Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi TK

Contoh Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi TK-SD-SM-SMA-SMK, sobat GS pada kesempatan kali ini saya kembali menyadur skenario pembelajaran berdiferensiasi mulai dari TK-SD-SMP-SMA dan SMK yang bersumber dari modul 2.1 guru Penggerak, yaitu pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid.

Agar memahami bagaimana proses pembelajaran berjalan, kita langsung berangkat ke contoh situasi pembelajaran berdiferensiasi tingkat TK dibawah ini, kemdian kita analisa melalui 3 pertanyaan. 

Contoh Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi TK-SD-SM-SMA-SMK, sobat GS pada kesempatan kali ini saya kembali menyadur skenario pembelajaran berdiferensiasi mulai dari TK-SD-SMP-SMA dan SMK yang bersumber dari modul 2.1 guru Penggerak, yaitu pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid.  Agar memahami bagaimana proses pembelajaran berjalan, kita langsung berangkat ke contoh situasi pembelajaran berdiferensiasi tingkat TK dibawah ini, kemdian kita analisa melalui 3 pertanyaan.

Contoh Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi TK

Bu Ceria adalah guru  TK A.  Walaupun dalam masa pandemi, ia tetap ingin memastikan murid-muridnya terfasilitasi dengan baik 6 aspek perkembangannya. Salah satunya adalah aspek perkembangan kognitif. 

Hari ini Bu Ceria ingin murid-muridnya memperdalam pemahaman mereka tentang konsep korespondensi 1-1.  Kemarin, sebenarnya ia telah memperkenalkan materi ini juga. 

Namun, saat  ia melakukan tanya jawab singkat, ia masih melihat 4 orang murid sepertinya belum memiliki pemahaman yang baik tentang hal ini. 

Oleh karena itu, hari ini Bu Ceria telah mengatur pembelajarannya sebagai berikut: 

  1. Ia akan mengadakan pertemuan daring melalui Zoom dengan semua murid-muridnya selama 30 menit di pagi hari. Di dalam pertemuan ini, ia akan secara sekilas mereview kembali konsep korespondensi 1-1 ini melalui contoh. Mengapa sekilas? karena Bu Ceria sebenarnya telah melihat sebagian besar murid-muridnya telah memahami konsep tersebut.  
  2. Di akhir pertemuan daring, Bu Ceria menjelaskan apa yang harus dikerjakan oleh murid-muridnya di rumah secara asinkron. Karena ia ingin murid-murid dapat menerapkan konsep yang telah dipelajari sebelumnya, maka Instruksi yang ia berikan tersebut adalah: - Meminta murid-muridnya untuk mencari benda sebanyak yang ia instruksikan dan kemudian menggambarnya. Misalnya:  
    • a. 5 sendok di rumah 
    • b. 7 lembar daun kering di luar rumah 
    • c. 8 batu kerikil di sekitar rumah 
    • d. 10 buah tutup botol di dapur 
    • e. dsb.  
  3. Untuk memudahkan murid-muridnya, Bu Ceria menyajikan instruksinya dalam dua moda.  
    1. secara tertulis yang kemudian ia kirim melalui pesan Whatsapp kepada orang tua murid. 
    2. dengan audio, yang ia kirim juga melalui pesan suara di Whatsapp. 
  4. Saat murid bekerja, Bu Ceria meminta murid (dengan bantuan orang tua) untuk memfoto pekerjaan mereka dan mengirimkan kepadanya melalui Whatsapp, untuk kemudian ia nilai. 
  5. Karena tugas yang diberikan bu Ceria bersifat asinkron, maka bu Ceria memberikan kesempatan bagi murid untuk bekerja di waktu mereka sendiri, sehingga jika ada orang tua yang karena suatu hal belum dapat membantu, mereka dapat membantu  anak-anaknya di waktu yang lebih sesuai dengan mereka. Namun demikian, bu Ceria tetap memberikan batas waktu pengerjaan untuk murid. 
  6. Untuk membantu 4 muridnya yang masih membutuhkan bantuan lebih, Bu Ceria telah mengatur dan membuat janji dengan orang tua dari keempat murid tersebut untuk bertemu secara daring dan memberikan penjelasan ulang. Bu Ceria menghabiskan beberapa menit untuk memeriksa pemahaman konseptual tentang korespondensi 1-1 dengan 4 anak tersebut. Saat bu Ceria merasa  murid-murid tersebut telah mulai memahami konsepnya, dia kemudian memberikan kesempatan untuk murid mencoba mengerjakan tugas yang diberikan. 
  7. Bu Ceria juga merekam penjelasannya dalam sebuah video singkat, yang ia kirimkan kepada orangtua keempat murid tersebut agar dapat dilihat kembali oleh murid-muridnya jika mereka masih bingung. 

Analisa Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi situasi-1 TK

1. Kebutuhan Belajar Murid yang dipenuhi Bu Ceria dan cara Bu Ceria menentukan kebutuhan belajar muridnya.

Bu Ceria  berusaha memenuhi kebutuhan muridnya dengan mereview kembali konsep korespondensi 1-1 ini melalui contoh dengan meminta murid-muridnya (Asinkronus) untuk mencari benda sebanyak yang ia instruksikan dan kemudian menggambarnya. Misalnya:  
    • 5 sendok di rumah 
    • 7 lembar daun kering di luar rumah 
    • 8 batu kerikil di sekitar rumah 
    • 10 buah tutup botol di dapur 
    • dsb.  
Intruksi yang diberikan dengan berbagai moda diantaranya dengan tulisan dan suara (audio) melalui WA. kemudian memberikan waktu diluar jadwal dengan 4 anak yang masih kurang sertaa memberikan video penjelasan singkat

Cara Bu Ceria menentukan kebutuhan belajar muridnya?
  1. Bu Ceria  memberikan waktu sendiri pada murid dan sehingga orang tua dapat menentukan waktunya dalam  menemani anak-anaknya  menyelesaikan tugasnya, 
  2. Minat Murid, Bu ceria meminta murid untuk untuk mencari benda sebanyak yang ia instruksikan dan kemudian menggambarnya. Misalnya:  
      • 5 sendok di rumah 
      • 7 lembar daun kering di luar rumah 
      • 8 batu kerikil di sekitar rumah 
      • 10 buah tutup botol di dapur 
      • dsb.  
  3. Gaya belajar murid dengan penjelasan langsung  (daring), video singkat,Tulisan, Foto, Audio

2. Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan Bu Ceria

Bu Ceria  menetapkan skenario tugas yang berbeda diantara muridnya sesuai tingkat pemahaman murid-muridnya, dengan memberikan layanan waktu lebih diluar jam bersama dengan 4 anak yang masih mengalami kendala. dengan moda dan media yang beragam seperti penjelasan secara daring, video singkat, Wa (audio dan tulisan), foto

A. Berdiferensiasi konten :

  • Siswa memilih benda  yang berbeda (misalnya, sendok di rumah ,daun kering, batu kerikil, tutup botol dsb
  • Materi disampaikan dengan penjelasan baik secara daring maupun menggunakan video singkat agar bisa dipelajari dilain waktu sesuai dengan kesiapan murid an orang tua yang mendampinginya. 

B. Berdiferensiasi Proses :

  • Penjelasan secara langsung (daring) juga memalui Video singkat, 
  • memberikan waktu khusus untuk 4 murid yang kurang, 
  • bu Ceria memberikan kesempatan bagi murid untuk bekerja di waktu mereka sendiri, sehingga jika ada orang tua yang karena suatu hal belum dapat membantu, mereka dapat membantu  anak-anaknya di waktu yang lebih sesuai dengan mereka. dengan tetap memberikan batas waktu pengerjaan untuk murid. 
  • Bu Ceria menyajikan instruksinya dalam dua moda.  
    1. secara tertulis yang kemudian ia kirim melalui pesan Whatsapp kepada orang tua murid. 
    2. dengan audio, yang ia kirim juga melalui pesan suara di Whatsapp.
  • Penjelasan langsung secara daring juga melalui video singkat.

C. Berdiferensiasi Produk :

  • Produk gambar yang berbeda

3. Bu Ceria  melaksanakan Penilaian :
  • assessment as learning secara sekilas mereview kembali konsep korespondensi 1-1 ini melalui contoh. Mengapa sekilas? karena Bu Ceria sebenarnya telah melihat sebagian besar murid-muridnya telah memahami konsep tersebut.  
  • penilaian proses (Asesmen for learning)  Saat murid bekerja, Bu Ceria meminta murid (dengan bantuan orang tua) untuk memfoto pekerjaan mereka dan mengirimkan kepadanya melalui Whatsapp, untuk kemudian ia nilai. 
  • assessment of learning dengan penilaian Formatif yang menilai produk yang dihasilkan murid sesuai dengan skenario tugas murid yang sesuai dengan kemampuan murid membuat gambar 

Berikut ini tulisan tentang pembelajaran diferensiasi lainnya  yang layak anda baca untuk memperkaya pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi:

Demikian contoh skenario pembelajaran berdiferensiasi TK yang bersumber dari modul 2.1. guru penggerak kemdikbudristek, Analisa diatas bisa saja berbeda dengan sobat sekalian, minimal bisa jadi bahan diskusi tentang pembelajaran berdiferensiasi di TK, semoga bermanfaat

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Contoh Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi TK"

  1. Dengan adanya guru yg mendidik secara berdifernsiasi.akan membawa anak anak untuk mengadapi masa depan yang gemilang.

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.