Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Modul 2.1 tentang Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid | Pendidikan adalah upaya sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sehingga peserta didik bisa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya serta masyarakat. 

Dengan demikian, semua daya upaya dan usaha yang kita lakukan dalam konteks pendidikan, bukan hanya harus kita rencanakan dengan cermat, namun juga harus sebesar-besarnya ditujukan untuk mengembangkan potensi anak.

Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Modul 2.1 tentang Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid | Pendidikan adalah upaya sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sehingga peserta didik bisa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya serta masyarakat.
Dok : Proses Pembelajaran di SMPN 3 Sumedang

Standar Kompetensi lulusan telah mendeskripsikan kriteria mengenai kualifikasi
kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. 

Dan itu semua bisa tercapai apabila kita sebagai guru  dapat menyediakan pengalaman belajar yang memastikan bahwa semua murid kita, dengan segala keragamannya dapat kita penuhi kebutuhan belajarnya, sehingga mereka dapat menunjukkan dan mengoptimalkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan.

Pemerintah sendiri telah menetapkan standar isi yang dipercaya dapat membantu
murid mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan. Standar isi ini menjadi dasar
untuk pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 

Dan ada banyak cara dan format untuk menyampaikan isi tersebut kepada murid-murid. Pembelajaran berdiferensiasi akan memungkinkan guru mewujudkan hal ini. Di sisi lain, sebagai konsekuensi logis dari keragaman kebutuhan murid yang berbeda, maka kita harus mempertimbangkan bagaimana proses pembelajaran harus secara hati-hati didesain agar dapat berhasil bukan hanya untuk siswa tertentu namun untuk semua murid. 

Standar Proses sendiri sebenarnya telah secara jelas mendeskripsikan kriteria pelaksanaan pembelajaran seperti apa yangharus dipertimbangkan oleh guru dan sekolah beserta prinsip-prinsipnya. 

Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid berdiferensiasi yang berfokus pada kebutuhan murid, sangat sejalan dengan prinsip- prinsip tersebut. 

Dengan memperhatikan konten, proses, produk, guru dapat menyesuaikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran agar kesemua tahapan proses tersebut dapat memenuhi kebutuhan belajar murid-murid kita
dan membantu kesuksesan pembelajaran mereka.

Sementara itu, proses pembelajaran berdiferensiasi juga mensyaratkan adanya praktek-praktek penilaian yang baik. Pemerintah telah menetapkan Standar Penilaian Pendidikan, tujuan dari standar itu adalah menciptakan proses penilaian yang mengarah pada tercapainya standar kompetensi lulusan. 

Proses penilaian dilakukan dan digunakan bukan hanya untuk menilai hasil akhir dari proses pembelajaran, namun yang paling penting adalah bagi perbaikan proses pembelajaran sehingga semua murid dapat mencapai kemajuan dalam proses belajarnya. 

Proses pengumpulan dan pengolahan informasi tentang hasil belajar murid dengan demikian tentunya harus dilaksanakan secara terus menerus. Dalam praktek pembelajaran berdiferensiasi, praktek penilaian yang terus menerus ini menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh guru, karena strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru akan sangat bergantung pada informasi yang didapat oleh guru melalui proses penilaian ini.

Modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid ini disusun oleh :
  • Oscarina Dewi Kusuma, S.Pd., M.Pd.
  • Siti Luthfah, M. Pd
Hak cipta berada di tangan penulis dan Dirjen GTK Kemdikbudristek 2022.

Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Capaian yang Diharapkan

Kompetensi Lulusan yang dituju Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai berikut:
  1. Guru Penggerak memahami pentingnya mengetahui kebutuhan belajar dan lingkungan yang memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensinya secara aman dan nyaman.
  2. Guru Penggerak memfasilitasi guru lain dalam merancang alur dan tujuan pembelajaran yang berorientasi pada masa depan.
  3. Guru Penggerak memfasilitasi guru lain dalam mengevaluasi pembelajaran berdasarkan data dan tingkat pencapaian murid.

Guru Penggerak memahami pentingnya mengetahui kebutuhan belajar dan lingkungan yang memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensinya secara aman dan nyaman. Guru Penggerak memfasilitasi guru lain dalam merancang alur dan tujuan pembelajaran yang berorientasi pada masa depan. Guru Penggerak memfasilitasi guru lain dalam mengevaluasi pembelajaran berdasarkan data dan tingkat pencapaian murid.
Plan (kegiatan Lesson Study Kab Sumedang)
bersama Presiden ALSI Sumar Hendayana,P.hD

  • Capaian Umum Modul 2.1 Guru Penggerak

        Secara umum, capaian modul ini adalah peserta mampu:
    1. mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar murid yang berbeda;
    2. menjadi teladan dalam melakukan praktik-praktik reflektif dalam pembelajaran bagi komunitas pendidik di lingkungan sekitarnya.

  • Capaian Khusus Modul 2.1 Guru Penggerak

        Peserta diharapkan dapat menjadi Guru Penggerak yang mampu:
    1. menunjukkan pemahaman tentang konsep pembelajaran untuk semua murid;
    2. mendemonstrasikan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan alasan mengapa pembelajaran berdiferensiasi diperlukan;
    3. menjelaskan pentingnya mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan belajar murid;
    4. menganalisis penerapan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk;
    5. mengimplementasikan Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran di sekolah atau kelas mereka sendiri;
    6. menunjukkan sikap kreatif, percaya diri, mau mencoba, dan berani mengambil risiko dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Selengkapnya modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid dapat sobat GS unduh di link berikut ini :




Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.