Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Fitur Google Akun Pribadi dan Akun Pembelajaran

untuk itu saya angkat perbandingan fitur Google dalam akun pribadi dan akun pembelajaran   Akun pembelajaran adalah akun Google Workspace for Education yang merupakan serangkaian alat dan layanan Google yang disesuaikan bagi sekolah dan homeschool untuk berkolaborasi, menyederhanakan instruksi, dan tentunya menjaga pembelajaran tetap aman.
Sobat guru, saat ini penggunaan Google Workspace for education (GWE) menjadi tools yang sangat penting menuju digitalisasi sekolah dan pembelajaran abad 21, namun masih saja ada yang bertanya lebih jauhnya belum memahami  dan mengerti begitu pentingnya akun pembelajaran yang telah di bagikan oleh Kemendikbud ristek sejak 9 Oktober 2020 dengan dikeluarkannya Peraturan persesjen Kemdikbud  No 18 tahun 2020 tentang akses layanan akun pembelajaran untuk seluruh guru, tenaga kependidikan dan peserta didik mulai dari SD kelas 5 sampai dengan SMA dan SMK, baik negeri maupun swasta'

 " Untuk apa sih akun pembelajaran ? apa bedanya dengan akun biasa toh sama-sama saja ?

untuk itu saya angkat perbandingan fitur Google dalam akun pribadi dan akun pembelajaran 

Akun pembelajaran adalah akun Google Workspace for Education yang merupakan serangkaian alat dan layanan Google yang disesuaikan bagi sekolah dan homeschool untuk berkolaborasi, menyederhanakan instruksi, dan tentunya menjaga pembelajaran tetap aman. 

Google Workspace for Education sebagaimana yang saya cuplik dari bantuan Google menawarkan 4 opsi, 2 diantaranya adalah :

  • Google Workspace for Education Fundamentals—Menyediakan alat untuk membantu proses belajar dan mengajar, seperti Classroom, Google Meet, Google Dokumen, Google Formulir, serta Google Chat.
  • Google Workspace for Education Standard—Alat yang sama seperti Education Fundamentals, tetapi dilengkapi fitur keamanan canggih dan kontrol administrasi yang ditingkatkan. dan Akun Pembelajaran termasuk akun GWE Standar.

GWE Fundamentals gratis untuk semua institusi yang memenuhi syarat, sedangkan untuk Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, dan Education Plus didapatkan dengan langganan berbayar, namun dibagikan gratis oleh kemdikbud untuk sekolah, guru dan peserta didik.

Berikut ini Perbandingan fitur Google dalam akun pribadi dan akun pembelajaran @belajar.id 

Aktifitas atau Fitur Akun Google Pribadi Akun GWE
(Akun pembelajaran @belajar.id)/
akun education standar
Email Evaluasi Classrom untuk wali ... ya
Laporan Keaslian ... 5 laporan perkelas
Batas waktu untuk rapat grup yang menggunakan Google Meet /hari 60 menit 24 jam
Kemampuan memiliki link Google Meet unik tingkat kelas ... ya 
Kontrol moderasi yang lebih baik untuk pengajar selama rapat Google Meet ... ya
Kontrol Papn tulis Virtual dan fitur angkat atangan untuk rapat google meet ... ya
Pengajar perkelas 20 20
Pengajar dan siswa perkelas 250 1000
Kelas yang dapat diikuti maksimum 100, 30 perhari 1000
Kelas yang dapat dibuat 30 perhari tidak terbatas
Undangan anggota kelas yang dapat dikirim 100 perhari, perpengajar 500 perhari , perpengajar
Topik perkelas 200 200
Sumber : Bantuan Google Admin Google Workspace

Penggunaan akun pribadi atau akun pembelajaran pada dasarnya adalah pilihan,  namun  dalam lingkungan sekolah, sobat guru sebaiknya menggunakan akun Workspace for Education yang diberikan oleh sekolah,(kemdikbud) dalam hal ini adalah akun pembelajaran @belajar.id .

Sehingga terjaga keamanan untuk seluruh peserta. karena secara default di setting untuk kalangan @belajar.id, serta adanya pengaturan dalam console admin google ( admin akun pembelajaran di tiap sekolah.).

Administrator sekolah,  di akun pembelajaran adalah  admin akun pembelajaran yang di pegang oleh Kepala sekolah dan seorang admin /operator, yang dapat menentukan dan memilih  layanan mana yang tersedia  serta pilihan kebijakan layanan yang diberikan dan aplikasi yang dibutuhkan  tiap sekolah terhadap guru dan peserta didiknya.

Akibatnya penggunaan Google Workspace for Education /Akun Pembelajaran oleh sekolah dapat berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lain. 

Google memahami hal ini dan menyatakan bahwa  :
Sekolah berada di posisi terbaik untuk menyesuaikan informasi yang dibagikan kepada orang tua berdasarkan penggunaan layanan Google yang sebenarnya oleh sekolah. 
Semuanya bebas untuk tumbuh dan berkembang sesuai visi dan misinya dan tidak ada solusi tunggal yang cocok untuk semua situasi, namun Google bertujuan untuk memberikan informasi yang diperlukan oleh sekolah tentang praktik keamanan, privasi, dan layanan Google, sehingga sekolah dapat terus memberikan informasi terbaru dan jaminan keamanan kepada orang tua. 

Salah satu ciri sekolah model abad 21 (Manabu Sato,2012)  adalah adanya solidaritas antara orang tua dan elemen masyarakat yang bekerjasama dengan sekolah/Dinas Pendidikan.Silahkan cek selengkapnya DISINI

Demikian salah satu nilai besar dari Akun pembelajaran, semoga bermanfaat untuk sobat guru sekalian, maju terus pendidikan Indonesia.

Sumber : Bantuan admin google workspace " https://support.google.com/a/answer/6356509?hl=id&ref_topic=3035696" diakses pada 14 -9-2021

Salam Sukses



Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Perbandingan Fitur Google Akun Pribadi dan Akun Pembelajaran"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :