikasi sesuai konteks dan karakteristik peserta didik dan satuan pendidikannya masing-masing

Buku Guru dan Siswa

No Buku Teks Download
1 Buku Guru PKN Download
2 Buku Siswa PKN Download

Capaian Pembelajarn & Alur Tujuan Pembelajaran

 NoCP dan ATP Download
1 Capaian Pembelajaran PPKn SD Download
2 Alur Tujuan Pembelajaran PPKn SD Download

Modul Ajar PKN SD Fase A-B-C Kurikulum Merdeka

Modul PPKn SD kelas 1

 No Topik / Modul Penyusun Download
1 Pancasila, simbol dan contoh pengalamannya Uken Kurniawati Download
2 Identitas Diri (Nama, Jenis Kelamin, Kegemaran
dan Minat)
Zaitun Rochana Download
2 Aturan di rumah, kegiatan sesuai aturan di rumah,
dan sikap patuh terhadap aturan di rumah.
Uken Kurniawati Download

Modul PPKn SD kelas 2

 No Topik / Modul Penyusun Download
1 Keberagaman disekolah,arti bersatu
dalam keberagaman disekolah
Lasria Simanullang,S.Pd Download
2 Hubungan simbol dengan Pancasila Lasria Simanullang,S.Pd Download
3 Keberagaman karakteristik individu disekolah  Meira Sartika,S.P.,M.Pd Download

Modul PPKn SD kelas 3

 No Topik / Modul Penyusun Download
1 Contoh, manfaat dan sikap-sikap kebersamaan
dalam kerja kelompok sesuai nilai Pancasila
Budi Prihartini,M.Pd Download
2 Contoh, manfaat, akibat dan sikat-sikap yang
menunjukkan mematuhi aturan dirumah dan sekolah 
Budi Prihartini,M.Pd Download
3 Lambang Negera Garuda Pancasila,makna lambang
negara, Bhineka tunggal Ika
Praptini Dasawati,M.Pd Download
4 Pancasila makna dan contoh pengamalannya Nurhasanah Download

Modul PPKn SD kelas 4

 No Topik / Modul Penyusun Download
1 Pancasila,makna dan bentuk pengamalannya dalam 
kehidupan sehari-hari
Yusuf Rubiherlan Download
2 Aturan Hidup sehari-hari Yusuf Rubiherlan Download
1 Keanekaragaman suku dan budaya Indonesia Nurhasanah Download
2 Permainan Tradisional anak Indonesia Ayu Sini Nurani D,S.Pd Download

Modul PPKn SD kelas 5

 No Topik / Modul Penyusun Download
1 Mengemukakan Pendapat Siti Halimah Yuniarsih Download
2 Bergotong Royong Siti Halimah Yuniarsih Download
3 Norma, aturan , Hak dan Kewajiban Nur Rahmah Download
4 Keragaman Sosial Budaya Indonesia Nur Rahmah Download

Modul PPKn SD kelas 6

 No Topik / Modul Penyusun Download
1 Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan sehari-hari Tri Purwanto Download
2 Pancasila nilai-nilai dan Pengamalannya Yusuf Rubiherlan Download
2 Musyawarah dan menghargai Pendapat orang lain Yusuf Rubiherlan Download

Demikian sobat gurusumedang, modul Ajar PKN  SD Fase A-B-C Kurikulum Merdeka yang dapat dijadikan contoh dan rujukan dalam menyusun modul ajar PKN  SD sesuai konteks dan karakteristik peserta didik yang dihadapi. semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar PKN SD Fase A-B-C Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.