Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Ekonomi SMA Kelas X

Modul Ajar Ekonomi SMA Kelas X | modul ajar adalah salah satu perangkat ajar yang dikembangkan oleh gurusebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Dalam pengembanganannya, sobat guru memiliki kemerdekaan dalam :

  • Memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah ada yang disediakan kemdikbudristek untuk menyesuaikan dengan situasai satuan pendidikan dan tentunya karakteristik murid, atau
  • yang paling keren dengan menyusun sendiri modul ajar yang sesuai dengan karakteristik dan entry behavior peserta didik
Modul Ajar Ekonomi SMA Kelas X | modul ajar adalah salah satu perangkat ajar yang dikembangkan oleh gurusebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran.  Dalam pengembanganannya, sobat guru memiliki kemerdekaan dalam :  Memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah ada yang disediakan kemdikbudristek untuk menyesuaikan dengan situasai satuan pendidikan dan tentunya karakteristik murid, atau yang paling keren dengan menyusun sendiri modul ajar yang sesuai dengan karakteristik dan entry behavior peserta didik

Dibawah ini adalah beberapa contoh modul ajar ekonomi SMA kelas X fase E yang disusun oleh teman-teman guru disekolahnya masing-masing yang telah di kurasi oleh kemdikbudristek.

Capaian Umum Ekonomi SMA kelas X

Setelah mempelajari Ekonomi SMA Kelas X di akhir fase E,peserta didik di Kelas X mampu :

  • merefleksikan kembali konsep kelangkaan dalam kehidupan sehari-hari. 
  • membedakan dengan jelas antara kebutuhan (needs) dan keinginan (wants). 
  • menyusun skala prioritas kebutuhan mulai dari kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. 
  • memahami bahwa kegiatan ekonomi adalah suatu siklus yang terjadi dalam rangka upaya manusia untuk memenuhi kebutuhannya. 
  • memahami uang sebagai sumber daya yang perlu dimanfaatkan dan dikelola guna memenuhi kebutuhan saat ini dan merencanakan kebutuhan yang akan datang melalui perencanaan keuangan yang berbasiskan  pemahaman atas berbagai manfaat produk keuangan perbankan maupun non- perbankan. 

Pemahaman Konsep Ekonomi SMA Keas X

Setelah mempelajarai modul Ajar Ekonomi SMA Kelas X Pada akhir fase ini peserta didik mampu :

  • memahami kelangkaan sebagai inti dari masalah ilmu ekonomi. 
  • memahami skala prioritas sebagai acuan dalam menentukan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. 
  • memahami pola hubungan antara kelangkaan dan biaya peluang. 
  • memahami sistem ekonomi sebagai cara dalam mengatur berbagai kegiatan ekonomi guna memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. 
  • memahami konsep keseimbangan pasar serta memahami pemodelannya dalam bentuk tabel dan kurva. 
  • memahami konsep sistem pembayaran dan memahami konsep uang sebagai alat pembayaran. 
  • memahami berbagai bentuk alat pembayaran non-tunai yang berlaku di Indonesia serta memahami penggunaannya. 
  • memahami konsep bank dan industri keuangan non-bank dan memahami berbagai produk yang dihasilkan guna mendukung tercapainya keterampilan literasi keuangan.

Keterampilan Proses dalam Ekonomi SMA kelas X

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu :

  • melakukan kegiatan penelitian sederhana dengan menggunakan teknik atau metode yang sesuai untuk mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengorganisasikan informasi, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan hasil penelitian mengenai berbagai fenomena ekonomi berdasarkan konsep-konsep ekonomi. 
  • Peserta didik mampu merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif. Peserta didik mencari dan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan terkait konten ilmu ekonomi, keseimbangan pasar, serta bank dan industri keuangan non-bank. 
  • Peserta didik mampu menyusun skala prioritas kebutuhan dasar sesuai dengan kondisi di lingkungan sekitarnya. 
  • Peserta didik mengolah dan menyimpulkan berdasarkan data hasil pengamatan atau wawancara tentang terbentuknya keseimbangan pasar. 
  • Peserta didik menyimpulkan hubungan antara sistem pembayaran dengan alat pembayaran. Peserta didik membuat pola hubungan antara Otoritas Jasa Keuangan dan lembaga jasa keuangan serta menyimpulkan tentang lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia. 
  • Peserta didik menyusun rencana investasi pribadi. 

Modul Ajar Ekonomi SMA Kelas X 

Selengkapnnya modul ajar ekonomi SMA kelas X yang bisa ditiru, diamati dan dimodifikasi oleh sobat guru yang bersumber dari app merdeka mengajar :

CP dan ATP Ekonomi SMA Kelas X Fase E

 No  CP dan ATP Download
1 Capaian Pembelajaran Ekonomi SMA Kelas X  Download
2 ATP Ekonomi SMA  Download
3 ATP Ekonomi SMA Kelas X Download

Modul Ajar Ekonomi SMA Kelas X

 No  Modul Ajar Ekonomi SMA Kelas X  Download
1 MA Ekonomi Kelas X Download
2 MA Masalah Ekonomi Download
3 MA Keseimbangan Pasar Download
4 MA Memahami Sistem Pembayaran dan alat pembayaran Download
5 MA Kelangkaan sebagai inti masalah Ilmu ekonomi Download
6 MA Sistem Ekonomi mengatasi masalah ekonomi Download

Untuk modul Ajar Ekonomi SMA kelas XI bisa anda kunjungi :
Demikian modul ajar ekonomi SMA kelas X yang dapat di download semoga berkah utuk para penyusun dan seluruh guru Indonesia, semga bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

1 komentar untuk "Modul Ajar Ekonomi SMA Kelas X "

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.