Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Prakarya Rekayasa Revisi 2023

CP Prakarya Rekayasa Revisi 2023 | Indonesia memiliki potensi besar bagi pasar dunia industri, generasi muda menjadi pemimpin dalam merebut potensi ini, sehingga perlu memiliki jiwa yang tangguh untuk berwirausaha dan keberanian untuk memulai di dalam dunia usaha. 

Pendekatan pada kemampuan keterampilan kreatif dalam Prakarya Rekayasa berpeluang untuk memperkenalkan dan melatih jiwa kewirausahaan seperti kemampuan kepemimpinan (leadership), kerja sama (team work), berinisiatif tinggi dan merespon kebutuhan sekitar, serta berani mengambil risiko (risk-taking), sehingga diharapkan mampu berkontribusi dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik.  

CP Prakarya Rekayasa Revisi 2023 | Indonesia memiliki potensi besar bagi pasar dunia industri, generasi muda menjadi pemimpin dalam merebut potensi ini, sehingga perlu memiliki jiwa yang tangguh untuk berwirausaha dan keberanian untuk memulai di dalam dunia usaha.   Pendekatan pada kemampuan keterampilan kreatif dalam Prakarya Rekayasa berpeluang untuk memperkenalkan dan melatih jiwa kewirausahaan seperti kemampuan kepemimpinan (leadership), kerja sama (team work), berinisiatif tinggi dan merespon kebutuhan sekitar, serta berani mengambil risiko (risk-taking), sehingga diharapkan mampu berkontribusi dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik.

CP Prakarya Rekayasa Revisi 2023

CP Prakarya Rekayasa revisi 2023. Prakarya Rekayasa memiliki tujuan sebagai berikut: 

  1. merancang dan menghasilkan produk rekayasa melalui pengggalian (exploration) bahan, alat, teknik dan prosedur pembuatan dengan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, desain, seni, budaya, teknologi dan ekonomi; 
  2. mengapresiasi, mengevaluasi dan merefleksi karya diri dan teman sebaya berdasarkan pendekatan ilmiah sehingga berkembang rasa ingin tahu, kreativitas dan kemampuan menghargai produk rekayasa; dan 
  3. menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan melalui kepemimpinan, kerja sama dan berani mengambil risiko. 

CP Prakarya Rekayasa Revisi 2023

melalui CP prakarya rekayasa revisi 2023. Mata pelajaran Prakarya Rekayasa mengembangkan kompetensi merancang dan menciptakan produk rekayasa secara kontekstual dan ergonomis (memperhatikan kesesuaian antara fungsi dan kenyamanan produk). 

Pengembangan ide kreatif dalam bentuk desain/perencanaan dengan menggali potensi daerah/lokal melalui kemampuan apresiasi, observasi dan eksplorasi dan memperhatikan karakteristik bahan yang dikembangkan. 

Pembelajaran Prakarya Rekayasa berorientasi pada pengembangan kemampuan mengeksplorasi bahan, teknik, alat dan prosedur untuk membuat produk uji coba, produk kebutuhan sehari-hari dan produk komersial dilandasi dengan semangat kewirausahaan. 

Materi pembelajaran Prakarya Rekayasa dapat menggali potensi daerah/lokal serta memperhatikan karakteristik bahan yang dikembangkan.  

Pelaksanaan pembelajaran Prakarya Rekayasa dimulai dengan mengobservasi dan mengeskplorasi, mendesain, memproduksi, merefleksi dan mengevaluasi berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya, teknologi dan prosedur berkarya. 

Prinsip dalam rekayasa adalah dengan memanfaatkan sistem, bahan, serta teknologi untuk ide produk rekayasa yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan manusia. Proses produksi melalui kegiatan uji coba, modifikasi, membuat produk, dan sentuhan akhir (finishing touch) dengan memberi kesempatan merefleksi dan mengevaluasi. 

Akhirnya, melalui penguasaan ilmu, pengetahuan dan keterampilan: seni, desain, teknologi, budaya, dan ekonomi dengan semangat kewirausahaan diharapkan dapat terwujud Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik

Download CP Prakarya Rekayasa Revisi 2023

Selengkapnya CP Prakarya Rekayasa Revisi 2023 mulai dari rasionalisasi, tujuan , karakteristik, elemen dan sub elemen, Capaian pembelajaran dibawah ini :

Atau silahkan download CP Prakarya Rekayasa Revisi 2023 pada tombol biru berikut :

Untuk CP Revisi Terbaru 2023 tiap jenjang dan mata pelajaran bisa annda cek pada link : CP revisi Terbaru 2023.

Demikian CP Prakarya Rekayasa Revisi 2023 yang dapat anda download, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Prakarya Rekayasa Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.