Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Antropologi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Buku Antropologi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka. Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan kemajemukannya baik dari aspek suku, agama, ras maupun golongan, keragaman budaya Iinilah yang menjadi identitas masyarakat Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain.

Antropologi tidak dapat Pisahkan dari dari konteks perkembangan dan sejarah  kehidupan masyarakatnya. Dalam konteks inilah antropologi sebagai salah satu disiplin pengetahuan dalam ilmu sosial humaniora, dapat menjadi instrumen dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila sehingga peserta didik dapat mengembangkan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam masyarakat multi kultur. 

Buku Antropologi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka. Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan kemajemukannya baik dari aspek suku, agama, ras maupun golongan, keragaman budaya Iinilah yang menjadi identitas masyarakat Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain.  Antropologi tidak dapat Pisahkan dari dari konteks perkembangan dan sejarah  kehidupan masyarakatnya. Dalam konteks inilah antropologi sebagai salah satu disiplin pengetahuan dalam ilmu sosial humaniora, dapat menjadi instrumen dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila sehingga peserta didik dapat mengembangkan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam masyarakat multi kultur.

Tujuan pembelajaran Antropologi SMA Kelas 11

Antropologi SMA kelas 11 bertujuan untuk memastikan peserta didik: 

  1. Meningkatkan kemampuan mengidentifikasi, menelusuri dan mengungkapkan secara kritis berbagai aspek cakupan atau ruang lingkup (object matter) bidang antropologi fisik, arkeologi, etnologi bahasa, dan antropologi sosial budaya yang mewujud pada bentuk kebudayaan bendawi ataupun non-bendawi; 
  2. Mendorong pemahaman mendalam para peserta didik atas makna di balik setiap ruang lingkup (object matter) bidang antropologi, sehingga dapat menggugah nalar kritis saat melihat dan mengalami proses produksi dan praktik kebudayaan pada konteks ruang dan waktunya; 
  3. Memantik refleksi para peserta didik atas nilai-nilai utama (virtue ethic) yang terkandung pada kebudayaan, baik bendawi maupun non bendawi dalam praktik kehidupannya, sehingga rekonstruksi pemikiran dan transformasi sosial dapat dilakukan dengan baik;
  4. Meningkatkan pengetahuan secara mandiri dan kreatif atas berbagai kebudayaan, sehingga memiliki kesadaran pelestarian dan pemajuan kebudayaannya. 
  5. Menumbuhkembangkan empati peserta didik terhadap keragaman dan kekayaan kebudayaan, baik dalam arti entitas dan pelaku kebudayaan lokalnya ataupun kebudayaan lain, sehingga mampu beradaptasi dan menciptakan suasana harmoni dan berkeadaban publik (civic virtue). 
  6. Mengembangkan kemampuan beradaptasi dalam menerima kebudayaan lain, khususnya terkait kebhinekaan global, sehingga proses transformasi sosial dapat berkembang; 
  7. Menanamkan nilai-nilai utama dalam menciptakan bangsa yang beradab, menguatkan kegotongroyongan, dan responsif terhadap kebhinekaan global.

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Antropologi SMA 

Pada akhir Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA),  peserta didik dapat memahami dan meningkatkan keterampilan inquiry dalam ruang lingkup antropologi, sehingga mampu menumbuhkan pemikiran kritis dan kesadaran kebhinekaan lokal saat mencermati beragam fenomena  di sekitarnya. 

Pemahaman dan refleksi ini akan menghasilkan praktik keadaban publik (civic virtue) dan semangat kegotongroyongan tanpa membedakan kelompok dan entitas sosial primordialnya. Internalisasi nilai dapat dilakukan bersamaan saat kegiatan pembelajaran secara langsung di lapangan (masyarakat terdekat). 

Selengkapnya capaian pembelajaran silahkan kunjungi : Capaian pembelajaran 2022 Kurikulum Merdeka

Download Buku Antropologi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka


Dari tabel dibawah ini silahkan klik Download untuk mengunduh buku Antropologi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka:

 No  Buku Antropologi SMA Kelas 11  Download 
1Buku Guru (BG) Antropologi SMA Kelas 11 Download
2 Buku Siswa (BS) Antropologi SMA Kelas 11  Download


Demikian Buku Antropologi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka yang disusun oleh Antonius Rahardityo Adiputra dan diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Komplek Kemdikbudristek Jalan RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan tahun 2021.
Semoga Bermanfaat

Terkait dengan Buku Antropologi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka :
  • Apa itu mata pelajaran antropologi?
  • Mengapa etnografi sangat dibutuhkan dalam kajian ilmu antropologi?
  • Bagaimana sejarah terbentuknya etnografi?
  • Apa itu etnografi sosial?
  • materi antropologi kelas 11 semester 1
  • buku paket antropologi kelas 11 kurikulum 2013
  • buku antropologi kelas 11 kurikulum 2013 pdf
  • materi antropologi kelas 11 jurusan bahasa
  • materi antropologi kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
  • buku antropologi kelas 11 pdf
  • materi antropologi kelas 11 bab 2
  • materi antropologi kelas 11 semester 1 kurikulum 20

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Buku Antropologi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.