Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Lesson Design RPP Merdeka Belajar


Sebelum saya bahas RPP /Lesson Design versi Lesson Study,  dibawah ini RPP 1 lembar yang disebut RPP Inspiratif 2019 dari Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Balitbang Kemdikbud, saya perlihatkan RPP untuk SMP/MTs, sebagai perbandingan dimana pilihan dibebaskan kepada guru masing-masing sebagaimana disebutkan,  guru bebas menggunakan format, bentuk RPP. 
Tingkatan lainnya bisa di download di akhir artikel.


Ok ! kita kembali ke Lesson Design /RPP ala Jepang nya ;

Seorang guru sedikitnya harus memiliki 3 jenis perencanaan  : 

  1. Rencana Tahunan
  2. Rencana Semester  yang lain menyebut rencana Topik
  3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Saat ini sebagaimana Judul kita fokuskan  ke rencana ke 3 yaitu RPP ;

Cara Membuat Lesson Design RPP Merdeka Belajar dan  apa yang saya contohkan akan ditemukan banyak kekurangannya namun target saya hanya ingin mendokumentasikan apa yang saya peroleh ketika mendapatkan pelatihan fasilitator baik tingkat kabupaten maupun provinsi dan kegiatan lesson Study di Kabupaten Sumedang dari  sejak tahun 2010 serta ketika mejadi guru model yang kebetulan berkesempatan langsung mendapat bimbingan cara membuat Lesson Design oleh Mr Rio Suzuki yang selama Pelaksanaan Lesson Study sering bolak-balik ke Kabupaten Sumedang  bersama  Bpk Sumar Hendayana,P.hD (Presiden ALSI), yang selalu konsisten penuh dedikasi mendampingi dan membimbing Guru-guru Sumedang khususnya sampai sekarang,  di wadah Forum Lesson Study Kabupaten Sumdang.

Next,  bagaiman cara membuat Lesson Design atau RPP ala Jepang yang sangat sederhana , dan simpel terlihatnya ini ?

Sebelum membuat ada beberapa prinsip yang harus terus di pegang dalam membuat sebuah Rencana Pembelajaran.

Apa yang harus di persiapkan ?

  • Pelajari topik yang akan diajarkan dengan seksama
  • Membuat Chafter Design yaitu memilah materi materi yang esensial
selain itu ada beberapa bertanyaan yang harus dijawab dan dipredikasi agar dalam melaksanakan pembelajaran guru bisa lebih menguasai situasi yaitu ;
  1. Apa yang saya harapkan untuk dipahami dan dipelajari oleh siswa  selama pembelajaran ini ?
  2. Apakah semua siswa bisa dan dapat memahami pelajaran ? jika tidak , bagian mana dari topik yang akan dipelajari yang bisa menjadi kendala ?
  3. Apa yang harus dilakukan untuk membantu siswa, yang memiliki kendala atau kesulitan ?
  4. Apakah para siswa saling mendengarkan satu sama lain ?
inilah yang menjadi fokus perhatian dalam penyusunan Lesson Design /RPP versi  Lesson Study, yaitu bagaimana guru bisa membaca "bagaimana siswa belajar" sehingga prinsip dalam membuat Lesson Design ala Jepang adalah :
  1. Tujuan, kita harus memiliki tujuan yang jelas yang akan dicapai dalam satu pembelajaran, tujuan yang jelas membuat kita fokus yaitu apa yang kita harapkan dari siswa untuk di pahami /apa yang ingin siswa kita pelajari dari pembelajaran kita ?
  2. Kondisi dan Reaksi siswa,  kita harus memonitor siswa secara individu, kenali siswa mana yang mengalami kendala dalam memahami yang kita ajarkan, guru harus bisa mengetahui alasan dibalik kesulitan-kesulitan siswa tersebut, kemudian buat penyesuaian dalam pembelajaran kita untuk membantu siswa tersbut, sehingga penting sekali guru  bisa mengantisipasi reaksi siswa atas materi, perlakuan dan pertanyaan yang kita lontarkan kepada siswa. dengan mengantisipasi respon siswa maka kita akan mampu merespon siswa dengan baik.
  3. Pastikan juga siswa kita memperhatikan temannya yang lain, terutama saat siswa bertanya dan mempresentasikan temuannya.



Dari contoh Lesson Design /RPP diatas yang telah dibuat oleh sejawat saya yang menjadi guru model di pelatihan Fasilitator Lesson Study tingkat Provinsi Jawa Barat, poin-poin  yang harus ada dalam RPP Lesson Study ini adalah :

1. Materi / Topik apa yang akan di diajarkan.
2. Tujuan Pembelajaran  memuat 3 hal :
  • Cara Belajar
  • Materi Ajar
  • Asesmen/evaluasi
3. Lankah-langkah pembelajaran 
    dibuat secara tabel 2 kolom 
    kolom pertama : berisi kegiatan siswa ( buat kotak tebal konsep yang penting)
    kolom kedua    : bantuan dan perhatian yang akan diberikan (prediksi kesulitan siswa)
4. Evaluasi
Yang paling berat dalam merancang RPP sederhana /RPP Merdeka belajar Versi Lesson Study ini adalah bagaimana kegiatan siswa sesuai tujuan yang telah dibuat dan bantuan serta perhatian apa yang bisa diberikan, dimana kita harus memprediksi kesulitan yang mungkin akan dialami siswa dan bagaimana kita mensikapinya.


keterampilan inilah apabila di cari dan ditemukan sendiri guru akan sangat berat , untuk itu diatasi dengan apa yang di sebut oleh Manabu Sato.2012. "Tiga sistem Kegiatan' Yaitu :
  1. Pembelajaran Kolaboratif ( Collaborative Learning),didalam kelas
  2. Pembentukan Komunitas Belajar Profesional (Professional Learning Community)
  3. Kolegialitas (Collegiality)



Tercermin dari PLAN dalam Lesson study.
disini guru dan sejawatnya dan atau para pakar (dosen) berkolaborasi mendiskusikan 3 point seperti pada gambar berikut.

Yang tidak kalah penting dalam pembuatan RPP ini adalah kegiatan refleksi setelah pembelajaran, terutama dari para observer KBM kita, sehingga bisa terus dilakukan perbaikan, ditiap fase Pembelajaran kita baik di sisi Plan- Do - See.


Penutup


Keberhasilan pendidikan Jepang selama ini karena secara perlahan terus diperbaiki, dengan perlahan maka perubahan ke arah perbaikan  akan semakin mengakar, Saya jadikan berpikir Revolusioner menjadi Evolusioner , Think revolutionary but change evolusionary. (Manabu Sato.2012)


Semoga bermanfaat.

Silahkan Download sebagai perbandingan / contoh RPP Merdeka Belajar versi Lesson Design  dan RPP Inspiratif 2019. 

1. RPP Merdeka Belajar versi Lesson Design
2. RPP Inspiratif 2019

Untuk pemahaman yang holistik kunjungi pula 


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

3 comments for "Cara Membuat Lesson Design RPP Merdeka Belajar"

  1. Terima kasih bu Ai Deti sangat mengispirasi dan bermanfaat...Semoga segera menyusul contoh lesson design untuk materi Biologinya. Terima kasih,

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share,Sukses selalu

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :