google-site-verification: google4ea25410b2d7324e.html 5 Standar Kompetensi Guru Profesional di Amerika - GURU SUMEDANG
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Standar Kompetensi Guru Profesional di Amerika

Siapa yang tidak mengenal Amerika, yang  menjadi pusat segala-galanya di era sekarang ini, apakah itu fashion, hiburan, olahraga , gaya hidup, sain dan teknologi, ilmu pengetahuan dan termasuk dunia Pendidikan.

Sedikit melirik ke Amerika sana, saya ajak sobat guru membaca sampai tuntas bagaimana 5 standar kompetensi  guru professional di Amerika sana. 

Sertifikasi Guru
Pixabay.com

The National Board for Profesional Teaching Standar (NBPTS; 2002) merumuskan standar kompetensi bagi guru di Amerika, yang menjadi dasar dalam menyeleksi guru-guru di Amerika  sehingga bisa mendapatkan sertifikasi guru (guru professional)

Kalau di Indonesia bukan lembaga khusus seperti mereka namun   penyeleksi guru dan dosen Profesional (sertifikasi) adalah Perguruan Tinggi yang ditunjuk. CEK DISINI

Badan Nasional Standar Pengajaran Profesional (NBPTS) menetapkan standar untuk guru berprestasi dan memberikan sertifikasi profesional kepada guru yang dapat menunjukkan bahwa praktik mengajar mereka memenuhi standar NBPTS. 

Pendidik dan ahli dalam perkembangan anak dan bidang terkait yang mendirikan organisasi ini, dan para ahli ini bekerja untuk mengembangkan dan menyempurnakan standar pengajaran yang dicapai berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang ditunjukkan oleh guru yang efektif. 

Standar tersebut mencerminkan lima proposisi inti, dengan rumusan :
What Teachers Should Know and Be Able to Do, 
Selengkapnya berikut ini 5 Standar Kompetensi guru profesional di Amerika :

1. Teachers are Committed to Students and Their Learning (Guru yang berkomitmen pada siswa dan pembelajaran mereka )  mencakup : 

  • penghargaan guru terhadap perbedaan individual siswa, 
  • pemahaman guru tentang perkembangan belajar siswa, 
  • perlakuan guru terhadap seluruh siswa secara adil, dan 
  • misi guru dalam memperluas cakrawala berfikir siswa.
2. Teachers Know the Subjects They Teach and How to Teach Those Subjects to Students (guru yang mengetahui mata pelajaran yang mereka ajarkan dan bagaimana mengajarkan mata pelajaran tersebut kepada siswa ) mencakup : 

  • apresiasi guru tentang pemahaman materi mata pelajaran untuk dikreasikan, disusun dan dihubungkan dengan mata pelajaran lain, 
  • kemampuan guru untuk menyampaikan materi pelajaran 
  • mengembangkan usaha untuk memperoleh pengetahuan dengan berbagai cara (multiple path).

3. Teachers are Responsible for Managing and Monitoring Student Learning (guru yang efektif mengelola dan memantau pembelajaran siswa, ) mencakup:

  • penggunaan berbagai metode dalam pencapaian tujuan pembelajaran,
  • menyusun proses pembelajaran dalam berbagai setting kelompok (group setting), kemampuan untuk memberikan ganjaran (reward) atas keberhasilan siswa,
  • menilai kemajuan siswa secara teratur, dan
  • kesadaran akan tujuan utama pembelajaran.

4. Teachers Think Systematically About Their Practice and Learn from Experience (guru yang berpikir secara sistematis tentang praktik mereka dan belajar dari pengalaman,) mencakup:

  • Guru secara terus menerus menguji diri untuk memilih keputusan-keputusan terbaik,
  • guru meminta saran dari pihak lain dan melakukan berbagai riset tentang pendidikan untuk meningkatkan praktek pembelajaran.

in perspective.org

5. Teachers are Members of Learning Communities (guru yang yang terlibat secara efektif sebagai anggota komunitas belajar ) mencakup : 

  • guru memberikan kontribusi terhadap efektivitas sekolah melalui kolaborasi dengan teman sejawat (guru, dosen) serta kalangan profesional lainnya,
  • guru bekerja sama dengan tua orang siswa,
  • guru dapat menarik keuntungan dari berbagai sumber daya masyarakat.


Semoga kita semua di mampukan dan dimudahkan, 
Maju terus Pendidikan Indonesia

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "5 Standar Kompetensi Guru Profesional di Amerika"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.