Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Kimia Revisi 2023

CP Kimia Revisi 2023 | Surat keputusan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang Revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

CP Kimia Revisi 2023

CP Kimia Revisi 2023 | Surat keputusan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang Revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Dibawah ini kami paparkan CP kimia revisi 2023 yang dapat sobat GS download.  
Kimia adalah kajian teoritis dan praktis mengenai interaksi, struktur dan sifat berbagai macam bahan, serta perubahannya dan energi yang menyertai perubahan tersebut. 

Penyelidikan dan pengertian pada tingkat atom yang mikroskopis dapat dipelajari dengan lebih mudah melalui simbol dan visualisasi untuk memahami berbagai fenomena dunia nyata yang bersifat makroskopis. 

Pemahaman tentang struktur dan proses kimia digunakan untuk beradaptasi dan berinovasi guna memenuhi kebutuhan ekonomi, lingkungan, sosial, dan perkembangan IPTEK di dunia yang terus berkembang. Hal ini termasuk mengatasi tantangan perubahan iklim global
dan keterbatasan energi dengan merancang proses untuk memaksimalkan
penggunaan sumber daya bumi yang terbatas secara efisien.

Kimia merupakan pembelajaran yang bersifat praktis. Peserta didik dilatih untuk melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif sederhana baik secara individu maupun kolaboratif mengenai berbagai fenomena kehidupan dunia nyata. 

Peserta didik belajar membangun pengetahuan melalui kegiatan menemukan permasalahan, membuat hipotesis, merancang percobaan sederhana, melakukan percobaan atau penyelidikan, mencatat data hasil percobaan/penyelidikan, menganalisis data dan menafsirkan data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil percobaan/penyelidikan baik secara tertulis maupun lisan. 

Secara tidak langsung, peserta didik dapat mengembangkan profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran Kimia. Pada tingkat SMA/MA, Kimia diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri dengan beberapa pertimbangan, diantaranya :
  1. pelajaran Kimia dapat membangun kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, serta terbuka terhadap pendapat yang diperlukan untuk memahami dan memecahkan masalah pada dunia nyata. 
  2. pemahaman Kimia membekali peserta didik dengan pengetahuan sesuai dengan minat dan karir masa depan dalam berbagai area seperti kedokteran, lingkungan hidup, teknologi terapan, farmasi, dan olahraga serta sains kimia.

Tujuan Mata Pelajaran Kimia

Dengan mempelajari ilmu Kimia, peserta didik dapat:
  1. membentuk sikap religius dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa;
  2. memupuk integritas; sikap jujur, adil, bertanggung jawab; menghormati martabat individu, kelompok, dan komunitas, serta berkebhinekaan global;
  3. mengembangkan keahlian dalam melakukan serangkaian investigasi ilmiah secara mandiri maupun kelompok kolaboratif termasuk mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan dan menjelaskan data kualitatif maupun kuantitatif;
  4. mengkomunikasikan berbagai hasil investigasi secara lisan dan tertulis secara utuh dan sistematis;
  5. mengembangkan kemampuan beradaptasi dan berinovasi untuk menghasilkan berbagai teknologi terapan yang dapat memecahkan masalah pada dunia nyata;
  6. memupuk kemampuan berpikir kritis untuk menganalisis dan mengevaluasi isu/fenomena ilmiah dalam kehidupan sehari-hari;
  7. memiliki pikiran yang terbuka untuk menerima pendapat orang lain dalam diskusi.

Karakteristik Mata Pelajaran Kimia

Kimia mempelajari materi, sifat-sifat materi, bagaimana dan mengapa zat bergabung atau terpisah untuk membentuk senyawa, serta energi yangmenyertai perubahannya. Kontribusi Kimia mencakup bagaimana pengetahuan yang dimiliki dapat mempengaruhi sikap yang dapat diterapkan untuk menjawab permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
baik lokal maupun global.

Pada fase F kelas 11 dan 12, mulai ada mata pelajaran pilihan, sehingga pada fase ini materi Kimia dipelajari lebih mendalam melalui materi perhitungan kimia; sifat, struktur dan interaksi partikel; energi yang menyertai perubahan kimia, laju dan kesetimbangan kimia; dan konsep larutan. 

Selain itu, fase ini juga mencakup konsep termokimia dan elektrokimia, serta kimia organik. Ada 2 elemen dalam mata pelajaran Kimia yang mencakup 
  1. pemahaman Kimia, 
  2. keterampilan proses. 
Pemahaman Kimia mencakup semua materi yang dipelajari. Keterampilan proses mencakup keseluruhan proses ilmiah dari mengamati fenomena sampai dengan mengkomunikasikan hasil penyelidikan. 

Dalam melaksanakan pembelajaran, elemen keterampilan proses adalah cara yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman Kimia, sehingga kedua elemen ini disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh yang tidak diturunkan menjadi tujuan pembelajaran yang terpisah.

Download CP Kimia Revisi 2023

Selengkapnya CP Kimia Revisi 2023 mulai rasionalisasi, tujuan, karakteristik, elemen, ruanglingkup dan Capaian Pembelajaran bisa anda scrolling dan download dibawah ini :


Download CP Kimia Revisi 2023 pada tombol berikut ini :


Demikian CP Kimia Revisi 2023, sesuai surat keputusan Puusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang Revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA
Semoga bermanfaat untuk para guru dan pengelola bidang kurikulum di Satuan Pendidikan masing-masing.
Salam Sukses
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Kimia Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.