Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Geografi SMA Revisi 2023

CP Geografi SMA Revisi 2023 berdasarkan surat Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023 tentang revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA. 

CP Geografi SMA Revisi 2023

Geografi sebagai ilmu yang termasuk dalam rumpun ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari hubungan kausal berbagai fenomena di permukaan bumi, baik secara fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional yang dapat dimanfaatkan untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Geografi sebagai ilmu yang termasuk dalam rumpun ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari hubungan kausal berbagai fenomena di permukaan bumi, baik secara fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta 
permasalahannya melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional yang dapat dimanfaatkan untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan. 

Melalui CP Geografi SMA Revisi 2023 dan dengan mempelajari ilmu geografi, peserta didik dapat mendeskripsikan, meneliti, menganalisis, dan menjelaskan berbagai relasi antara manusia dan alam.  

Geografi mempunyai objek kajian meliputi berbagai hal yang terdapat di litosfer, pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer. 

Melalui geografi, manusia mempelajari hubungan kausal berbagai gejala dan peristiwa di permukaan bumi. Mempelajari geografi membantu setiap orang untuk memahami kompleksitas dunia. 

Dengan CP Geografi SMA Revisi 2023 menghubungkan topik-topik/fenomena/ gejala alam dan sosial menjadi suatu ide yang menolong tiap individu mengenal diri dan wilayah tempat tinggalnya dalam skala lokal, nasional, regional, hingga global yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi berbagai tantangan dan masalah. 

Bidang ilmu geografi pada dasarnya mempelajari berbagai komponen fisik muka bumi, makhluk hidup (tumbuhan, hewan, dan manusia) di permukaan bumi ditinjau dari persamaan dan perbedaan dalam perspektif keruangan yang terbentuk akibat proses interaksi dan interelasi. 

Dalam lingkup teoretis, geografi memiliki tiga pendekatan utama dalam menelaah suatu persoalan keruangan yaitu :

  1. analisis spasial; 
  2. analisis ekologis; dan 
  3. analisis kompleks regional sebagai gabungan dari pendekatan (1) dan (2). 

Pendekatan ketiga merupakan cara yang lebih tepat digunakan untuk menelaah fenomena geografis yang memiliki tingkat kerumitan tinggi karena banyak variabel yang berpengaruh dan bersifat multidimensi (ekonomi, sosial, budaya, politik, dan keamanan). Contohnya adalah telaah tentang pengembangan wilayah dan analisis kebencanaan. 

Melalui CP Geografi SMA Revisi 2023, Geografi sebagai mata pelajaran di sekolah menjadi sangat penting karena dapat memberikan sumbangsih dalam mengatasi permasalahan lokal, regional, maupun global, serta membentuk warga negara yang bertanggung jawab dan berkontribusi pada permasalahan bangsa dan dunia. 

Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 5.180,053 km2 yang terdiri atas luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan 3.257.483 km2 dengan ribuan ragam budaya, potensi sumber daya yang berlimpah, perbedaan wilayah, dan jumlah penduduk yang besar. 

Anugerah Tuhan Yang Maha Esa ini harus dijaga dan dimanfaatkan sebagai bekal kelangsungan hidup bangsa Indonesia dan masyarakat dunia. Sesuai dengan konsep Profil Pelajar Pancasila yaitu dimensi Berkebinekaan Global, karakteristik keilmuan geografi sungguh tepat menjadi salah satu mata pelajaran yang diberikan pada pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. 

CP Geografi SMA Revisi 2023

Mata Pelajaran Geografi bertujuan agar peserta didik: 

  1. memahami wilayah tempat tinggal dan lingkungan sekitar (karakteristik, keunikan, persamaan dan perbedaan wilayah). 
  2. memahami proses yang memengaruhi lingkungan fisik dan sosial. 
  3. memahami interaksi antara gejala fisik alam dan aktivitas manusia yang berdampak bagi kehidupan. 
  4. memahami dan menggunakan data dan informasi geografis. 
  5. mengenal cara mitigasi dan adaptasi terhadap bencana alam di lingkungan tempat tinggal dan lingkup nasional. 
  6. menganalisis secara spasial fenomena geografis dalam kehidupan sehari-hari dan menarik manfaat. 

CP Geografi SMA Revisi 2023

Mata pelajaran Geografi berorientasi pada penguatan kelimuan geografi dan wawasan kewilayahan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan mengedepankan pembentukan karakter, merencanakan, berpikir, dan bertindak secara terukur, memahami anugerah Tuhan yang memberikan banyak kelebihan dan ragam perbedaan wilayah pada negeri ini dengan memanfaatkan perspektif keruangan. 

Download CP Geografi SMA Revisi 2023

Selengkapnya dari rasionalitas, Tujuan, Karakteristik , Elemen -Elemen dan Capaian Pembelajaran tingal anda scrolling dibawah ini :

Atau silahkan free download CP Geoagrafi SMA Revisi 2023 ditombol biru berikut 

Untuk CP perjenjang dan permata pelajaran lainnya bisa anda download pada link : CP Revisi Terbaru 2023.

Penutup CP Geografi SMA Revisi 2023

CP Geografi SMA Revisi 2023 dan Ilmu Pengetahun membantu peserta didik menumbuhkan keingintahuan terhadap fenomena alam semesta. Keingintahuan ini dapat memacu peserta didik untuk memahami proses alam semesta bekerja melalui pendekatan-pendekatan empiris yang dapat dipertanggungjawabkan. 

Pemahaman ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan rekayasa sehingga tercipta teknologi yang dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dunia secara berkelanjutan. 

Prinsip-prinsip dasar metodologi ilmiah dalam pembelajaran ilmu pengetahuan akan melatih sikap ilmiah yang melahirkan kebijakan dalam diri peserta didik. Hal ini sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. 

Demikian CP Geoagrafi SMA Revisi 2023, semoga bermanfaat

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Geografi SMA Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.