Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Geografi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Geografi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka. Geografi adalah cara pandang terhadap dinamika lingkungan  fisik dan lingkungan masyarakat yang dilihat dari aspek keruangan.  

Geografi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Terkait apa yang anda cari adalah Geografi SMA belajar tentang apa?,Geografi materi apa? Apa itu geografi kls 10?, Apakah jurusan IPA ada pelajaran geografi?, materi geografi kelas 11 geografi pelajaran ipa atau ips, contoh pelajaran geografi, materi geografi kelas 12, materi geografi sma kurikulum 2013, ringkasan materi geografi sma pdf, pelajaran geografi kelas 10
materi geografi kelas 10 pdf

Geografi memiliki seperangkat perspektif yang baik untuk dipelajari oleh peserta didik, antara lain:   cara geografi memandang dunia melalui lensa tempat, ruang, dan skala,  cara geografi memandang perilaku mencari hubungan antar gejala: dinamika lingkungan-sosial yang menghubungkan tindakan manusia dengan lingkungan fisik, dinamika lingkungan yang menghubungkan sistem fisik, dan dinamika manusia-masyarakat yang menghubungkan sistem ekonomi, sosial, dan politik, dan  cara geografi menggunakan keruangan sebagai perwakilan dari pendekatan visual, verbal, matematika, digital, dan kognitif.

Geografi memiliki seperangkat perspektif yang baik untuk dipelajari oleh peserta didik, antara lain: 

  1. cara geografi memandang dunia melalui lensa tempat, ruang, dan skala, 
  2. cara geografi memandang perilaku mencari hubungan antar gejala: dinamika lingkungan-sosial yang menghubungkan tindakan manusia dengan lingkungan fisik, dinamika lingkungan yang menghubungkan sistem fisik, dan dinamika manusia-masyarakat yang menghubungkan sistem ekonomi, sosial, dan politik, dan 
  3. cara geografi menggunakan keruangan sebagai perwakilan dari pendekatan visual, verbal, matematika, digital, dan kognitif.

Perspektif geografi yang unik ini menjadikan pelajaran Geografi berorientasi pada penguatan keilmuan wawasan kewilayahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Penguatan ketiga perspektif ini akan memengaruhi pembentukan karakter peserta didik dalam merencanakan, berpikir, dan bertindak secara terukur dalam memahami anugerah Tuhan yang telah memberikan banyak kelebihan dan ragam perbedaan wilayah pada negeri kita.

Capaian Pembelajaran Geografi Pada Fase F Kelas 11

Istilah capaian pembelajaran kerapkali digunakan bergantian dengan kompetensi, meskipun memiliki pengertian yang berbeda dari segi ruang lingkup pendekatannya. 

Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. 

Maka dalam ranah Geografi, capaian pembelajaran dimaknai sebagai kemampuan minimal peserta didik dalam menginternalisasikan pengetahuan mereka, sikap, keterampilan, kompetensi serta pengalaman mereka dalam proses pembelajaran Geografi. 

Lebih lengkap Capaian pembelajaran pada fase F yang ditujukan untuk peserta didik di SMA kelas XI. dapat anda simak pada : Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka 2022

Langkah Kegiatan Pembelajaran Geografi Kelas 11

Terdapat beberapa langah pembelajaran, mulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Secara garis besar, terdapat lima materi pembelajaran. Materi tersebut antara lain: 

  1. letak astronomis, geografis, dan geologis Indonesia, 
  2. pengaruh letak astronomis, geografis, dan geologis Indonesia, 
  3. klasifikasi dan potensi sumber daya alam Indonesia, 
  4. sebaran sumber daya alam Indonesia, dan 
  5. pengelolaan dan permasalahan sumber daya alam berkelanjutan.

Materi Ajar /Bab Geografi SMA Kelas 11

Bab 1 : Posisi Strategis Indonesia dan Potensi Sumber Daya Alam
    1. Letak Indonesia secara Astronomis
    2. Letak Indonesia secara Geografis
    3. letak Indonesia secara Geologis
Bab 2 : Keragaman Hayati
    1. Pengertian dan Klasifikasi Sumber Daya Alam
    2. Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia
Bab 3 : Lingkungan dan Kependudukan
    1. Lingkungan sebagai habitat hidup berkelanjutan
    2. Penduduk sebagai sumber daya manusia
Bab 4 : Mitigasi dan Adaftasi Kebencanaan
    1. Pengertian, jenis dan sebaran Bencana
    2. Pengertian dan langkah mitigasi bencana

Download Buku Guru dan Buku siswa Geografi SMA Kelas 11

Sobat GS bisa mendownload buku guru dan buku siswa Geografi SMA kelas 11 Kurikulum Merdeka pada tabel berikut, dan anda tinggal klik download, langsung anda unduh tanpa berbelit-belit.
 No  Buku Geografi SMA Kelas 11  Download 
1 BG Geografi SMA kelas 11 Download
2 BS Geografi SMA kelas 11 Download


Demikian Buku Geografi SMA Kelas 11 dengan penulis Budi Handoyo dan diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Komplek Kemdikbudristek Jalan RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan 2021.
Semoga Bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Geografi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.