Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Form dan Quiz Di Google Form (menjawab bagaimana mengatur file yang masuk ke Drive dari respon siswa agar tidak bercampur dengan guru lain)



Saat ini Pandemi Covid-19 di sebagian besar wilayah Indonesia masih terus berlanjut, bukan menurun malah terus mengkhawatirkan, sehingga proses kegiatan belajar mengajar di tahun ajaran baru belum bisa dilaksanakan tatap muka di sekolah (luring) maka proses KBM sebagaimana “Panduan PembelajaranJarak Jauh bagi guru selama sekolah tutup dan pandemic covid-19 dengan semangatmerdeka belajar” yang di rilis oleh kemendikbud, masih harus Belajar di Rumah dengan pembelajaran jarak jauh. Sehingga pengunaan ,media pembelajaran Daring menjadi salah satu solusi dari berbagai solusi yang bisa dilakukan.

Salah satu aplikasi yang sering di pakai oleh guru-guru adalah produk dari google diantaranya ; google classroom, google form,quiz, google doc , google meet dll), namun beberapa kendala guru yang masuk ke penulis  salah satunya berupa teknis dalam pengelolaan seperti :

  1.  Banyak sekali file laporan siswa atau tugas yang masuk ke drive (cloud storage) kita padahal itu   dari   guru  mata pelajaran lain ! bagaimana caranya agar tugas guru lain tersebut tidak masuk ke folder kita sendiri di drive  pada guru bersama dalam classroom ?
  2. Bagaimana agar notifikasi tidak masuk ke email kita karena begitu banyaknya email yang masuk  dalam sehari ?
  3. Dan lain – lainnya yang secara teknis bisa dijawab asal pengetahuan dalam   mengintegrasikan berbagai produk google bisa di gunakan secara maksimal, bisa menjawab berbagai kendala   yang dihadapi, IngsyaAlloh kedepan kita bahas satu persatu.

Pada kesempatan ini, yang ingin saya jawab adalah permasalahan no 1 diatas,:

Bagaimana agar file guru  lain yang berupa laporan siswa  berupa dokumen, foto, video dan audio tidak masuk ke storage cloud (Drive) kita  ? , karena memenuhi memori dari Drive yang hanya terbatas 15 Gb ?

Untuk menjawab hal diatas ada 2 pendekatan yang bisa dilakukan :

1. Merubah Kepemilikan Acount Google dari tipe Gratisan ke  Tipe Berbayar ( G Suite)

Untuk account google gratis fasilitas yang diberikan tidak sampai mengatur file yang masuk ke drive kita ( cloud storage), sehingga semua file yang di upload di classroom otomatis masuk ke folder classroom yang ada di drive milik kita sendiri , bayangkan jika misalnya ada 11 guru dengan jumlah siswa total misalnya 200 siswa yang kita ajar, masing masing memberi tugas file upload dokumen/foto/video dengan misalnya masing masing 5 mb sebanyak 3 kali tugas seperti itu , silahkan kalikan sendiri

5mb/file x 11 guru x 200 siswa x 3 tugas = 33.000 mb

Artinya 33 Gb harus tersedia di Drive sedangkan yang gratisan Cuma 15 Gb ? tentunya tidak mungkin bisa masuk , maka harus beralih ke G Suite / account berbayar. Silahkan lihat pilihan mana kapasitas drive yang akan di dibeli.

Prinsip dagang seperti itu coba tester gratis ketika tertarik dan dibutuhkan silahkan beli agar mendapat lebih

Lihat Drive diposisi pojok  bawah sebelah kiri.


Cukup besar kan iuran bulanannya ? ada solusi lain yang lebih ringan karena setiap perusahaan biasanya memiliki program CSR, khususnya untuk pendidikan yang disebut “Google for Education” yaitu dengan mengajukan account Sekolah ke Google dalam membuat classroom, sehingga diberi kapasitas gratis yang besar sekali sudahkah sekolah anda melakukannya ! ayoo coba di link berikut ini :    https://edu.google.com/intl/id/products/classroom/?modal_active=none

Jika langkah 1 diatas tidak dilakukan bagaimana ? kepemilikan akun google masih berupa gratis dan mandiri masing masing guru , dibawah langkah kedua yang mungkin bisa dilakukan dan sangat simple

1.     2. Pastikan Setiap guru dalam membuat tugas/Assignment  tidak   memberi tugas berupa upload file atau video secara langsung di classroom tapi harus   menggunakan aplikasi google Form dengan membuat Form yang meminta responden/siswa untuk   mengupload dokumen/video/image, sehingga file laporan siswa masuknya hanya ke drive si pemberi   tugas /assignment dan tidak masuk ke guru lain di classroom tersebut.

       Dibawah ini saya berikan tutorial bagaimana membuat form yang meminta siswa mengupload           foto/video/audio/ dan dokumen lainnya

           Daftar ISI :

  1.     Apa itu Google Form
  2.     Masuk ke dalam Google Form
  3.       Memulai Membuat Google Form ( upload file dokumen/image/video dll)
  4.    Sharing Form /quiz
  5.     Setingan membuat Soal/Quiz
  6.      Memperpendek URL

1.     Apa Itu Google Form

Google Form adalah aplikasi online produk google bersama dengan produk lainnya seperti google dokumen, google spreadsheet, google slides, google form berfungsi sebagai alat untuk membuat survey,quisioner,  soal dan lain sebagainya yang berguna dalam mencari, mengumpulkan dan mengolah data (berupa statistic). Sehingga mempercepat, dan mempermudah pekerjaan . karena flatformnya adalah online maka akan semakin efisien pekerjaan kita karena tidak membuang banyak waktu, tenaga, kertas, tinta dan yang paling penting terjaga keamanannya , karena semua data tersimpan di Drive sebagai tempat penyimpanan Online (Cloud Storage).

2.     Masuk Ke Google Acount sehingga Nampak portal seperti ini

1.       Buka account google

Atau kalau google crome sudah tersincron dengan google account akan Nampak seperti ini

2.       Klik Gambar 9 titik berbentuk kotak  sehingga Nampak pilihan google produk, kemudian klik “Drive” ( ditunjuk panah merah)

3.   Memulai membuat Google Form (upload File Dokumen, Image/video dll)

 1.       Setelah berada di area Tampilan Drive, untuk memulai  Klik Tanda  


2.       Sehingga Nampak langkah berikut, 


Kita ambil contoh form yang akan dibuat dimana meminta siswa (responden) untuk mengupload file berupa dokumen/ image/foto/video dll, misalnya dengan  point- point pertanyaan yang akan kita buat sebagai berikut :

  1. Nama Siswa    :
  2. Kelas siswa      :
  3. Hari / Tanggal dikerjakan :
  4. Upload laporan berupa Dokumen      :
  5. Upload laporan berupa Foto/video    :


Ok ! kita lanjut ke praktek  step by step :

Langkah : 1 (membuat judul)

Langkah  : 2 menulis Nama Siswa

 


Langkah   3 : kelas 


Langkah 4 : tanggal di kerjakan


 


Langkah 5 ( laporan berupa Upload Dokumen )


langkah 6 : (laporan berupa uplod foto/video)

karena sama,  ulangi langkah lima diatas dan pilih specific file types yang diinginkan, seperti dibawah ini :


Maka Form yang meminta Upload file sudah beres, tinggal di sharingkan saja file link nya

4.     Sharing Form /Quiz

Mengirim Form /Quiz  dengan mengklik  

  1. Melalui Email
  2. Melalui Media social melalui LInk
  3. Melalui Web/Blog

Langkah - langkahnya sebagai berikut :

1. Jika anda mau memalui Email biasanya bersifat  lebih privat 

2. Berupa Link /untuk disharing ke media sosial

3. Ditempel di Blog atau Web

5.      Setingan Untuk Membuat Soal /QUIZ

1. Setting Setelan dan centang Quis

2. Menentukan Kunci Jawaban


5.     Memperpendek URL link .

Saya ambil melalui gg.gg supaya lebih simple dan langsung bisa barcode /QR code   masuk ke : www.gg.gg.com  atau  http://gg.gg/ kalau anda suka bit.ly silahkan.


lengkapnya anda bisa pelajari dilink berikut ini, silahkan di download :

  1. Membuat form dan quiz di Google form pdf
  2. Membuat form dan quiz di Google Form  power point

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Membuat Form dan Quiz Di Google Form (menjawab bagaimana mengatur file yang masuk ke Drive dari respon siswa agar tidak bercampur dengan guru lain)"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.