Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Sejarah Revisi 2023

CP Sejarah Revisi 2023 SMA/MA/Paket C  berdasarkan surat keputusan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tangga; 4 September 2023 tentang  revisi capaian pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

CP Sejarah Revisi 2023 SMA/MA/Paket C

CP Sejarah Revisi 2023 SMA/MA/Paket C  berdasarkan surat keputusan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tangga; 4 September 2023 tentang  revisi capaian pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Mata pelajaran Sejarah adalah salah satu mata pelajaran pada jenjang pendidikan menengah, khususnya SMA/MA pada fase F yang mengkaji tentang konsep dasar ilmu sejarah dan berbagai kejadian atau peristiwa penting menyangkut pengalaman manusia secara pribadi maupun kolektif di masa lampau. 

Pada pengalaman pribadi akan membentuk kepribadian seseorang sekaligus mencerminkan identitas dan jati dirinya, sementara pada pengalaman kolektif sebagai sebuah bangsa akan membentuk kepribadian nasional sekaligus identitas nasional. 

Mata Pelajaran Sejarah menyangkut pengetahuan faktual masa lampau dan bahan analisis melalui kemampuan berpikir historis dan kesadaran sejarah bagi peserta didik untuk menentukan sikap, mengambil keputusan dan bertindak dalam kehidupannya sebagai
bagian dari entitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kesadaran sejarah mengenai ke-Indonesia-an wajib ada dalam diri segenap bangsa Indonesia, yakni kesadaran akan fakta bahwa kita berangkat dari perjalanan Sejarah bangsa yang sama. Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Indonesia pada berbagai periode menjadi pengikat rasa persatuan dan kesatuan sebagai sebuah bangsa. 

Pengalaman sejarah ini merupakan perjalanan panjang yang melintasi ruang dan waktu dan didalamnya banyak terkandung pelajaran bermakna. Perjalanan Sejarah Indonesia juga
dipengaruhi oleh berbagai peristiwa di dunia. 

Transformasi pengetahuan atas Sejarah masa lalu sangat penting untuk dikontekstualisasikan dalam kehidupan kekinian dan sebagai bahan proyeksi ke masa depan dalam memperkuat jati diri bangsa Indonesia dalam dimensi lokal, nasional, dan global.

Mata pelajaran Sejarah disampaikan secara komprehensif, multidimensional, menggunakan berbagai model, metode, dan media pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi serta memotivasi peserta didik. Mata pelajaran Sejarah melatih peserta didik untuk belajar berpikir kritis, belajar merasakan, belajar berempati, belajar merefleksi serta belajar berkarya. 

Di samping itu, mata pelajaran Sejarah juga membuat peserta didik menjadi arif dan bijaksana dalam bertindak dan mengambil keputusan dalam menghadapi masa depan berdasarkan pengalaman belajar Sejarah dan belajar dari Sejarah. 

Secara progresif mata pelajaran sejarah diarahkan untuk mengkontekstualisasikan peristiwa-peristiwa di masa lalu dalam kehidupan masa kini dan dapat dipergunakan untuk memprediksi dan mengantisipasi tantangan kehidupan di masa depan. 

Muara pembelajaran sejarah berorientasi pada keterampilan berpikir historis akan mendorong pada pembentukan manusia merdeka yang memiliki kesadaran sejarah dan selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.

CP Sejarah Revisi 2023 SMA/MA/Paket C

Tujuan mata pelajaran Sejarah antara lain;
  1. menumbuh-kembangkan kesadaran sejarah;
  2. menumbuh-kembangkan pemahaman tentang dimensi manusia (pemikiran, motif, tindakan), dimensi ruang (kejadian/peristiwa lokal, nasional dan global) dan dimensi waktu (waktu lampau, kini dan masa yang akan datang) dengan melihat pola perkembangan, perubahan dan keberlanjutan atau keberulangan);
  3. menumbuh-kembangkan pemahaman tentang diri sendiri dan pemahaman diri kolektif sebagai bangsa indonesia yang berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif, memiliki nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme;
  4. melatih kecakapan berpikir historis; kronologis, diakronis, sinkronis, kausalitas, imajinatif, kritis, kreatif, reflektif, dan kontekstual dalam mengambil keputusan masa kini dan masa depan berdasarkan fakta historis.
  5. melatih keterampilan saintifik melalui tahapan penelitian sejarah (heuristik, kritik, interpretasi/penafsiran dan penulisan sejarah (historiografi) dalam proses belajar;
  6. memiliki kemampuan literasi sejarah dalam mengkritisi dan menyajikan informasi sejarah secara lisan/tertulis dan dalam bentuk manual/ digital.

CP Sejarah Revisi 2023 SMA/MA/Paket C

Karakteristik mata pelajaran Sejarah yang paling esensial adalah mempelajari peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dan dialami oleh manusia pada masa lalu dan berpengaruh dalam berbagai kehidupan baik secara pribadi atau pun kolektif. 

Peristiwa dan pengalaman masa lampau merupakan gambaran aktivitas, realitas dan aktualitas kehidupan masyarakat Indonesia dalam ruang lingkup lokal, nasional dan global. Berbagai peristiwa sejarah disajikan secara kronologis sekaligus menggambarkan hubungan sebab akibat (kausalitas) antar peristiwa. 

Oleh sebab itu mata pelajaran sejarah tidak lepas dari manusia, ruang dan waktu. Manusia merupakan aktor yang menciptakan Sejarah. Ruang merupakan tempat terjadinya peristiwa. Waktu merupakan rangkaian proses kejadian atau peristiwa dan hubungan kausalitas antara masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. 

Waktu disajikan secara kronologis dengan memperhatikan kausalitas dari suatu peristiwa sejarah. Pada fase F, peserta didik mempelajari berbagai peristiwa sejarah sebagai materi lanjutan fase E (mata pelajaran IPS). 

Penekanan substansi diarahkan pada peran dan arti penting Indonesia bagi dunia dalam perjalanan sejarah hubungan antar bangsa mulai dari masa penjelajahan dan penjajahan bangsa Barat, masa pergerakan kebangsaan Indonesia, pendudukan Jepang dan Proklamasi, masa mempertahankan kemerdekaan, masalah disintegrasi bangsa, masa Orde Lama, Orde Baru dan Reformasi.

Download CP Sejarah Revisi 2023

Selengkapnya CP Sejarah Revisi 2023 SMA/MA Paket C  mulai dari rasionalitas, tujuan, karakteristik, capaian pembelajaran dibawah ini :


Download CP Sejarah Revisi 2023 SMA/MA/Paket C :


Untuk CP Revisi terbaru semua jenjang bisa sobat cek pada link berikut ini : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian CP Sejarah Revisi 2023 SMA/MA/Paket C yang saya sodorkan untuk sobat GS dan para pengelola kurikulum disatuan pendidikan masing-masing, semoga bermanfaat.
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Sejarah Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.