Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP IPAS REVISI 2023

CP IPAS REVISI 2023 | Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan mengeluarkan surat keputusan  nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023 tentang revisi terbaru capaian pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

CP IPAS Revisi 2023

CP IPAS REVISI 2023 | Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan mengeluarkan surat keputusan  nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023 tentang revisi terbaru capaian pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Seiring dengan perkembangan zaman, tantangan yang dihadapi manusia semakin kompleks. Ilmu pengetahuan dan teknologi terus dikembangkan untuk menyelesaikan setiap tantangan tersebut. Oleh karena itu, pola pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) perlu disesuaikan agar generasi muda dapat menghadapi dan menyelesaikan tantangan masa depan dengan baik. 

Mengingat anak usia SD yang masih melihat segala sesuatu dengan cara sederhana, utuh, dan terpadu, maka pembelajaran IPA dan IPS disampaikan dalam satu mata pelajaran yaitu IPAS. 

IPAS adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan benda mati di alam semesta beserta interaksinya. IPAS juga mempelajari kehidupan manusia sebagai individu dan sebagai bagian dari masyarakat yang berinteraksi dengan lingkungannya. 

Secara umum, ilmu pengetahuan merujuk pada pengetahuan yang dikumpulkan, disusun secara logis, dan sistematis dengan mempertimbangkan hubungan sebab-akibat. Ilmu pengetahuan mencakup pengetahuan alam dan pengetahuan sosial. 

IPAS berperan dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila sebagai gambaran ideal profil peserta didik Indonesia. IPAS membantu peserta didik mengembangkan keingintahuan mereka terhadap fenomena sekitar. 

Hal ini mendorong pemahaman mereka tentang cara alam semesta beroperasi dan berinteraksi dengan kehidupan manusia di bumi. Pemahaman ini penting untuk mengidentifikasi permasalahan dan menemukan solusi menuju pembangunan berkelanjutan, salah satunya terkait perubahan iklim (penyebab, dampak, dan upaya pencegahannya). 

Melalui pemahaman yang baik, peserta didik diharapkan lebih sadar akan pentingnya bekerja sama dalam menjaga harmoni bermasyarakat dan bertindak secara bertanggung jawab untuk menjaga keberlanjutan bumi. 

Pembelajaran IPAS melatih sikap ilmiah peserta didik, termasuk keingintahuan yang tinggi, kemampuan berpikir kritis dan analitis, serta kemampuan menyelesaikan permasalahan sehari yang dihadapinya.  

Fokus utama yang ingin dicapai dari pembelajaran IPAS di jenjang SD bukanlah pada jumlah konten materi yang dapat diserap oleh peserta didik, tetapi pada kompetensi dalam memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki. 

Pembelajaran IPAS perlu memberikan peserta didik kesempatan untuk melakukan eksplorasi, investigasi dan mengembangkan pemahaman terkait lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, mempelajari fenomena alam serta interaksi manusia dengan alam dan antar manusia sangat penting dilakukan di tahapan ini.  

CP IPAS Revisi 2023

Dengan mempelajari IPAS, peserta didik diharapkan dapat: 

  1. mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik sehingga termotivasi untuk mengkaji fenomena yang ada di sekitar manusia, memahami alam semesta dan kaitannya dengan kehidupan manusia; 
  2. mengerti siapa dirinya, memahami lingkungan sosial dia berada, memaknai kehidupan manusia dan masyarakat berubah dari waktu ke waktu; 
  3. berperan aktif dalam memelihara, menjaga, melestarikan lingkungan alam, mengelola sumber daya alam dan lingkungan dengan bijak;  
  4. mengembangkan keterampilan proses untuk mengidentifikasi, merumuskan hingga menyelesaikan masalah melalui aksi nyata; 
  5. memahami anggota suatu kelompok masyarakat dan bangsa serta memahami arti menjadi anggota masyarakat bangsa dan dunia, sehingga peserta didik dapat berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan dirinya dan lingkungan di sekitarnya; dan 
  6. mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep di dalam IPAS serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.  

CP IPAS Revisi 2023

Dalam pembelajaran IPAS, ada 2 elemen utama yakni pemahaman IPAS (sains dan sosial) dan keterampilan proses. Dalam melaksanakan pembelajaran, elemen keterampilan proses adalah cara yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman IPAS, sehingga kedua elemen ini disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh yang tidak diturunkan menjadi tujuan pembelajaran yang terpisah. 

Download CP IPAS Revisi 2023

Selengkapnya CP IPAS Revisi SD tahun 2023 dapat anda scrolling dan download dibawah ini:

Untuk download silahkan klik tombol berikut ini :

Untuk CP Revisi terbaru 2023 permatapelajaran dan perjenjang lainnya bisa anda download pada link berikut ini : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian paparan CP IPAS Revisi SD terbaru tahun 2023, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

1 komentar untuk "CP IPAS REVISI 2023"

  1. Masih berharap ada penyederhanaan cp untuk tingkat SD, karena level pelajarannya saat ini sangat menguras waktu disekolah dan mengurangi waktu mereka bermain dan berkreatifitas di rumah.

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.