Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjelang ANBK September 2021

Asessmen Nasional  sebagaimana pasal 2  dan  3 Permendibudristek no 17 tahun 2021 bertujuan untuk mengukur: Hasil belajar kognitif; mencakup literasi  dan Numerasi  yang diukur melalui Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) Hasil belajar nonkognitif; mencakup sikap yang melandasi karakter-karakter dalam profil pelajar Pancasila yang diukur melalui Survei Karakter Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan ;mencakup  1) iklim keamanan, ; 2) iklim inklusifitas dan kebinekaan; dan 3) proses pembelajaran di satuan pendidikan dan kualitas lingkungan belajar diukur melalui Survey  Lingkungan Belajar.

Halo sobat guru, Assesmen Nasional  (ANBK 2021) yang semula direncakan pada Maret 2021  sebagaimana diketahui bersama akan dilaksanakan pada bulan  September s.d Nopember 2021 ini, tentunya sekolah telah mempersiapkan diri baik siswa maupun sarana dan prasarananya. 

Namun pemahaman tentang Asesmen Nasional masih harus terus di sosialisakan, sehingga semua stakeholder bisa menggunakan hasil Asesmen Nasional ini untuk perbaikan sisstem dan pelaksanaan pendidikan (pembelajaran dan pengajaran) disekolahnya.  

Halo sobat guru, Assesmen Nasional  (ANBK 2021) yang semula akan dilaksanakan pada Maret 2021  menjadi  bulan September s.d Nopember 2021 :

Apa hubungan Asesmen Nasional (AN) dengan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) ?

Asessmen Nasional  sebagaimana pasal 2  dan  3 Permendibudristek no 17 tahun 2021 bertujuan untuk mengukur:
  1. Hasil belajar kognitif; mencakup literasi  dan Numerasi  yang diukur melalui Asesmen Kompetensi Minimal (AKM)
  2. Hasil belajar nonkognitifmencakup sikap yang melandasi karakter-karakter dalam profil pelajar Pancasila yang diukur melalui Survei Karakter
  3. Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan ;mencakup  1) iklim keamanan, ; 2) iklim inklusifitas dan kebinekaan; dan 3) proses pembelajaran di satuan pendidikan dan kualitas lingkungan belajar diukur melalui Survey  Lingkungan Belajar.
Survey karakter meliputi Profil pelajar Pancasila  yang di jelaskan dalam pasal 3 ayat 7  meliputi  :
  1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia;
  2. bernalar kritis;
  3. mandiri;
  4. kreatif;
  5. bergotong royong; dan
  6. berkebinekaan global

Mengapa AN terdiri dari ; AKM, Survery karakter dan Survey Lingkungan Belajar ?

Untuk memahami hal tersebut kita bisa merujuk pada (OECD,2019) dimana PISA (Programme for international student asessmen)   mendefenisikan  tentang :
  • literasi membaca sebagai  kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan dan tertarik pada teks  untuk mencapai tujuan, membangun pengetahuan dan potensi, dan untuk berpartisipasi  secara penuh di masyarakat. 
  • Literasi matematika sebagai kapasitas individu untuk memformulasikan, menggunakan dan mengintepretasikan matematika dalam  beragam konteks. 
  • literasi sains adalah kemampuan untuk tertarik pada topik-topik  sains dan ide-ide sains sehingga dapat menjelaskan suatu fenomena secara ilmiah dengan mengevaluasi dan mendesain metode ilmiah, serta mengintepretasi data dan bukti secara ilmiah 
cukup  AKM saja berupa literasi membaca dan Numerasi ?sebagaimana UN yang hanya mengukur Kognitif saja , mengapa harus ada Survey Karakter dan Survey lingkungan belajar.
Kerangka acuan dasar PISA 2018 juga mengidentifikasi  aspek-aspek inti sekolah selain literasi dan numerasi serta sains yaitu :
  • keluarga dan lingkungan masyarakat, 
  • sumber daya utama  pendidikan
aspek  diatas memiliki hubungan erat yang merupakan kunci  dan fondasi utama penentu kesuksesan sistem pendidikan. 

Hal ini pulalah yang disampaikan Manabu Sato (2012) profesor dan tokoh Lesson Study Jepang, bahwa yang disebut “sekolah model abad 21 “  satu dari tiga cirinya adalah adanya Solidaritas antara orang tua dan elemen masyarakat yang bekerjasama dengan satuan Pendidikan/Dinas Pendidikan. selengkapnya tentang nilai penting di sekolah abad 21 DISINI.

Indikator dalam survey karakter dan Linkungan Belajar 


Survei Lingkungan Belajar Murni Mengukur Kualitas Pembelajaran, Iklim Keamanan, dan Iklim Kebinekaan Sekolah, mencakup :

1. aspek yang secara langsung berkaitan dengan pembelajaran :
  • fasilitas belajar, 
  • praktik pengajaran, 
  • refleksi guru, dan 
  • kepemimpinan intruksional kepala sekolah. 
2. aspek Prakondisi bagi pembelajaran yang berkualitas seperti iklim keamanan dan iklim kebinekaan sekolah :
  • Iklim kebinekaan yang baik mencerminkan penerimaan dan dukungan terhadap hak-hak semua warga sekolah, terlepas dari latar belakang gender, sosial-ekonomi, budaya, politik, agama, maupun kondisi fisik. 
  • Rasa diterima dan didukung tanpa diskriminasi 
  • Rasa aman di sekolah ,iklim keamanan sekolah mencakup indikator-indikator seperti kejadian perundungan, penggunaan narkoba, dan kekerasan di sekolah.  
Untuk itulah dalam ANBK ini diukur pula  survey karakter dan survey lingkungan belajar siswa, berupa survey melalui kuesioner yang diisi oleh siswa peserta tes,
guru dan kepala sekolah.

Berikut informasi tambahan tentang Asesmen Nasional (ANBK 2021) sobat guru tinggal Klik saja linknya :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

3 komentar untuk "Menjelang ANBK September 2021"

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.