Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen instrumen pada soal-soal AKM dan Contoh Soal

Tentang AKM

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah penilaian kompetensi dasar yang di butuhkan oleh peserta didik, untuk mampu mengembangkan kapasitas dirinya dan mampu berpartisipasi positif ditengah masyarakat.
Dua kompetensi dasar yang diukur dalam AKM ini adalah:
  • literasi Membaca  yaitu kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga indonesia dan warga dunia serta dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
  • Literasi Matematika (Numerasi); yaitu kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebgai warga Indonesia dan warga dunia
Apa saja kompetensi yang dinilai ?

kompetensi yang dinilai adalah :
  1. Keterampilan berpikir logis-sistematis
  2. Keterampilan bernalar menggunakan konsep dan Pengetahuan yang telah dipelajari
  3. Keterampilan memilah dan mengolah  infomasi

Tujuan AKM

Dalam pembelajaran terdapat tiga komponen penting , yaitu :
  1. Kurikulum ( apa yang diharapkan di capai)
  2. Kegiatan Belajar Mengajar (proses bagaimana mencapai)
  3. Asesmen (apa yang sudah dicapai)
Asesmen dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang capaian peserta didik terhadap kompetensi yang diharapkan.

AKM di rancang untuk menghasilkan informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Hasil AKM nantinya dilaporkan ke satuan pendidikan dan guru, untuk memberikan infomasi mengenai tingkat kompetensi peserta didik. yang nantinya dimanfaatkan satuan pendidikan dan guru dari berbagai mata pelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan tingkat capaian peserta didik. Sehingga "Teaching at the righ level" dapat di terapkan , karena pembelajaran yang dirancang sesuai dengan tingkat kecakapan peserta didik akan memudahkan siswa menguasai konten/kompetensi pada suatu mata pelajaran.

Komponen Instrumen AKM

AKM diharapkan mampu mengukur Konten dan Konteks pada beberapa tingkat proses kognitif

Konten


Proses Kognitif


Konteks




Contoh Soal AKM


ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Komponen instrumen pada soal-soal AKM dan Contoh Soal"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.