google-site-verification: google4ea25410b2d7324e.html 6 Tips Google jika anda mengajar menggunakan Teknologi - GURU SUMEDANG
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Google jika anda mengajar menggunakan Teknologi

Teknologi sudah tidak bisa dibantah lagi, menjadi bagian penting  kehidupan manusia, termasuk dalam proses pembelajaran, apalagi ditengah Pandemi covid-19 saat ini, yang sudah berjalan 2 tahun ajaran,  penggunaan teknologi menjadi tools paling penting.

Mengajar dimana saja
Dok.gurusumedang.com
Teknologi akan memudahkan guru dan membantu guru mengajar dengan membuat pembelajaran menjadi lebih asyik dan menarik, menambah referensi keren dan hebat serta berbobot yang pastinya mudah diakses oleh peserta didik, dan juga sangat menghemat waktu dan tenaga, untuk itu saya hantarkan 6 Tips Google jika anda mengajar menggunakan teknologi.

Google memberikan tool-tools yang super keren dengan Google Workspacenya seperti Google slide, Google Doc, Google sheet, Form, Drive, Google Classroom, Maps/Google Earth, Google Meet, Jambord, Google Site, dan masih banyak aplikasi lainnya yang sangat membantu guru dalam mengajar.

Google Workspace for Education


Jarak menjadi tidak penting lagi, sudah tidak ada demarkasi yang membatasi dan terbelenggu oleh ruang dan waktu, semuanya bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, baik berada dirumah dengan laptop atau disebuah kota dengan smarphonenya, tetap bisa mengajar, sesuai dengan slogan belajar dari google for education "Belajar Dimana Saja".

6 Tips Google jika anda mengajar mengunakan Teknologi.

Kadang banyak guru yang mundur menggunakan teknologi dan kembali ke jaman old dan manual  karena merasa menggunakan teknologi hanya akan menambah ribet, tidak praktis, menyusahkan dan nambah beban saja, sudah tua, untuk anak muda saja, sehingga sulit dan memusingkan jika menggunakan teknologi terbaru.


Mereka lupa bahwa peserta didik yang mereka hadapi dan ajarkan itu adalah generasi alfa, generasi y,  generasi z dan bahkan generasi beta, yang dikelilingi dan dilingkupi oleh teknologi,  generasi ini sangat pintar dan mudah beradaftasi dalam penggunaan teknologi,  dimana semua sendi kehidupannya tidak lepas dari penggunaaan teknologi yang menjadi ciri jaman generasi sekarang tersebut.

Pengunaan Google meet
Dok. gurusumedang.com
Kemudian ada yang beralasan, kan tidak semua peserta didik memiliki fasilitas dan kemampuan yang sama !.
Memang betul, peserta didik kita tidak sama, justru disitulah alasannya, guru harus bisa dan mampu melayani semua  situasi dan kondisi  peserta didik, silahkan baca tulisan yang dimuat www.gurusumedang.com dari Dr Dian Sukmara tentang Relaksasi Kurikulum TLC, sebelumnya.

OK sobat guru,  bagi  yang merasa teknologi menjadi hal yang sangat memberatkan bahkan menambah ribet ,sindrom ini juga menjadi  hal yang sering menyerang penulis, inilah 6 Tips Google jika anda mengajar menggunakan Teknologi, agar terhindar situasi dan kondisi diatas :
  1. Mencoba sendiri terlebih dahulu ; teknologi itu harus dicoba dan dilakukan, tidak bisa hanya di tonton, didengar dan dilihat saja, ikuti langkah demi langkah secara berurutan, banyak sekali bertebaran tutorial- tutorial baik tulisan dan video youtube, klik setiap tool baik dokumen, slide, classroom dll untuk mengetahui dan melihat fungsinya masing-masing. Ditambah cari tahu/literasi sedikit tentang teknologi tersebut sehingga kepercayaan diri kita meningkat, sebelum menggunakannya bersama peserta didik.
  2. Mulai dari yang kecil ; setelah kepercayaan diri meningkat dengan mengetahui bagaimana cara menggunakan teknologi tersebut dalam mengajar, gunakanlah dan gunakan dengan mulai dari langkah kecil, pelajari dan coba satu hal dari pelajaran (teknologi yang digunakan) sebelum melanjutkan ke teknologi lainnya. Sebelum beralih ke hal baru, sobat guru harus merasa percaya diri dengan apa yang dipelajari sebelumnya, sobat guru tidak harus melahap semuanya dalam satu pertemuan/minggu pertama sebab masih banyak minggu dan kesempatan yanglainnya . Setiap orang akan berbeda dalam menemukan  manfaat penggunaan teknologi, kuncinya adalah mencari tahu bagaimana teknologi dapat membantu kita para guru dan siswa dengan sebaik-baiknya.
  3. Lakukan setiap hari; belajar yang terbaik adalah belajar yang berulang, tidak cukup sekali, agar tangan dan anggota badan kita lainnnya memiliki memorinya sendiri itu semua harus dilakukan berulang-ulang. lihatlah para kasir ketika mengetik angka-angka,  jarinya sudah memiliki memori atau para juru tik, jari-jari tangganya sudah punya mata dan memorinya sendiri. Buatlah komitmen diri untuk menggunakan keterampilan teknologi baru tersebut setiap hari sehingga benar-benar percaya diri untuk melanjutkan ke pelajaran berikutnya.  Tetapkan tujaun sobat guru untuk mencoba apa yang telah dipelajari setiap hari selama seminggu. Maka kita akan tahu betapa cepatnya kita mengingat dan menggunakan apa yang telah dipelajari.
  4. Jangan takut gagal/salah ; ciri seseorang yang sedang belajar adalah salah, untuk itulah kita belajar, kalau sudah pintar dan tidak pernah salah bukan belajar namanya, terutama saat menggunakan teknologi baru, sangat wajar jika membuat kesalahan saat bekerja dengan alat ini.  Jangan ragu salah karena setiap kesalahan bisa diurungkan (Undo) dengan mengkllik tombol ini,

    yang sering berada di menu kiri atas . Tidak ada yang sempurna , untuk itu kesalahan yang dialami justru pembuka ilmu. Para pengajar juga dapat melakukan kesalahan dan peserta didik tahu itu dan mereka sering kali siap membantu memecahkan masalah jika terjadi kesalahan dalam pelajaran.!
  5. Bekerjasama dengan pengajar lainnya; kita akan belajar dengan cepat saat bekerjasama dan berkolaborasi. Bermitralah dengan teman sejawat disekolah saat sobat guru menggunakan teknologi bersama peserta didik.  Bicarakan apa yang sudah berjalan dengan baik, pilih satu alat/tools google dan susun rencana bersama untuk memanfaatkannya guna membantu sobat guru mengajar. Anda bahkan dapat selangkah lebih maju dengan mensharingkan/mengimbaskan apa saja yang telah berjalan dengan baik kepada teman pengajar pada rapat sekolah, IHT atau pelatihan.
  6. Gunakan dan praktikan setiap hari secara online/daring; gunakanlah Google Workspace for Education melalui berbagai device/ aplikasi ponsel atau Tablet, atau browser web di laptop dan chromebook. bisa juga secara offline dengan menginstalnya.
Itulah sobat guru 6 Tips Google jika anda mengajar menggunakan teknologi, dan Google hadir dengan Google workspace for education untuk pembelajaran yang lebih mudah,  kreatif, inovatif  dan menyenangkan serta memberikan kesempatan yang luas kepada pendidik dan peserta didik (siswa) untuk berkembang.

Salam Sukses



 
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "6 Tips Google jika anda mengajar menggunakan Teknologi"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.