Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP BIologi SMA Revisi 2023

CP BIologi SMA Revisi 2023 | Capaian pembelajaran revisi terbaru 2023 berdasarkan surat keputusan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.   

 CP BIologi SMA Revisi 2023

CP BIologi SMA Revisi 2023 | Capaian pembelajaran revisi terbaru 2023 berdasarkan surat keputusan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Biologi adalah kajian fenomena kehidupan dan makhluk hidup yang mencakup struktur, fisiologi, morfologi, ruang hidup, serta asal muasal dan distribusinya. Dalam perkembangannya, Biologi juga mengkaji perubahan makhluk hidup dari masa ke masa serta inovasi teknologi biologi. 

Biologi dalam kurikulum nasional sangat diperlukan untuk memahami, mengatasi, dan mengelola tantangan sumber daya alam, kualitas lingkungan, kesehatan, pencegahan dan penanggulangan penyakit, serta penggunaan teknologi biologi yang dihadapi masyarakat pada abad ke-21. 

Selain itu, ilmu Biologi digunakan dalam mempertahankan keanekaragaman hayati, kelestarian ekosistem, kesejahteraan manusia dan organisme lain beserta populasinya, serta keberlanjutan sumber daya hayati yang dimiliki Indonesia. 

Proses pembelajaran sains Biologi dilakukan melalui pendekatan kontekstual dan inkuiri yang seluruh kegiatan berpusat pada peserta didik. 

Melalui pendekatan ini, peserta didik diberikan pengalaman belajar secara otentik sehingga peserta didik terlatih dalam memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui kerja ilmiah, dimulai dari menemukan masalah, menyusun hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan hasil yang akan berimplikasi pada kesiapan peserta didik dalam menghadapi hidupnya saat ini dan masa depannya. 

Materi Biologi pada tingkatan Sekolah Menengah Atas mencakup biologi sel, sistem organ, pewarisan sifat, pertumbuhan dan perkembangan serta evolusi. Pemahaman materi ini akan membantu peserta didik memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai contoh, peserta didik menggunakan pemahamannya untuk mengevaluasi hubungan sistem biologi dan perubahannya akibat dampak aktivitas manusia sehingga dapat mengusulkan penyelesaian permasalahan mengenai perubahan iklim. 

Peserta didik juga dapat mengembangkan keterampilan proses berupa investigasi, analisis, evaluasi, refleksi, dan keterampilan komunikasi melalui lingkungan dan laboratorium. Selain itu, selama melakukan keterampilan proses, sikap ilmiah peserta didik dan Profil Pelajar Pancasila dapat terbentuk. 

Melalui kegiatan investigasi, peserta didik secara mandiri dapat mengasah nalar, memunculkan kreativitas, mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dengan peserta didik lainnya. Dengan demikian, Biologi dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan proses. 

Dengan CP Biologi SMA Revisi 2023 dimana peserta didik mempelajari ilmu Biologi, diharapkan  dapat: 

  1. Memiliki rasa kagum dan bersyukur terhadap Pencipta (sikap spiritual) serta menghormati makhluk hidup dan ikut menjaga lingkungan; 
  2. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan memperhatikan etika dan norma yang berlaku; 
  3. Memahami esensi Biologi mulai proses subseluler hingga dinamika ekosistem;
  4. Memahami perkembangan pengetahuan Biologi dari waktu ke waktu melalui dinamika proses kerja para ilmuwan yang mampu mempengaruhi masyarakat dalam konteks personal, lokal, dan global; 
  5. Memahami isu permasalahan biologi dalam lingkup individu, keluarga, lingkungan sekitar dan global, serta menerapkan pengetahuan Biologi untuk mengatasi permasalahan tersebut; 
  6. Menghasilkan gagasan sebagai hasil adaptasi, adopsi, modifikasi, kreasi baru yang beragam berdasarkan hasil eksperimen; 
  7. Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan investigasi di lapangan maupun laboratorium termasuk pengumpulan dan analisis data kualitatif maupun kuantitatif, serta interpretasi bukti. 

Biologi adalah kajian fenomena kehidupan dan makhluk hidup yang mencakup struktur, fisiologi, morfologi, ruang hidup, serta asal muasal dan distribusinya. 

Biologi juga mengkaji makhluk hidup dan karakteristik kehidupannya dari masa ke masa. Cakupan materi biologi pada fase F adalah struktur sel, bioproses dalam sel, pewarisan sifat, evolusi, sistem organ, struktur dan fisiologi pada manusia, serta pertumbuhan dan perkembangan. 

Merujuk pada hakikat sains sebagai proses dan produk, maka ada dua elemen dalam mata pelajaran ini yang mencakup: 

  1. pemahaman biologi dan 
  2. keterampilan proses. Dalam melaksanakan pembelajaran, elemen keterampilan proses adalah cara yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman Biologi, sehingga kedua elemen ini disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh yang tidak diturunkan menjadi tujuan pembelajaran yang terpisah.

Download CP Biologi SMA Revisi 2023

Selengkapnya Capaian Pembelajaran / CP Biologi SMA Revisi 2023 bisa anda scrolling dan download Cp Biologi SMA Revisi 2023 dibawah ini :

Download CP Biologi SMA Revisi 2023 dapat anda kllik tombol berikut ini :

Untuk Capaian pembelajaran revisi 2023 terbaru anda bisa download pada link : CP Revisi terbaru 2023

Penutup CP Biologi SMA Revisi 2023

Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas memberikan keterampilan dan pemahaman berdaya guna dalam lingkup yang luas untuk keberlanjutan proses pembelajaran di perguruan tinggi dan/atau karirnya. 

Pemahaman terhadap konsep Biologi seperti pengetahuan dan keterampilan sains secara umum, sangat relevan untuk karir, seperti dunia kesehatan, peternakan, perikanan, industri makanan, biologi laut, agrikultur, bioteknologi, rehabilitasi lingkungan, konservasi, dan ekowisata. 

Biologi juga dapat dijadikan dasar bagi peserta didik dalam mengambil keputusan secara kritis tentang isu personal, lokal, dan global seperti perubahan iklim. 

Demikian uraian CP Biologi SMA Revisi 2023 semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP BIologi SMA Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.