Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Lingkup Materi PAUD 2024 | Permendikbud No 8 Tahun 2024

Ruang Lingkup Materi PAUD 2024  | Permendikbud No 8 Tahun 2024 tentang Standar Isi pada jenjang PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Standar Isi adalah kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.

Standar Isi PAUD 2024 dikembangkan untuk menentukan kriteria ruang lingkup materi PAUD 2024  yang sesuai dengan capaian perkembangan yang telah dirumuskan pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). 


Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak difokuskan pada aspek perkembangan anak yang mencakup: nilai agama dan moral, nilai Pancasila, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional. 

Ruang lingkup materi PAUD 2024  dalam Standar Isi mengacu pada STPPA yang memuat aspek perkembangan anak dan dirumuskan secara terpadu dalam bentuk deskripsi capaian perkembangan

Ruang Lingkup Materi PAUD 2024

Ruang lingkup materi diturunkan dari bentuk deskripsi capaian  perkembangan anak dalam STPPA meliputi:
  1. Mengenal dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengenal ajaran  pokok agama, dan menunjukkan sikap menyayangi dirinya, sesama  manusia serta alam sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa melalui  partisipasi aktif dalam merawat diri dan lingkungannya:
    1. penanaman kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta  pengenalan ajaran pokok sesuai agama dan kepercayaan masingmasing;
    2. kesadaran untuk menjaga dan merawat diri sebagai bentuk rasa  sayang dan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa;
    3. kesadaran untuk saling menghargai sesama manusia sebagai bentuk  kasih sayang terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan dasar  terbangunnya nilai toleransi; dan
    4. kesadaran bahwa menghargai alam adalah bentuk rasa sayang 
    5. terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengenali identitas diri, mengetahui kebiasaan di keluarga, sekolah, dan  masyarakat, mengetahui dirinya merupakan bagian dari Warga Negara  Indonesia, serta mengetahui keberadaan negara lain di dunia:
    1. identitas diri agar dapat mengenal dan mengembangkan diri serta  menjalankan peran di lingkungannya; dan
    2. identitas kenegaraan sebagai wujud rasa bangga sebagai anak  Indonesia.
  3. Mengenali emosi, mampu mengendalikan keinginannya sebagai sikap  menghargai keinginan orang lain, dan mampu berinteraksi dengan teman  sebaya:
    1. pengenalan terhadap ragam emosi serta keterampilan untuk  mengendalikan emosi sebagai bentuk penghargaan terhadap diri dan  orang lain; dan
    2. interaksi positif dan berkolaborasi dengan orang lain.
  4. Mengenali serta menghargai kebiasaan dan aturan yang berlaku, serta  memiliki rasa senang terhadap belajar, menghargai usahanya sendiri  untuk menjadi lebih baik, dan memiliki keinginan untuk berusaha  kembali ketika belum berhasil:
    1. keterampilan untuk menyesuaikan diri dalam melakukan kegiatan  sehari-hari; dan
    2. kesadaran terhadap manfaat dari proses belajar serta kesadaran  bahwa keinginan untuk berusaha merupakan modal kunci agar  dapat memperoleh suatu kemampuan.
  5. Memiliki daya imajinasi dan kreativitas melalui eksplorasi dan ekspresi  pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk tindakan sederhana  dan/atau karya yang dapat dihasilkan melalui kemampuan kognitif,  afektif, rasa seni serta keterampilan motorik halus dan kasarnya:
    1. adanya ragam cara untuk mengekspresikan ide dan menyelesaikan  masalah yang diperoleh melalui pengalaman belajar langsung; dan
    2. pengembangan keterampilan motorik kasar, halus dan taktil untuk  keberdayaan diri.
  6. 6. Mampu menyebutkan alasan, pilihan atau keputusannya, mampu  memecahkan masalah sederhana, serta mengetahui hubungan sebab  akibat dari suatu kondisi atau situasi yang dipengaruhi oleh hukum  alam:
    1. pemahaman tentang hubungan sebab akibat dalam kehidupan  sehari-sehari;
    2. fenomena alam dan sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari;  dan
    3. penggunaan dan perekayasaan teknologi dalam kehidupan seharihari.
  7. Mampu menyimak, memiliki kesadaran akan pesan teks, alfabet dan  fonemik, memiliki kemampuan dasar yang diperlukan untuk menulis,  memahami instruksi sederhana, mampu mengutarakan pertanyaan dan  gagasannya serta mampu menggunakan kemampuan bahasanya untuk  bekerja sama:
    1. pemahaman tentang konsep literasi dasar yang relevan dalam  kehidupan sehari-hari; dan
    2. pengembangan minat pada bacaan.
  8. Memiliki kesadaran bilangan, mampu melakukan pengukuran dengan  satuan tidak baku, menyadari adanya persamaan dan perbedaan  karakteristik antar objek, serta memiliki kesadaran ruang dan waktu:
    1. pemahaman tentang konsep numerasi dasar yang relevan dalam  kehidupan sehari-hari; dan
    2. pengembangan minat pada kegiatan observasi, eksplorasi, dan  eksperimen dengan menggunakan lingkungan sekitar dan media.

Ruang Lingkup Materi PAUD Anak Berkebutuhan Khusus 2024

Ruang Lingkup Materi PAUD 2024 Program Kebutuhan Khusus Taman Kanak-kanak Luar Biasa dan Bentuk Program Lain yang Memiliki Peserta Didik Usia Dini Berkebutuhan Khusus Penyandang Disabilitas Ruang lingkup materi program kebutuhan khusus taman kanak-kanak luar biasa dan bentuk program lain yang memiliki peserta didik usia dini berkebutuhan khusus penyandang disabilitas disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan anak. 

Download Ruang Lingkup Materi PAUD 2024 ( Lampiran 1)

Lampiran 1 Ruang lingkup PAUD 2024  dalam Permendikud No 8 Tahun 2024 tentang Standar Isi

Atau silahkan klik tombol biru untuk mendownload Ruang lingkup Materi PAUD 2024 dalam permendikbud no 8 tahun 2024 tentang Standar Isi :

Demikian ruang linkup materi PAUD 2024 dalam Permendikbud no 8 tahun 2024 semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Ruang Lingkup Materi PAUD 2024 | Permendikbud No 8 Tahun 2024"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.