Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Ekonomi SMA Revisi 2023

CP Ekonomi SMA Revisi 2023 berdasarkan surat Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  yang  merevisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.   

CP Ekonomi SMA Revisi 2023

CP Ekonomi SMA Revisi 2023 berdasarkan surat Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  yang  merevisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa manusia pada perubahan besar dalam kehidupan bermasyarakat. Tingginya mobilitas orang, barang, jasa, dan informasi antarruang merupakan akibat perubahan besar dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Dinamika tersebut membuat manusia berupaya meningkatkan kualitas dirinya agar sejalan dengan perubahan-perubahan yang terjadi sehingga mampu bertahan hidup serta memenuhi berbagai kebutuhan dasarnya sesuai dengan konteks zaman.  

Berbagai perkembangan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat telah memengaruhi berbagai aspek, salah satunya adalah aspek ekonomi. Banyak kegiatan masyarakat yang telah berubah dan bertransformasi sedemikian rupa mengikuti perkembangan zaman. 

Beberapa perubahan dan transformasi tersebut ditunjukkan melalui adanya kemudahan dalam mengakses informasi, kemudahan dalam melakukan pembayaran, kecepatan mobilitas barang dan jasa, dan semakin banyaknya bentuk usaha kerakyatan yang berbasis digital. 

Hal tersebut memberikan dampak pada berubahnya paradigma mata pelajaran Ekonomi, khususnya yang diberikan pada jenjang sekolah menengah atas, sehingga diperlukan revisi pada CP ekonomi SMA.

CP Ekonoi SMA Revisi 2023 tentunya membawa perubahan. Perubahan paradigma dalam mata pelajaran Ekonomi diharapkan akan diikuti dengan perubahan tindakan ekonomi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Perubahan paradigma mata pelajaran Ekonomi diharapkan juga mendukung penyelesaian masalahmasalah sosial kontemporer pada masyarakat seperti ketimpangan ekonomi, kemiskinan, dan pengangguran. 

Mata pelajaran Ekonomi merupakan mata pelajaran yang fokus pada pembahasan mengenai berbagai upaya manusia dalam rangka mempertahankan hidupnya. Mata pelajaran Ekonomi memuat cakupan materi yang kompleks dan mempunyai relevansi tinggi dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam konteks menguatkan pengetahuan dan keterampilan, masyarakat perlu dibekali dengan mata pelajaran Ekonomi yang mendunia namun tetap berpijak pada kearifan lokal. 

Mata pelajaran Ekonomi yang berkearifan lokal menjadi mutlak diperlukan agar masyarakat memiliki berbagai kompetensi yang dibutuhkan guna menyikapi berbagai fenomena dan masalah perekonomian baik di lingkungan kecil seperti keluarga hingga di lingkungan besar seperti masyarakat internasional. 

Dengan demikian, mata pelajaran Ekonomi perlu dibangun dengan paradigma bahwa dunia dapat berubah dengan cepat mengikuti perkembangan zaman, disinilah nilai pentingnya CP Ekonomi SMA revisi 2023.

CP Ekonomi SMA Revisi 2023

Mata pelajaran Ekonomi bertujuan untuk memastikan peserta didik: 

  1. memanfaatkan sumber daya secara efisien dan berkelanjutan; 
  2. memahami masalah ekonomi dan menyelesaikannya secara bertanggung jawab; 
  3. memahami aktivitas ekonomi yang sifatnya dinamis dan meminimalisasi dampak buruk dari dinamika perekonomian tersebut; 
  4. merencanakan masa depan berkaitan dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan dan mengambil keputusan terkait isu atau masalah-masalah keuangan; dan 
  5. bersikap kritis dalam menyikapi kebijakan-kebijakan ekonomi di tingkat lokal, nasional, dan internasional serta memetakan dampak suatu kebijakan ekonomi bagi para pihak atau pemangku kepentingan. 

CP Ekonomi SMA Revisi 2023

Mata pelajaran Ekonomi merupakan mata pelajaran yang bersumber dari perilaku ekonomi dalam kehidupan sosial masyarakat yang diseleksi dengan menggunakan konsep-konsep ilmu ekonomi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik. 

Kehidupan sosial masyarakat di era digital ditunjukkan melalui terciptanya interaksi sosial yang serba cepat, antar individu maupun kelompok dalam cakupan yang lebih luas, melewati batas ruang dan waktu, memunculkan daya saing dan sistem nilai yang saling berpengaruh antar individu dan kelompok. 

Keluasan mata pelajaran ekonomi untuk jenjang sekolah menengah atas sepatutnya diarahkan bukan pada aspek penguasaan materi saja, melainkan juga pada peningkatan kompetensi. 

Rumusan kompetensi difokuskan pada fenomena empirik ekonomi yang ada di sekitar peserta didik sehingga peserta didik dapat memahami, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengorganisasikan informasi, menarik kesimpulan, mengomunikasikan, merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif terkait fenomena maupun masalah ekonomi.  

Mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang menengah atas mengandung dua elemen yaitu pemahaman konsep dan keterampilan proses. 

Kedua elemen secara komprehensif mendukung peserta didik untuk memiliki literasi ekonomi dan finansial serta keterampilannya. 

Literasi ekonomi yang ingin dibangun diantaranya mencakup
keterampilan menganalisis kondisi ekonomi sehingga peserta didik mampu membuat keputusan ekonomi, membuat pilihan dalam alokasi sumber daya, dan menyelesaikan permasalahan ekonomi. 

Sedangkan literasi finansial yang ingin dibangun mencakup keterampilan pengambilan keputusan terhadap penggalian sumber keuangan serta penggunaannya, menghindari sumber keuangan serta pembelanjaan yang tidak efektif yang berpotensi pada tindakan konsumtif, dan menciptakan peluang sumber keuangan yang produktif lainnya sesuai kapasitas peserta didik.  

Melalui kedua literasi tersebut, peserta didik tingkat menengah atas diarahkan untuk bersikap menghargai kehidupan melalui pemanfaatan barang atau jasa yang memiliki nilai ekonomis sekaligus ekologis, seperti benda atau jasa yang keberadaannya tidak menimbulkan potensi dampak lingkungan. 

Lingkup mata pelajaran Ekonomi meliputi konsep ilmu ekonomi, ekonomi makro, ekonomi internasional, dan akuntansi keuangan dasar. Peserta didik dapat menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar seperti pasar tradisional, koperasi, lembaga keuangan bank dan bukan bank, industri kreatif, sumber daya kelautan, pesisir, hutan, dan sebagainya

Download CP Ekonomi SMA Revisi 2023

Selengkapya CP Ekonomi SMA Revisi 2023 mulai dari rasiioinalitas, tujuan, karakteristik Ekonomi, elemen dan capaian pembelajaran :

Atau silahkan download CP Ekonomi SMA Revisi 2023 pada tombol berikut :

Untuk CP Revisi terbaru 2023 perjenjang dan permata pelajaran bisa anda cek pada link : CP Revisi Terbaru 2023.

Demikian CP Ekonomi SMA Revisi 2023. yang dapat disodorkan untuk sobat GS dan para pengelola kurikulum di satuan pendidikannya masing-masing, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Ekonomi SMA Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.