Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Belajar Perkembangan Kognitif Jean Piaget

Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget (Cognitive Development Theory)


Menurut Piaget pengetahuan (knowledge) adalah interaksi yang terus menerus antara individu dengan lingkungan. 

Fokus perkembangan kognitif Piaget adalah perkembangan secara alami pikiran pembelajar mulai anak-anak sampai dewasa. Konsepsi perkembangan kognitif Piaget, diturunkan dari analisa perkembangan biologi organisme tertentu. Menurut Piaget, intelegen (IQ=kecerdasan) adalah seperti system kehidupan lainnya, yaitu proses adaptasi. Ada tiga perbedaan cara berpikir yang merupakan prasyarat perkembangan operasi formal, yaitu; gerakan bayi, semilogika, praoperasional pikiran anak-anak, dan operasi nyata anak-anak dewasa

Ada empat faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif (Piaget,1977) yaitu :

  1. lingkungan fisik
  2. kematangan
  3. pengaruh sosial
  4. proses pengendalian diri (equilibration)

Tahap perkembangan kognitif :

  1. Periode Sensori motor  (sejak lahir – 1,5 – 2 tahun) ; pada fase awal ini bersifat bawaan berupa gerakan yang refleks dan tidak disengaja, seperti menghisap, kemudian masuk ke skema refleks terkontrol  seperti menghisap, melihat dan menggenggam, sudah terkoordinasikan.
  2. Periode Pra Operasional (2-3 tahun sampai 7-8 tahun) ; mulai mempresentasikan dunia dengan kata-kata, bayangan bahkan gambar, konsep sudah stabil dan mulai belajar bernalar, bersifat egosentris dan rasa ingin tahu yang besar.
  3. Periode ;Operasional Konkret (7-8 tahun sampai 11 tahun) ; ini adalah tahapan penyempurnaan dari pertumbuhan intelektual yaitu konservasi, klasifikasi dan transitivitas, sebagai tahapan berpikir rasional, sudah mampu dan memiliki operasi-operasi konkret , sudah bisa mengambil keputusan secara logis.
  4. Periode operasinal  formal (11 - ...) ; mampu berpikir logis untuk semua jenis masalah dapat melakukan  hipotesis, masalah verbal, dan ia dapat menggunakan penalaran ilmiah dan mampu bekerja secara sistematis serta dapat menerima pandangan orang lain.

Kunci dari keberhasilan pembelajaran adalah guru harus memfasilitasi agar pembelajar dapat mengembangkan berpikir logis.

Teori Belajar lainnya jangan dilewatkan :
  • Teori belajar Operant Conditioning Skinner DISINI
  • Teori belajar Conditioning of learning  Robert M Gagne DISINI
  • Teori belajar Orang Dewasa DISINI
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Teori Belajar Perkembangan Kognitif Jean Piaget "

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share,Sukses selalu

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.