Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wacana Eksposisi Dalam Karangan Ilmiah

Contoh Wacana Eksposisi Dalam Karangan Ilmiah| Wacana eksposisi atau sering disebut juga wacana ekpos (bahasan) membahas sesuatu dan peristiwa sehingga pembaca menjadi lebih tahu.

Wacana eksposisi adalah wacana yang menyajikan suatu peristiwa atau suatu obyek dengan cara menjelaskan, menerangkan , memberitahukan agar pembaca /orang lain mengetahuinya. 

Wacana eksposisi adalah wacana yang menyajikan suatu peristiwa atau suatu obyek dengan cara menjelaskan, menerangkan , memberitahukan agar pembaca /orang lain mengetahuinya.


Wacana ini digunakan untuk menjawab 5W + H ( what, who, when, where, why dan how) atau apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana) sesuatu itu terjadi.

Disajikanlah fakta-fakta sebagai informasi yang harus diketahui para pembaca.

Salah satu skill dalam membuat karangan ilmiah adalah kemampuan dalam membuat wacana, berikut ini untuk mempermudah pemahaman sobat GS saya sodorkan contoh wacana Eksposisi:

Contoh Wacana Eksposisi

Terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 tentu menjadi sorotan tersendiri. Pasalnya, Piala Dunia merupakan ajang sepakbola bergengsi, yang akan diikuti oleh Tim Nasional (Timnas) dari penjuru negara dunia.

Pada 2010, Qatar resmi dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Mereka berhasil mendapat suara terbanyak dalam pemungutan suara dari 22 anggota eksekutif Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

Qatar mengalahkan empat pesaing lainnya. Keempat negara itu adalah Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, dan Australia.

Satu alasan terbesar Qatar bisa jadi tuan rumah adalah karena Qatar dianggap memenuhi kriteria Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) untuk menyelenggarakan pesta sepakbola dunia empat tahunan ini. Sekadar diketahui, Qatar merupakan negara yang sangat kaya.

Total PDB Qatar diketahui mencapai USD146,4 miliar (2020). Pemerintah Qatar juga membuktikan keseriusannya dengan melakukan renovasi pada 8 stadion yang mereka miliki untuk menyambut putaran final Piala Dunia 2022. 

----------------------- 😀 ------------------

Sumber wacana eksposisi:

  • Bola okezone.com dalam judul : Alasan Terbesar Mengapa Qatar Terpilih Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Apa Saja?)

Dari wacana eksposisi diatas kita bisa menemukan informasi yang disajikan dengan menjelaskan pertanyaan apa, siapa, kapan dimana, mengapa dan bagaimana.

Apa yang diberitakan, yaitu Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, kapan dan dimana, Qatar terpilih pada tahun 2010 untuk piala dunia 2022, siapa yang memutuskan yaitu 22 anggota FIFA, bagaiman bisa menjadi tuan rumah ? karena pemilihan 22 negara anggota FIFA, mengapa karena mengalahkan 4 pesaingnya dan layak menjadi tuan rumah

Dari contoh wacana Eksposisi tersebut, jelas sekali wacana eksposisi bertujuan menjelaskan, menerangkan, memberitahukan sesuatu atau peristiwa agar orang lain mengetahuinya, 

Demikian penjelasan dan contoh wacana Eksposisi dalam Karangan Ilmiah Semoga bermanfaat, menjadi skill tambahan untuk para guru dan siapa saja dalam membuat karangan ilmiah. Semoga bermanfaat

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Wacana Eksposisi Dalam Karangan Ilmiah"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.