Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lingkup Materi CP Fase Fondasi PAUD, dan Penjelasan Lengkapnya

Lingkup Materi CP Fase Fondasi PAUD, dan Penjelasan Lengkapnya | Dokumen ini merupakan dokumen pendukung bagi dokumen Capaian Pembelajaran Fase Fondasi yang saat ini sudah termuat di dalam Sistem Informasi Kurikulum Nasional (SIKN). Fungsi dari dokumen ini adalah untuk menguatkan pemahaman para pendidika PAUD mengenai lingkup materi yang tertuang di dalam Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. 

Lingkup Materi CP Fase Fondasi PAUD, dan Penjelasan Lengkapnya

Lingkup Materi CP Fase Fondasi PAUD, dan Penjelasan Lengkapnya | Dokumen ini merupakan dokumen pendukung bagi dokumen Capaian Pembelajaran Fase Fondasi yang saat ini sudah termuat di dalam Sistem Informasi Kurikulum Nasional (SIKN). Fungsi dari dokumen ini adalah untuk menguatkan pemahaman para pendidika PAUD mengenai lingkup materi yang tertuang di dalam Capaian Pembelajaran Fase Fondasi.


Lingkup materi yang dimaksud merujuk pada kompetensi dan konsep pengetahuan yang terdapat dalam Capaian Pembelajaran Fase Fondasi, yang diperuntukkan untuk pendidikan anak usia dini.

Pemahaman mengenai lingkup dalam Capaian Pembelajaran Fase Fondasi secara
lebih mendalam akan membantu satuan pendidikan dan para pendidik di tingkat PAUD dalam : 
  1. Dalam mengembangkan tujuan pembelajaran yang merujuk pada Capaian Pembelajaran
  2. Dalam menyusun sendiri contoh-contoh perilaku atau kemampuan lainnya yang teramati pada peserta didik sebagai bentuk dari indikator atau kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
  3. Dalam menentukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak.
  4. Dalam penyusunan narasi kemajuan Capaian Pembelajaran peserta didik di dalam laporan hasil belajar.

Lingkup Materi CP Fase Fondasi PAUD, dan Penjelasan Lengkapnya

Selain ke 4 diatas juga sobat GS akan dipaparkan  contoh penahapan dalam penguasaan kompetensi serta konsep pengetahuan tersebut. Penahapan disusun berdasarkan pada alur logis dalam merunutkan suatu kompetensi dan konsep pengetahuan. 

Dimulai dari yang sederhana hingga kompleks, atau konkret menjadi lebih abstrak. Informasi ini diperlukan mengingat penjabaran subelemen di dalam Capaian Pembelajaran
Fase Fondasi adalah untuk peserta didik usia 5-6 tahun. 

Istilah subelemen dimaknai sebagai ekstraksi tiap kalimat dari narasi elemen Capaian Pembelajaran. Artinya, kompetensi dan konsep yang tertuang di dalam subelemen perlu disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak pada umumnya, serta laju perkembangan
anak yang beragam, agar dapat diterapkan untuk kelompok usia di bawah 5-6 tahun. 

Kompetensi dan konsep pengetahuan ini juga perlu dibangun secara bertahap mulai dari kelompok usia awal, ataupun apabila dibutuhkan, terus dibangun di kelas awal pada jenjang pendidikan dasar.

Pemahaman mengenai tahapan dalam penguasaan kompetensi dan konsep tersebut, juga merupakan bagian dari pengetahuan profesional yang perlu dimiliki oleh setiap pendidik dalam memfasilitasi pembelajaran untuk anak usia dini di dalam kerangka kompetensi guru PAUD. 

Lingkup Materi CP Fase Fondasi PAUD, dan Penjelasan Lengkapnya

Pemahaman pendidik mengenai penahapan kompetensi dan konsep pengetahuan yang ada dalam dokumen ini, merupakan cerminan dari kompetensi pendidik di dalam dimensi pengetahuan profesional yang tertuang di dalam Model Kompetensi Guru (Perdirjen no 6565 tahun 2020), khususnya pada kompetensi :
  1. Kompetensi 1: Menganalisis Struktur dan Alur Pengetahuan untuk Pembelajaran dengan Indikator, yaitu pendidik mampu mengidentifikasi prasyarat yang perlu dimiliki sebelum dapat menguasai konsep yang lebih kompleks; dan
  2. Kompetensi 2: Menjabarkan Tahapan Penguasaan Kompetensi Murid dengan Indikator, yaitu pendidik mampu menjabarkan tahapan dalam penguasaan kompetensi.
Contoh penahapan yang disertakan di dalam dokumen dapat menjadi rujukan
pendidik saat:
  1. Menyusun perencanaan di tingkat satuan, dimana proses ini meliputi penyusunan alur tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak pada umumnya, serta kelogisan dalam menetapkan kemampuan yang perlu dimiliki anak sebelum ia diperkenalkan pada hal yang lebih kompleks;
  2. Melakukan asesmen awal, agar pendidik mengetahui posisi kompetensi peserta didik, untuk selanjutnya mengembangkan strategi pengajaran di kelas berdasarkan hasil asesmen awal.

Lingkup Materi CP Fase Fondasi PAUD, dan Penjelasan Lengkapnya

Pada dokumen Linkup capaian pembelajaran fase fondasi ini juga dijelaskan untuk memehami elemen dalam capaian pembelajaran fase fondasi, diantaranya :
  1. Elemen CP Nilai agama dan budi pekerti :  “Anak percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, mulai mengenal dan mempraktikkan ajaran pokok sesuai dengan agama dan kepercayaannya. Anak berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, kesehatan, dan keselamatan diri sebagai bentuk rasa sayang terhadap dirinya dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Anak menghargai sesama manusia dengan berbagai perbedaannya dan mempraktikkan perilaku baik dan berakhlak mulia. Anak menghargai alam dengan cara merawatnya dan menunjukkan rasa sayang terhadap makhluk hidup yang merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.”
  2. Elemen CP jati Diri :  “Anak mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi diri serta membangun hubungan sosial secara sehat. Anak mengenal dan memiliki perilaku positif terhadap diri dan lingkungan (keluarga, sekolah, masyarakat, negara, dan dunia) serta rasa bangga sebagai anak Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Anak menyesuaikan diri dengan lingkungan, aturan, dan norma yang berlaku. Anak menggunakan fungsi gerak (motorik kasar, halus, dan taktil) untuk mengeksplorasi dan memanipulasi berbagai objek dan lingkungan sekitar sebagai bentuk pengembangan diri.”
  3. Elemen dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa dan seni  :  “Anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan. Anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. Anak mengenali dan menggunakan konsep pramatematika untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari- hari. Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen dengan menggunakan lingkungan sekitar dan media sebagai sumber belajar, untuk mendapatkan gagasan mengenai fenomena alam dan sosial. Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merekayasa teknologi serta untuk mencari informasi, gagasan, dan keterampilan secara aman dan bertanggung jawab. Anak mengeksplorasi berbagai proses seni, mengekspresikannya serta mengapresiasi karya seni.”

Lingkup Materi CP Fase Fondasi PAUD, dan Penjelasan Lengkapnya

Paparan mengenai lingkup mateti CP Fase Fondasi PAUD, dan penjelasan lengkapnya silahkan anda scrolling dibawah ini :


atau silahkan anda unduh pada download bar : lingkup mateti CP Fase Fondasi PAUD, dan penjelasan lengkapnya :

Sedangkan Capaian Pembelajaran /CP PAUD Revisi 2022 bisa anda lanjutkan ke : Capaian Pembelajaran (CP) PAUD Fase Fondasi.

Demikian penjelasan lingkup mateti CP Fase Fondasi PAUD, dan penjelasan lengkapny mengenai elemen dan sub elemen serta contoh perilaku dan kemampuan yang teramati tiap elemen dan sub elemennya.
Semoga bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Lingkup Materi CP Fase Fondasi PAUD, dan Penjelasan Lengkapnya"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.