Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permainan Sepakbola Modul Ajar PJOK SMA Kelas XI

Modul Ajar  Permainan Sepakbola PJOK SMA Kelas XI, dengan target peserta didik mampu menganalisis dan mempraktikkan keterampilan gerak pada permainan sepakbola.

Modul Ajar dihadapan sobat GS ini adalah Modul ajar permainan Sepakbola PJOK SMA Kelas XI, yang disusun oleh  Agus Azhari Guru PJOK SMAN 1 Pringgabaya. yang GS sadur dari Aplikasi Merdeka mengajar Kemdikbudristek.



Permainan Sepakbola Modul Ajar PJOK SMA Kelas XI

Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase E, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl  fittness  related  health)  dan  kebugaran  jasmani  terkait  keterampilan (physical fittness related skills), menunjukkan perilaku dalam memimpin kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, selain itu juga dapat mengevaluasi sikap dan kebiasaan sebagai individu yang sehat dan aktif

Alur Tujuan Pembelajaran

Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan. Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun 

Tujuan Pembelajaran :

  • Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa 
  • memiliki disiplin dan rasa ingin tahu yang tinggi dalam menganalisis keterampilan gerak sepak bola serta menyusun rencana perbaikan 
  • mampu menganalisis kesalahan dalam menendang,menggiring,mengontr ol bola dan melakukan perbaikan saat praktik melakukannya 

Permainan Sepakbola Modul Ajar PJOK SMA Kelas XI

Sepakbola

Permainan Sepak Bola Pernahkah kalian bermain sepak bola? Permainan Sepak bola dimainkan di lapangan oleh dua regu atau dua kesebelasan yang saling berhadapan. 

Tujuan permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyakbanyaknya dan mempertahankan daerah sendiri dari serangan lawan dengan aturan tertentu. 

Karakteristik permainan adalah memainkan bola dengan menggunakan kaki ataupun dengan seluruh anggota tubuh kecuali lengan/tangan, khusus penjaga gawang boleh menggunakan lengan/tangan di daerah gawangnya. 

Manfaat bermain sepak bola diantaranya dapat menjaga kebugaran tubuh apabila dilakukan secara teratur, menjalin kerjasama bermain sepak bola, menumbuhkan kejujuran, dan menambah pengetahuan serta keterampilan. 

Keterampilan gerak dalam permainan sepak bola adalah: menendang/passing/shooting, mengontrol/ controlling, menggiring/dribbling, dan menyundul/heading bola. 

Materi Modul 

  1. Menggunakan Berbagai Formasi, Bentuk, dan Strategi dalam Permainan Sepak Bola.
    • Formasi penyerangan
    • Bentuk Strategi bermain
      1. Strategi Menyerang
      2. Strategi Bertahan
  2. Menerapkan Dasar-Dasar Strategi dan Taktik Penyerangan ataupun pertahanan dalam sepakbola
    • Strategi dasar penyerangan
    • Strategi Dasar kombinasi serangan dan bertahan
    • Strategi dasra pertahanan
    • Pembagian daerah posisi jaga
    • menghadang dan merebut bola

Permainan Sepakbola Modul Ajar PJOK SMA Kelas XI

Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Permbelajaran ( ATP) serta Buku Siswa dan Guru PJOK SMA 
 No   CP -ATP-Buku Teks  Download File
1 Capaian Pembelajaran (CP) PJOK Download
2Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PJOK Download
3 Buku Guru PJOK SMA Kelas XI  Download
4 Buku Siswa PJOK SMA Kelas XI *) Download

*) buku siswa PJOK SMA Kurikulum Merdeka tidak di cetak, kemdikbudristek memberi kesempatan  siswa untuk mencari sumber yang relevan atau bisa menggunakan buku K-13, sebagaimana saya sertakan pada link diatas. 

Selengkapnya Permainan Sepakbola Modul Ajar PJOK SMA Kelas XI plus Bahan Ajar Permainan Sepakbola dapat anda unduh dan scrolling dibawah ini :

Demikian contoh Permainan Sepakbola Modul Ajar PJOK SMA Kelas XI yang disusun oleh Agus Azhari yang dapat dijadikan contoh untuk ditiru, dianalisis dan dimodifikasi sesuai dengan situasi dan keadaan peserta didik serta satuan pendidikan masing-masing, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

3 komentar untuk "Permainan Sepakbola Modul Ajar PJOK SMA Kelas XI"

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.