Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Pendidikan Agama Islam Revisi 2023

CP Pendidikan Agama Islam Revisi 2023 berdasarkan Surat keputusan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor No : 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.   

CP Pendidikan Agama Islam Revisi 2023

CP Pendidikan Agama Islam Revisi 2023 berdasarkan Surat keputusan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor No : 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) merupakan mata pelajaran wajib sebagai perwujudan unsur pokok agama (iman, Islam, dan ihsan). 

PAI dan BP diarahkan untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki pemahaman dan menerapkan dasar-dasar agama Islam pada kehidupan sehari-hari dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia, meliputi 

  1. kecenderungan kepada kebaikan (al-ḥanīfiyyah); 
  2. akhlak mulia (makārim alakhlāq); 
  3. sikap toleransi (al-samḥah); dan 
  4. kasih sayang untuk alam semesta (raḥmat li al-ālamīn). Keempat hal tersebut tergambarkan melalui elemen Al-Qur’an Hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah peradaban Islam. 

Mata pelajaran PAI dan BP menjadi pedoman bagi peserta didik dalam melaksanakan ajaran Islam dan menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami PAI dan BP, peserta didik mampu menghadapi tantangan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat mengoptimalkan potensi dirinya. 

CP Pendidikan Agama Islam Revisi 2023

Ruang lingkup PAI dan BP mencakup hubungan manusia dengan Allah Swt. (ḥabl min Allāh), sesama manusia (ḥabl min al-nās), dan lingkungan alam (ḥabl min al-ālam). Untuk itu, perlu pendekatan beragam yang berpihak pada peserta didik. 

Muatan materi pada PAI dan BP terdiri atas 5 elemen, yaitu 

  • Al-Qur’an 
  • Hadis, 
  • akidah, 
  • akhlak, 
  • fikih, dan 
  • sejarah peradaban Islam. 

Melalui muatan materi tersebut, pembelajaran PAI dan BP dapat berkontribusi dan menguatkan terbentuknya profil pelajar Pancasila yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; mandiri; bergotong royong; berkebinekaan global; bernalar kritis; dan kreatif. 

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bertujuan untuk membimbing peserta didik agar: 

  1. beriman, bertakwa kepada Allah Swt., dan berakhlak mulia; 
  2. menjadi pribadi yang memahami dengan baik prinsip-prinsip agama Islam terkait akidah berdasar ahl al-sunnah wa al-jamā‘ah, syariat, akhlak mulia, dan perkembangan sejarah peradaban Islam, serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam hubungannya dengan Allah Swt.diri sendiri, sesama manusia, maupun lingkungan alam dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia; 
  3. mampu menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam berpikir sehingga benar, tepat, dan arif dalam menyimpulkan sesuatu dan mengambil keputusan; 
  4. mampu bernalar kritis dalam menganalisis perbedaan pendapat sehingga berperilaku moderat (wasaṭiyyah); 
  5. menyayangi lingkungan alam dan menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai khalifah di muka bumi; dan 
  6. menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan sehingga dapat menguatkan persaudaraan kemanusiaan (ukhuwwah basyariyyah), persaudaraan seagama (ukhuwwah Islāmiyyah), dan persaudaraan setanah air (ukhuwwah waṭaniyyah). 

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai satu kesatuan sistem pembelajaran untuk membangun dan mengembangkan peserta didik menjadi hamba Allah Swt. yang berakhlak mulia berdasarkan pemahaman yang benar dari bangunan ilmu yang terdiri atas Al-Qur’an Hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah peradaban Islam. 

Download Pendidikan Agama Islam Revisi 2023

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mencakup elemen yang meliputi (1) Al-Qur’an Hadis, (2) akidah, (3) akhlak, (4) fikih, dan (5) sejarah peradaban Islam. 

Bagaiaman selengkapnya mulai dari rasionalitas, Tujuan , Ruang lingkup, dan capaian pembelajaran bisa anda scrolling dan download dibawah ini :

atau silahkan download pada tombol CP Pendidikan Agama Islam Revisi 2023 :

Sedangkan untuk CP Mata pel lainnya dan Seluruh mapel perjenjang dapat anda download di link berikut : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian CP pendidikan Agama Islam Revisi 2023 yang dapat di sodorkan, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Pendidikan Agama Islam Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.