Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP IPS Revisi 2023

CP IPS Revisi 2023 SMP/Mts /Paket B/ SMA/MA/Paket C berdasarkan surat keputusan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor  1152/H3/SK.02.01/2023  tertanggal 4 September 2023 tentang  revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.   

CP IPS Revisi 2023 SMP/Mts /Paket B/ SMA/MA/Paket C

CP IPS Revisi 2023 SMP/Mts /Paket B/ SMA/MA/Paket C berdasarkan surat keputusan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor  1152/H3/SK.02.01/2023  tertanggal 4 September 2023 tentang  revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.


Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah sumber daya manusia yang besar, sumber daya alam yang melimpah, serta keanekaragaman budaya dan suku bangsa. 

Hal-hal tersebut membuat Indonesia menjadi bangsa yang diperhitungkan dalam kancah internasional. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memberikan pemahaman mengenai kehidupan manusia dalam konteks ruang dan waktu pada aspek sosial, budaya, dan ekonomi. 

Mata pelajaran IPS adalah mata pelajaran penting yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan manusia sehari-hari dan menyiapkan peserta didik agar dapat berkontribusi di masyarakat. 

Dengan CP IPS Revisi 2023 semua pembelajaran IPS yang berpusat pada peserta didik menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial agar peserta didik mampu berkolaborasi dalam masyarakat di tingkat lokal, nasional maupun global. Nilai-nilai Pancasila harus dipegang teguh untuk membentuk profil pelajar Pancasila. 

CP IPS Revisi 2023 SMP/Mts /Paket B/ SMA/MA/Paket C

Melalui CP IPS Revisi 2023 membawa peserta didik memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat serta memiliki keterampilan berpikir kritis, analitis, kreatif, adaptif, dan solutif di tengah perkembangan global. Tujuan mata pelajaran IPS secara rinci adalah:  

  1. memahami konsep-konsep yang berkaitan kehidupan manusia dalam ruang dan waktu meliputi bidang sosial, budaya dan ekonomi; 
  2. memiliki keterampilan dalam berpikir kritis, berkomunikasi, membangkitkan kreativitas, dan berkolaborasi dalam masyarakat global;  
  3. memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan dan lingkungan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara;  
  4. menunjukkan hasil pemahaman konsep pengetahuan dan mengasah keterampilan melalui karya atau aksi sosial.  

CP IPS Revisi 2023 SMP/Mts /Paket B/ SMA/MA/Paket C

Mata pelajaran IPS pada fase D dan E adalah mata pelajaran dengan berbagai muatan seperti Sosiologi, Antropologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah. Mata pelajaran IPS mempelajari kehidupan manusia dalam lingkup sosial, budaya, dan ekonomi di masyarakat serta dalam konteks perubahan ruang dan waktu. Oleh karena itu, peristiwa dan fenomena kehidupan manusia di masyarakat dan lingkungan menjadi fokus kajian dalam mata pelajaran IPS.  

Melalui CP IPS Revisi 2023 , maeri-materi Mata pelajaran IPS yang diajarkan pada fase D dan fase E dilaksanakan dengan keterampilan proses dengan cara mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menganalisis, menyimpulkan, dan mengomunikasikan hasil analisis dan simpulan tentang realitas kehidupan manusia. 

Selain itu peserta didik dapat mengevaluasi hasil pengalaman belajar yang telah dilaluinya serta dapat merencanakan projek tindak lanjut secara kolaboratif untuk menyelesaikan masalah sosial atau isu lingkungan dari berbagai sudut pandang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). 

Download CP IPS Revisi 2023 

Selengkapnya mulai dari rasionalitas, tujuan, karakteristik IPS dan Capaian Pembelajaran/CP  IPS bisa anda scrolling dibawah ini :

Atau silahkan download CP IPS Revisi 2023 SMP/Mts /Paket C/ SMA/MA/Paket C :

Untuk CP revisi terbaru 2023 semua jenjang dapat anda download pada link berikut ini : CP Revisi Terbaru 4 September 2023

Demikian CP IPS Revisi 2023 SMP/Mts /Paket C/ SMA/MA/Paket C, yang dapat saya sodorkan untuk sobat GS maupun para pengelola Kurikulum disatuan Pendidikannya masing-masing, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP IPS Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.